Activision Blizzard Dituduh Melakukan Penipuan?

150

Dewasa ini, industri gaming (utamanya di kawasan barat) nampaknya sedang mengalami masa-masa sulit, di mana beragam perusahaan dikabarkan tertimpa masalah. Salah satunya adalah Activision Blizzard, publisher yang dikenal melalui franchise Call of Duty yang populritasnya sudah mendunia. Selain masalah yang dialami oleh anak perusahaannya yakni Blizzard Entertainment, utamanya setelah mengumumkan mengenai Diablo Immortal sebagai proyek barunya, perusahaan itu sendiri sekarang sedang diselidiki atas tuduhan penipuan yang diajukan oleh sejumlah investor!

Kelihatannya, masalah bermula dari perpisahan antara Activision dan Bungie yang terjadi beberapa waktu lalu, di mana Bungie sekarang memiliki hak untuk mem-publish sendiri franchise Destiny (termasuk Destiny 2) yang mereka kembangkan. Pasalnya, perpisahan itu ternyata berpengaruh pada harga saham mereka di bursa efek yang anjlok hingga mencapai 7%, dan tentunya menjadi kabar kurang sedap di telinga investor.

Karena itu, ada kemungkinan bahwa para investor meminta untuk melakukan penyelidikan terhadap masalah ini, untuk melihat sejauh mana info yang dimiliki Activision Blizzard sebelum perpecahan (dengan Bungie), dan dampak hal tersebut terhadap harga saham. Dan untuk kemungkinan lain, saham-saham dijual tepat sebelum perpisahan diumumkan, di mana hal itu mengindikasikan adanya praktik insider trading. Dengan begitu, maka sejumlah petinggi Activision bisa dipastikan memiliki andil dalam penipuan sesuai dengan yang dituduhkan, maupun praktik bisnis lain yang melanggar hukum.

Untuk itu, firma hukum Pomerantz LLP dikabarkan tengah mengumpulkan sejumlah investor untuk menulis gugatan, meski hingga kini belum ada gugatan resmi yang dilayangkan. Adanya masalah ini tentu menjadi hantaman keras bagi Activision Blizzard, setelah sebelumnya mereka kehilangan CFO-nya yakni Spencer Neumann, yang kini bergabung dengan Netflix. Kita lihat saja, bagaimana perkembangan kasus yang menimpa publisher seri Call of Duty ini. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.