Acer Switch Alpha 12: Notebook 2-in-1 Powerful dengan Sistem Pendingin LiquidLoop

1091
Tren pasar notebook 2-in-1, atau yang sering pula disebut dengan notebook hybrid semakin menjanjikan. Hal ini terlihat semakin banyaknya vendor yang terjun di kategori ini. Salah satunya adalah Acer yang baru-baru ini meluncurkan Switch Alpha 12.

Pasar notebook 2-in-1 kini mulai memasuki ranah baru dengan semakin banyaknya produk-produk premium diluncurkan. Ini tentu saja melengkapi pilihan pengguna untuk mendapatkan produk notebook hybrid sesuai kebutuhannya.

Salah satu brand yang baru-baru ini meluncurkan notebook hybrid premium mereka adalah Acer. Perusahaan asal Taiwan ini terlihat sangat serius dalam pasar notebook ini. Terbukti dengan disematkannya inovasi terkini yang membuat Switch Alpha 12 merupakan notebook hybrid pertama di dunia yang mengusung fitur inovatif tersebut.

Fitur tersebut adalah sistem pendingin LiquidLoop.  Penggunaan teknologi ini memungkinkan Switch Alpha 12 dijalankan dengan sistem pendingin tanpa kipas. Hal ini tentu akan mampu mengurangi suara bising yang biasa diakibatkan dari putaran kipas ketika sebuah notebook dijalankan. Selain itu, tidak adanya kipas serta ventilasi untuk sirkulasi udara pada body, membuat notebook dengan dimensi 292.1 x 201.4 x 15.85 mm ini tidak dapat dimasuki debu ataupun kotoran halus lainnya.

GadgetPlus.ID_Switch_Alpha_12-7Untuk meredam suhu panas yang dihasilkan, Acer menggunakan sistem pendingin yang biasanya hanya bisa diaplikasikan di PC, yaitu LiquidLoop. Melalui teknologi ini, Switch Alpha 12 didinginkan dengan menggunakan cairan yang dialirkan melalui pipa yang terpasang dibagian belakang. Apabila kipas dapat mengundang debu yang pada akhirnya membuat kinerja kipas tidak maksimal, yang berujung menurunnya kinerja notebook, maka dengan LiquidLoop, Switch Alpha akan bersih dan bebas dari debu, sehingga kinerja PC yang turun karena panas berlebih dapat diminimalisir.

Notebook 2-in-1 ini menghadirkan desain flexible yang dapat berubah dinamis sesuai kebutuhan, dari bentuk laptop ke tablet, atau sebaliknya. Perubahan bentuk karena kebutuhan ini membuat Switch Alpha 12 dapat dengan mudah dibawa kemana saja dan digunakan di berbagai situasi. Perangkat dengan bobot 1,25 kg  ini derdiri dari 3 bagian utana, tablet, kickstand dan keyboard docking.

GadgetPlus.ID_Switch_Alpha_12-8Adanya bekal kickstand menjadi fasilitas yang menarik, selain mempermudah posisi dalam moda pengetikan, kickstand membuat tablet sangat ergonomis saat berperan sebagai layar hiburan untuk menikmati suguhan video. Sudut Kickstand dapat dimiringkan hingga 165 derajat.

Kickstand ini ditempatkan pada bagian sisi cover, sehingga mudah untuk ditarik dan dilipat sewaktu-waktu. Untu docking keyboard pada  Switch Alpha 12, walau tipis tetapi telah dilengkapi dengan backlitsehingga memakai keyboard di tempat yang gelap pun kini bukan masalah.

Bagi Anda yang susah lepas dari laptop, maka notebook hybrid dengan bawaan sistem operasi Windows 10 64- bit ini bisa menjadi solusi tepat. Selain karena desain yang fleksibel dan mobilitas yang tinggi, Switch Alpha 12 telah dipersenjatai dengan komponen yang dijamin dapat memenuhi semua kegiatan sehari-hari.

Perangkat yang memilki layar sebesar 12 inci dengan resolusi QHD 2160 x 1440 pixel ini menyediakan dua port USB 3, dimana satu diantaranya sudah mengusung USB terbaru, yaitu USB 3.1 Type-C. Dengan menggunakan USB tipe terbaru ini, selain tidak usah dipusingkan dengan port yang mungkin terbalik, pengguna juga dapat melakukan transfer data super cepat, yaitu hingga 5 GB setiap detiknya.GadgetPlus.ID_Switch_Alpha_12-6

Penggunaan layar 12 inci sendiri sudah diperhitungkan dengan mata. Ukuran ini dianggap merupakan ukuran bentang layar yang ideal untuk bekerja, namun tetap mengedepankan sisi mobilitas. Layar yang digunakan sendiri merupakan layar sentuh IPS yang dapat menghasilkan gambar dan warna dengan sangat baik. Layar ini merupakan layar yang banyak digunakan oleh perangkat smartphone kelas menengah atas.

Selain itu, penerapan fitur Acer BlueLight Shield, membuat kita tidak perlu khawatir ketika harus memelototi layar dalam waktu yang cukup lama. Teknologi ini mampu melindungi mata dari emisi cahaya biru yang biasanya menjadi penyebab mata lelah dan kering.

GadgetPlus.ID_Switch_Alpha_12-3Tersedia dua varian Switch Alpha 12 yang dapat kalian pilih. Yang pertama menggunakan prosesor Intel Core i5 6200U dengan storage SSD 256 GB dan memory RAM 4 GB serta yang kedua menggunakan prosesor Intel Core i7 6500U dengan storage SSD 512 GB dan memory RAM 8GB. Acer Switch Alpha dengan spesifikasi terbaik sendiri dibanderol dengan harga Rp19.999.000,-. Sementara untuk sepesifikasi yang lebih rendah, dibanderol dengan harga Rp13.799.000,-.

Untuk daya tahan, laptop 2-in1 ini sudah dilengkapi baterai berkapasitas 4.870mAh dan diklaim dapat bertahan hingga 8 jam ketika kita menonton film Full HD secara terus menerus. Adapun aksesoris pelengkap Stylus Pen bisa didapat secara cuma-cuma bersamaan dengan keyboard.

Specifications:
  • Processor: Intel® Core i5-6200U processor (3 MB L3 cache, up to 2.8 GHz) / Intel® Core i7-6500U processor (4 MB L3 cache, up to 3.1 GHz)
  • OS: Windows 10 Home 64-bit
  • Storage: 256GB SSD / 512GB SSD
  • Memory: 4GB DDR3 / 8GB DDR3
  • Graphic: Intel HD Graphics 520
  • Connection: Wifi 802.11a/b/g/n/ac + Bluetooth® 4.0
  • Battery: 4,870 mAh / up to 8 hours
  • Display: 12.0″ IPS QHD (2160 x 1440) Multi Touch
  • Dimension: 292.1 x 201.4 x 15.85 mm – pad and dock
  • Weight: 1.25 kg
  • Port: 1x USB 3.0; 1x USB 3.1 Type C; 1x Micro SD card slot
  • Accessories: Active Stylus
  • Color Options: Silver
Gallery Acer Switch Alpha 12

GadgetPlus.ID_Switch_Alpha_12-4

GadgetPlus.ID_Switch_Alpha_12-5




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.