by Aseek Ching in
News

Di antara sekian banyak permainan real-time strategy yang muncul di PC, bisa dipastikan kalau Age of Empires jadi salah satu yang paling digemari. Selain menawarkan peluang untuk menjalani perjuangan tokoh-tokoh dalam sejarah, yang dihadirkan dalam gameplay menarik, seri ini memiliki AI yang tidak terlalu sulit untuk dikalahkan, plus multiplayer play yang mumpuni. Kini, nantikan kehadiran entri terbarunya yakni Age of Empires IV yang siap hadir tahun ini.

Developer Relics Entertainment dan World’s Edge, bekerja sama dengan Xbox Game Studios selaku publisher, mengumumkan mengenai tanggal perilisan Age of Empires IV. Disebutkan bahwa game tersebut akan diluncurkan tanggal 8 Oktober nanti, dan dapat diperoleh melalui Steam serta Microsoft Store. Kalian juga bisa mendapatkannya melalui Xbox Game Pass.

Mengambil setting di abad pertengahan, gamer dapat mengendalikan delapan peradaban yang memiliki keunikan tersendiri – dari Kesultanan Delhi, Kekhalifahan Abbasiyah, Mongolia, dan masih banyak lagi. Tiap civilization menampilkan peperangan bersejarah yang dialami tokoh penting mereka. Dari usaha Genghis Khan menguasai daratan Asia, perjuangan Joan of Arc mengalahkan bangsa Inggris, dan lain sebagainya. Berhasil atau tidaknya perjuangan mereka, semua bergantung pada keahlian kalian.

Dalam bidang gameplay, Age of Empires IV kembali mengadopsi beragam fitur dalam sistem permainan dari entri keduanya, yang sempat absen dalam AoE III. Seperti kembalinya kemampuan Monk untuk meng-convert unit milik kubu lawan, perlunya membangun drop site untuk beragam resource, dan masih banyak lagi. Sejumlah fitur baru telah ditambahkan ke dalam permainan, seperti kemampuan bersembunyi di hutan untuk melancarkan serangan mendadak, pergerakan unit yang lebih realistis, dan lain-lain.

Seperti game-game sebelumnya, AoE IV dilengkapi sistem tutorial yang ekstensif sehingga para pemula dapat menguasai dasar-dasar permainan dengan baik. Meski begitu, game ini tetap mampu menyajikan tantangan yang menarik bagi kalangan veteran. Tidak hanya menawarkan single-player play, kalian juga bisa bertempur melawan 7 player lain demi membuktikan siapa yang terbaik.

Gamer yang membeli Age of Empires: IV via pre-order akan mendapatkan ekspansi “Dawn of the Dukes” untuk Age of Empires II: Definitive Edition, sebagai bonus di bulan Agustus 2021. [Aseek]

Share Post:

Related Posts

No Comments

Leave a Reply