Amazon Kembangkan Layanan Game Streaming Sendiri?

49

Amazon jadi salah satu perusahaan terbesar di dunia, yang beroperasi di berbagai sektor bisnis seperti e-commerce dan cloud computing. Tidak heran kalau nama mereka masuk ke dalam daftar “Big Four” atau “Four Horsemen” di bidang teknologi, bersama dengan Google, Apple, serta Facebook. Dan kelihatannya perusahaan itu berusaha untuk memperluas jangkauannya ke sektor lain. Menurut laporan yang terdapat di situs The Information, mereka mendapat info dari dua nara sumber Amazon yang menyatakan bahwa perusahaan tersebut tengah mengembangkan layanan game streaming sendiri.

Kabar ini diperkuat oleh laporan serupa dari Deadline, yang mengatakan kalau proyek yang dimaksud memang berada dalam tahap pengerjaan. Tidak hanya itu, situs tersebut bahkan menyebutkan bahwa kini pihak Amazon mulai mendekati para game publisher, untuk meluncurkan produknya melalui layanan game streaming mereka yang sementara ini belum memiliki nama resmi.

Selain itu, disebutkan kalau service yang dimaksud bakal diluncurkan sekitar tahun 2020, meski tidak diketahui apakah bentuknya masih berupa versi beta atau sudah berjalan penuh.

Bila info yang diungkapkan oleh The Information dan Deadline terbukti benar, maka layanan buatan Amazon menjadi ancaman besar bagi para pesaingnya. Di antaranya adalah Google, yang mencoba memasuki persaingan game streaming service melalui Project Stream, di mana gamer dapat memainkan Assassin’s Creed Odyssey melalui browser Chrome. Sementara Microsoft dengan Project xCloud-nya memberi kesempatan pada para player untuk memainkan Sea of Thieves, Gears of War 5, dan Halo Infinite.

Meski kebenarannya masih dipertanyakan, karena pihak Amazon sendiri belum memberikan konfirmasi apapun, tidak bisa dipungkiri kalau langkah mereka memasuki layanan game streaming sangat beralasan. Pasalnya, mereka dikenal sebagai perusahaan penyedia layanan cloud computing terbesar di dunia, lebih besar dibanding Google dan Microsoft. Jadi, mereka bisa dengan mudah membangun infrastruktur yang dibutuhkan untuk mendukung layanan game streaming bagi user di seluruh dunia. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.