2 Milly Secara Resmi Menuntut Developer Fortnite, Epic Games

90

Pada bulan November lalu, GameStation memberitakan bahwa 2 Milly berencana untuk menuntut developer dari game Fortnite yakni Epic Games, karena telah memakai tariannya dalam lagu “Milly Rock” sebagai emote bernama “Swipe It.” Dan belakangan ini, sang rapper mewujudkan rencananya di mana melalui perwakilannya yakni firma hukum Pierce Bainbridge, ia menyerahkan tuntutan kepada pengadilan Central District of California melawan Epic Games atas tuduhan pelanggaran hak cipta, dan mengeksploitasi bakat warga Amerika Afrika untuk memperoleh profit.

Perlu diperhatikan bahwa emote yang dibuar berdasarkan tarian Milly Rock tersebut, muncul untuk pertama kalinya di game Fortnite melalui Battle Pass Season 5, yang dirilis pada bulan Juli lalu. Dan meski sebagian besar gugatan yang diajukan difokuskan pada pelanggaran hak cipta, gugatan tersebut juga menyatakan bahwa pihak Epic Games telah melanggar hak-hak publisitas 2 Milly berdasarkan peraturan California.

Peraturan yang dimaksud bertujuan melindungi hak seseorang demi melindungi bagaimana kesamaan atau aspek-aspek identitas mereka dipakai untuk kepentingan komersial. Dan lewat gugatannya, sang rapper menyatakan bahwa penjualan tariannya (sebagai emote) menimbulkan kesan bahwa ia meng-endorse Fortnite, atau memberikan persetujuan bahwa kemiripannya digunakan dalam game.

Kasus ini mulai mencuat ke permukaan saat Chance the Rapper, melalui akun Twitter resminya, menyatakan ketidaksetujuannya terhadap Epic Games yang telah mengadopsi tarian sejumlah artis hip-hop macam BlocBoy JB, 2 Milly hingga Snoop Dogg menjadi emote, tanpa memberikan credit terhadap penciptanya.

Belum diketahui ke mana arah gugatan yang dilontarkan oleh 2 Milly ini, di mana pihak Epic sendiri belum bersedia memberikan komentar apapun. Tapi satu hal yang pasti, dampaknya akan berimbas pada game-game lain yang juga menampilkan dance emotes. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.