2 Milly Tuntut Kreator Fortnite Terkait Emote “Swipe It”

494

Seorang rapper bernama 2 Milly berencana untuk mengambil tindakan hukum terhadap Epic Games, pencipta permainan bertemakan battle royale yakni Fortnite, terkait dengan emote “Swipe It”. Pasalnya, sosok yang dikenal lewat lagu “Milly Rock” ini merupakan pencipta tarian Milly Rock selaku basis bagi emote yang dimaksud, yang dapat dibeli oleh kalangan gamer.

Setelah mendapati bahwa tariannya dijadikan komoditi dagang oleh Epic Games tanpa persetujuannya, 2 Milly pun memutuskan untuk mengambil tindakan. 2 Milly tidak menyebutkan apa alasan di balik rencana pentututan terhadap Epic Games, tetapi ia hanya menyebutkan bahwa “Saya hanya merasa harus melindungi apa yang menjadi milik saya.”

Sang rapper bukan satu-satunya pihak yang merasa dirugikan oleh kreator game Fortnite, karena sejumlah selebriti lain juga menyatakan hal senada karena tariannya dicomot tanpa izin. Contohnya Donald Faison, pemeran Dr. Chris Turk dalam komsit Scrubs, mengatakan bahwa Epic Games memakai tarian ciptaannya menjadi emote “Poison”, dan mengklaim tidak pernah menerima bayaran sepeser pun. Sama halnya dengan rapper kondang Snoop Dogg, di mana gerakannya dalam lagu “Drop It Like It’s Hot” dipakai sebagai emote “Tidy.”

Sayangnya, rencana 2 Milly untuk menuntut Epic Games bakal menemui tidak akan berjalan lancar. Pasalnya, menurut seorang pengacara di Amerika yang mengkhususkan diri pada hukum intellectual property, menyatakan bahwa U.S. Copyright Office tidak memberikan hak cipta terhadap tarian seseorang. Ia menyebutkan bahwa tarian diperlakukan sama seperti kata atau frasa, dan dengan mengklaimnya sebagai hak cipta dapat melanggar ekspresi kreatif koreografer lain.

Yang menjadi pertanyaan adalah: bolehkah Epic Games mengadopsi gerakan-gerakan hip-hop populer, kemudian memakainya untuk memperoleh keuntungan? [Aseek]




One thought on “2 Milly Tuntut Kreator Fortnite Terkait Emote “Swipe It”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.