Age of Empires IV: Semua Hal yang Harus Gamer Ketahui

1313

Sejak diumumkan untuk pertama kalinya di ajang Gamescom 2017, hingga kini belum ada keterangan lanjutan mengenai installment keempat dalam seri Age of Empires ini. Mengingat entri sebelumnya yakni Age of Empires III hadir di pasaran tahun 2005 lalu, tidak heran kalau kehadiran game ini memperoleh sambutan hangat dari kalangan PC gamer di seluruh dunia. Berikut adalah sejumlah informasi yang berhasil kami kumpulkan mengenai Age of Empires IV.

KEMUNCULAN PERDANA AGE OF EMPIRES IV

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, eksistensi Age of Empires IV dibeberkan di ajang Gamescom 2017 lalu melalui sebuah trailer. Namun, karena hanya menampilkan gambar berupa artwork saja, bukan screenshot apalagi gameplay footage, maka sulit untuk memastikan bagaimana bentuk tampilan dari game yang dimaksud.

DEVELOPER BARU, RELIC ENTERTAINMENT


Setelah menutup Ensemble Studios selaku developer bagi ketiga game Age of Empires terdahulu di tahun 2009, Microsoft menyerahkan penggarapan Age of Empires IV ke tangan Relic Entertainment. Studio yang sekarang berada di bawah naungan Sega ini (dibeli dari THQ setelah perusahaan itu bangkrut) dikenal sebagai pencipta sejumlah game bergenre real-time strategy berkualitas seperti Company of Heroes dan Warhammer 40,000.

Lewat situs resminya, Relic Entertainment menyatakan bahwa mereka merasa terhormat bisa bekerjasama dengan Microsoft Studios melalui Age of Empires IV, sebuah mimpi yang menjadi kenyataan. Mereka juga merasa tidak sabar untuk “memakai semua kemampuan kami sebagai studio untuk memadukan konteks historis dengan gameplay yang mendalam, dan kembali membawa franchise ini menjadi yang terdepat dalam dunia gaming, serta ke tangan komunitas yang dicintainya”.

Perlu diperhatikan bahwa Age of Empires IV jadi game Relic Entertainment pertama, yang dikembangkan bukan untuk pemiliknya yakni Sega. Tampaknya, Microsoft Studios telah membayarkan sejumlah uang pada Sega agar bisa bekerjasama dengan Relic Entertainment, seperti yang mereka lakukan sebelumnya terhadap Creative Assembly (juga dimiliki Sega) selaku developer Halo Wars 2.

SETTING AGE OF EMPIRES IV?


Berdasarkan apa yang ditampilkan dalam official announce trailer, kemungkinan Age of Empires IV tidak difokuskan pada satu era saja. Pasalnya, dalam video tersebut gamer bisa melihat berbagai variasi pasukan yang terdapat dalam game-game sebelumnya seperti samurai dari Jepang, suku Indian, legiun Romawi dan masih banyak lagi. Untuk sementara, tidak diketahui apakah mereka merupakan pasukan atau faksi yang bisa digunakan selama dalam permainan.

TANGGAL RILIS AGE OF EMPIRES IV?
Tidak ada informasi apapun dari pihak Microsoft Studios atau Relic Entertainment mengenai Age of Empires IV, sejak dipamerkan untuk pertama kalinya di tahun 2017 lalu. Jadi, selain rencana mengenai perilisannya secara eksklusif di Windows 10, untuk sementara ini belum ada keterangan yang jelas mengenai kapan game tersebut akan dirilis.

AGE OF EMPIRES REMASTERS


Sambil menanti kedatangan Age of Empires IV, gamer bisa mencoba versi remaster dari game orisinalnya yakni Age of Empires: Definitive Edition. Dirilis tanggal 20 February 20 2018, game ini mendapat peningkatan kualitas grafik yang men-support resolusi 4K, soundtrack yang di-remaster dan berbagai pengembangan di bidang gameplay. Microsoft Studios juga akan menyiapkan versi Definitive Edition untuk Age of Empires II dan III, tapi untuk saat ini belum bersedia memberikan keterangan lebih lanjut. [Aseek]

Source: PC Gamer




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.