Alienware Kembangkan Concept UFO, “Nintendo Switch” Rasa PC

160

Setiap bulan Januari, Consumer Technology Association (CTA) selalu menggelar trade show bertajuk Consumer Electronic Show (CES). Ajang itu digunakan oleh para produsen kenamaan dunia yang bergelut di industri elektronik, untuk memamerkan produk terbarunya. Untuk tahun ini, yang digelar pada tanggal 7-10 Januari, Alienware menampilkan purwarupa dari gaming console garapannya yakni Concept UFO. Dan desainnya pasti mengingatkan kalian pada salah satu konsol generasi sekarang!

Concept UFO terdiri dari sebuah screen untuk menampilkan permainan, diapit oleh sepasang controller di kedua sisinya. Kedua controller itu dapat dilepaskan dari posisinya untuk dimainkan secara terpisah, atau disatukan dengan docking pad menjadi sebuah controller biasa. Terdengar familiar? Yup, konsol garapan anak perusahaan Dell ini memiliki desain yang sama dengan Nintendo Switch, hanya saja ukurannya lebih besar.

Namun, konsol ciptaan Alienware ini memiliki kelebihan tersendiri, yakni memungkinkan user untuk memainkan game PC secara mobile. Windows 10 jadi OS yang dibenamkan dalam purwarupa yang dipamerkan di ajang CES 2020, disertai sejumlah judul menarik. Dari Mortal Kombat 11, Project CARS 2, F1 2019, World War Z, dan lain sebagainya.

Meski bukan game yang terbilang “berat,” dan tidak ditampilkan dalam kualitas grafis terbaik, tapi semua game dapat dimainkan secara lancar. Dan hal itu bisa jadi ancaman bagi Nintendo Switch. Memang, sejumlah game yang awalnya dirilis di PC kini dapat dimainkan di konsol buatan Nintendo tersebut. Contohnya The Elder Scrolls V: Skyrim, atau The Witcher 3: Wild Hunt.

Sayang, game-game tersebut harus di-port supaya bisa dimainkan di Switch, yang bisa menyebabkan terjadinya penurunan kualitas grafis hingga performa permainan. Hal itu tentu tidak akan dialami oleh Concept UFO, yang pada dasarnya adalah sebuah PC.

Untuk sementara, Alienware belum bersedia memberikan info mendetail mengenai gaming console ciptaan mereka, seperti specs yang dimilikinya. Selain itu, tidak diketahui bagaimana bentuk final dari Concept UFO, dan kapan produk tersebut dirilis ke pasaran. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.