by Aseek Ching in
News

Salah satu raksasa klub sepak bola asal Spanyol, FC Barcelona, menjalin kerja sama strategis dengan perusahaan teknologi dan game dari Tiongkok, Tencent. Kemitraan ini akan membawa salah satu tim La Liga tersebut “terlibat dalam komunikasi yang mendalam” dengan Tencent mengenai keberadaan tim esports mereka, Barca eSports, yang kini tengah mengikuti turnamen eFootball PES (Konami) dan Rocket League (Psyonix).

Kerja sama itu, sebagaimana dilansir dari SportsPro, mencakup kompetisi, edukasi dan pertukaran informasi terkait industri esports, dengan maksud mengeksplorasi kolaborasi lebih lanjut antara competitive gaming dan olahraga tradisional. Sebelumnya, kedua pihak telah bekerja sama di awal tahun ini dalam hal penyediaan peralatan dan material medis, dalam upaya penanganan pandemi virus Corona di Catalunya.

Kini, sepertinya Barcelona ingin meningkatkan kualitas tim esports-nya untuk memanfaatkan industri yang sedang berkembang. Terlepas dari dampak ekonomi akibat pandemi COVID-19, pasar esports global diperkirakan masih menghasilkan pemasukan yang cukup besar.

Sementara itu, Presiden klub Josep Maria Bartomeu mengonfirmasi pada bulan Februari silam bahwa Barca tidak akan berpartisipasi dalam cabang game yang mereka anggap terlalu brutal, kecuali League of Legends dan Fortnite yang dikategorikan sebagai game “strategi.” Barcelona juga dilaporkan mencoba menjalin kerja sama dengan tim esports Tiongkok. Mereka dikatakan berusaha melisensi merek mereka ke properti yang sudah ada untuk memasuki pasar dengan fondasi yang kokoh.

Kerja sama dengan Tencent memperlihatkan niat Barca untuk memasuki cabang esport League of Legends. Sekadar info, perusahaan asal Tiongkok tersebut menguasai developer dari game yang dimaksud yakni Riot Games, juga salah satu pemilik TJ Sports selaku pengurus League of Legends Pro League (LPL) di Tiongkok.

Kesepakatan dengan Barcelona adalah kolaborasi kedua Tencent dengan klub sepak bola besar asal Eropa, setelah sebelumnya menjalin kemitraan pada tahun lalu dengan salah satu klub Premier League, Manchester City.

Share Post:

Related Posts

No Comments

Leave a Reply