Obsidian Entertainment Akan Diakuisisi Oleh Microsoft?

359

Tiga narasumber yang namanya tidak bersedia disebutkan memberikan informasi pada Kotaku, bahwa Microsoft akan segera mengakuisisi  Obsidian Entertainment. Bahkan salah satunya menyatakan bahwa perjanjian di antara keduanya telah mencapai 90%. Jika rumor tersebut benar, maka Obsidian Entertainment akan mengakhiri statusnya sebagai indie developer setelah 15 tahun beroperasi.

Meski belum bisa dipastikan kebenarannya, hadirnya rumor ini memiliki dasar yang kuat. Pasalnya, Microsoft menyatakan bahwa mereka tengah berusaha untuk mengembangkan audiens di platform PC. Dan seperti yang gamer ketahui, Obsidian Entertainment yang bermarkas di Irvine, California, ini dikenal sebagai pencipta sejumlah RPG berkualitas. Beberapa di antaranya adalah Star Wars Knights of the Old Republic II: The Sith Lords, Fallout: New Vegas, dan South Park: The Stick of Truth.

Selain judul-judul di atas, Obsidian Entertainment lebih dikenal melalui Pillars of Eternity. Sempat mengalami krisis finansial di tahun 2012, mereka bisa kembali bangkit melalui game tersebut yang didanai melalui Kickstarter. Hampir semua situs gaming memberikan pujian pada Pillars of Eternity, utamanya berkat alur ceritanya yang menarik hingga combat system yang “dalam”.

Bahkan “prestasi” itu bisa dipertahankan lewat sequel-nya yakni Pillars of Eternity II: Deadfire. Pasalnya, tujuan awal yang berusaha mereka capai yakni US$1.1 juta terpenuhi hanya dalam waktu 23 jam saja, bahkan dana yang terkumpul hingga akhir campaign mencapai jumlah fantastis, US$4.4 juta. Hal itu membuat Pillars of Eternity II digadang-gadang sebagai proyek crowdfunding paling sukses, mengungguli installment sebelumnya yang berhasil mengumpulkan US$4,1 juta.

Yang menarik, Microsoft ternyata jadi alasan mengapa Obsidian Entertainment hampir mengalami kebangkrutan. Pasalnya, di tahun 2012 lalu keduanya menjalin kerjasama untuk menggarap Stormlands, yang rencananya menjadi launch game eksklusif bagi konsol Xbox One, tapi Microsoft membatalkan proyek tersebut. Hal ini memaksa Obsidian untuk meminta bantuan melalui Kickstarter untuk mendanai proyek mereka selanjutnya yakni Pillars of Eternity, yang untungnya berhasil meraih sukses. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.