35K Cheater di Apex Legends Terkena Sanksi Ban

218

Pemain yang berbuat curang, jadi salah satu persoalan besar yang dihadapi oleh hampir semua permainan berjenis multiplayer. Salah satunya adalah Apex Legends, game garapan Respawn Entertainment yang mengusung genre battle royale. Hanya dalam waktu 10 hari setelah dirilis, pihak developer telah mem-ban sekitar 16,000 cheater. Jumlahnya ternyata makin bertambah, di mana menurut infonya, Respawn telah melakukan banning terhadap 355,000 player yang diketahui bermain curang!

Informasi tadi diperoleh melalui post yang dipajang di Reddit, di mana jumlah yang disebutkan berasal dari kalangan gamer PC. Hal itu disebabkan lebih mudahnya mengakses program cheat melalui platform tersebut, ketimbang memakai PS4 atau Xbox One. Melalui layanan third-party Easy Anti-Cheat, Respawn berhasil menciduk para pemain Apex Legends yang tidak mau bermain secara jujur.

Mereka juga mengupayakan beragam metode untuk menumpas para cheater, melalui kerja sama dengan para ahli dari dalam serta luar EA. Satu hal yang pasti, mereka menjaga kerahasiaan metode yang akan digunakan. “Kami menjaga kerahasiaan banyak strategi kami, supaya pelaku tidak punya waktu untuk menghasilkan solusi sebelum kami menerapkan perubahan,” kata Respawn. “Solusi tidak akan terjadi segera tetapi kami tengah mengerjakannya.”

Masalah lain yang menjadi perhatian pihak developer adalah spamming, yang dilakukan player ketika memilih karakter, lalu sengaja men-disconnect permainan. Sayangnya, untuk mencegah eksploitasi para cheater, Respawn tidak akan mengimplementasikan fitur reconnect-to-match bagi pemain yang tidak sengaja keluar dari pertandingan. Alasannya, tim pengembang merasa fitur tersebut berpotensi disalahgunakan.

Sebagai gantinya, mereka berjanji meningkatkan stabilitas dan performa di PC lewat perilisan patch, untuk memperbaiki masalah crash yang sering terjadi. Dan dalam waktu dekat, Respawn akan melakukan kerja sama dengan AMD untuk mengembangkan stabilitas di PC, dengan menggunakan arsitektur mereka. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.