Batman

Batman dalam Video Games

709

Wallpaper Batman 01

Kata Pengantar
Sebagai salah satu superhero paling terkenal di dunia, Batman telah muncul dalam sejumlah video game selama lebih dari 20 tahun. Ingin tahu seperti apa permainan yang menampilkan sang Dark Knight sebagai tokoh utamanya? Berikut adalah game-game mengenai Batman mulai dari generasi paling pertama hingga era PlayStation.

Batman
Release: 1986 (ZX Spectrum, Amstrad CPC, MSX, Amstrad PCW)

01 - Batman 01

Inilah game Batman pertama di dunia!! Diciptakan oleh Ocean Software, di sini tugasmu adalah mengumpulkan 7 parts bagi Batcraft yang tersebar di berbagai penjuru Batcave, untuk menolong Robin. Selama dalam permainan kalian harus menghindari beragam musuh yang mendiami setiap level, serta memanfaatkan berbagai jenis objek yang tersedia untuk melewati semua rintangan. Batman menjadi salah satu game yang menggunakan konsep checkpoint, di mana gamer tidak perlu mengulang permainan dari awal ketika semua nyawa milik Batman habis, melainkan dari lokasi di mana kalian mendapatkan Batstone. Ketika dirilis ke pasaran, game ini menerima respon yang cukup baik dari kalangan gamer.

Batman: The Caped Crusader
Release: 1988 (Amiga, Amstrad CPC, Atari ST, Commodore 64, Apple II, MS-DOS, ZX Spectrum)

02 - Batman The Caped Crusader 03

Keunikan dari game Batman garapan Special FX Software ini adalah permainannya yang ditampilkan seperti komik, di mana setiap kali berpindah lokasi maka jagoanmu bakal memasuki panel-panel yang terpisah. Di sini kalian bakal berhadapan dengan Penguin dan Joker, masing-masing ditampilkan dalam porsinya tersendiri dan dapat dimainkan dalam urutan manapun. Untuk menghalahkan semua musuh yang terdapat di dalam berbagai level, jagoanmu dapat menggunakan pukulan, tendangan, serta melemparkan Batarang. Sejumlah puzzle nan menantang juga harus kalian selesaikan selama dalam permainan, tapi porsinya yang jauh lebih besar dibandingkan action-nya menyebabkan Batman: The Caped Crusaders kurang disukai oleh gamer.

Batman: The Movie
Release: 1989 (Amiga, Amstrad CPC, Apple II, Atari ST, Commodore 64, MS-DOS, ZX Spectrum)

03 - Batman The Movie 03

Dibuat berdasarkan film Batman tahun 1989 yang dibintangi oleh Michael Keaton, tugasmu dalam game ini ialah menangkap Joker yang menciptakan kekacauan di Gotham City. Senjata utamamu untuk mengalahkan lawan-lawanmu adalah dengan melemparkan Batarang, tapi Batman juga bisa menjotos musuh yang berada dekat dengannya. Gamer juga dapat menemui porsi permainan di mana kalian akan mengendarai Batmobile untuk menghindari kejaran polisi, serta Batwing untuk memutuskan balon-balon berisi racun yang dimiliki oleh Joker. Game ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi karena semua musuh dibekali dengan pistol hingga grenade, sehingga kalian harus berhati-hati dalam menjelajahi setiap level.

Batman: The Video Game
Release: 1989 (NES), 1990 (Game Boy, Genesis)

04 - Batman The Video Game (Genesis) 02

Terdapat 3 game lain yang juga mengadaptasi film Batman di tahun 1989, dan salah satunya adalah game yang dirilis di platform NES dan dikenal berkat tingkat kesulitannya yang tinggi. Pasalnya, desain level serta kekuatan musuh berada jauh di atasmu sehingga mereka bisa membunuh jagoanmu hanya dalam beberapa serangan saja!! Bermain sebagai Batman, kalian harus bertarung melawan sejumlah penjahat berbahaya seperti Killer Moth, Electrocutioner, serta Joker, dengan memakai pukulan serta tiga buah gadget andalannya (Batarang, Dirk, Bat Speargun). Uniknya, seperti halnya Ryu Hayabusa dari seri game Ninja Gaiden, Batman juga dapat mencapai lokasi yang tinggi dengan jalan melakukan wall jump.

Versi Sega Genesis-nya memiliki gaya permainan yang berbeda dengan versi NES, dan menampilkan plot yang lebih dekat dengan versi filmnya. Hadir dalam format side-scrolling, di sini Batman dapat mengalahkan lawan dengan pukulan dan tendangannya serta melemparkan Batarang. Namun karena stoknya terbatas maka kalian harus berhemat dalam memakai Batarang, dan hanya memakainya dalam keadaan terdesak. Di beberapa bagian dalam permainan, kalian akan mengendarai Batmobile dan bertugas menembaki mobil-mobil milik pasukan Joker, atau menerbangkan Batwing untuk menghancurkan balon-balon beracun yang dilepaskan oleh Joker. Sayangnya, game ini mendapat kritikan dari kalangan gamer akibat durasi permainan yang cukup pendek.

Batman
Release: 1990 (Arcade)

05 - Batman 02

Satu lagi game Batman yang diadaptasi dari film layar lebar tahun 89, yang kali ini dikembangkan oleh Numega. Mengambil storyline yang sama, dalam game ini Batman bertugas untuk menyelamatkan Gotham City dari rencana jahat Joker. Permainan berlangsung seperti dalam game-game beat ’em up biasa, di mana tugasmu hanyalah menghajar semua lawan yang ada di setiap level. Dalam segmen lainnya kalian bakal menaiki Batmobile untuk menembaki semua kendaraan musuh, hingga Batwing untuk menghadapi sejumlah helikopter. Uniknya, setelah seluruh nyawamu habis, gamer akan menemui pilihan untuk meneruskan permainan dengan 3 nyawa (1 koin) atau 7 nyawa (2 koin).

Batman: Return of the Joker
Release: December 20, 1991 (NES), 1992 (Game Boy, Genesis)

06 - Batman Return of the Joker 04

Juga dikenal dengan judul Dynamite Batman di Jepang, game yang dirilis dalam 3 platform berbeda ini menugaskan pemain untuk menghentikan Joker yang berusaha menciptakan kekacauan di Gotham City. Agak berbeda dengan game-game Batman sebelumnya, Return of the Joker mengusung genre shooting di mana jagoanmu akan bertarung memakai gauntlet yang dapat menembakkan beragam jenis Batarang dan projectile untuk menghajar semua musuhnya. Namun dalam versi Game Boy-nya, Batman hanya dibekali dengan satu jenis projectile saja dan fitur pemilihan stage yang ingin dimainkan, sementara versi NES dan Genesis disertai dengan password system untuk melanjutkan permainan dari level yang sudah diselesaikan.

Batman Returns
Release: 1992 (NES, SNES, Genesis, Mega-CD, Master System, Game Gear, Lynx, Amiga, DOS)

07 - Batman Returns (Sega-CD) 03

Hadirnya film Batman yang kedua langsung dijadikan inspirasi oleh para game developer untuk menciptakan versi game-nya, dan salah satunya adalah Konami. Versi game dari Batman Returns buatan mereka yang paling populer (meski gameplay-nya dinilai terlalu generik) dirilis di platform SNES, menghadirkan gaya permainan beat ’em up yang cukup menantang seperti halnya Final Fight. Di samping mengandalkan serangan tangan kosong, Batman juga dibekali dengan beragam senjata, salah satunya adalah Batarang, yang bisa digunakan untuk menghajar semua musuh. Dan dalam satu segmen, kalian akan mengendarai Batmobile yang dipersenjatai dengan machine gun untuk menembaki kendaraan musuh.

Versi yang tidak kalah menariknya dirilis di platform Sega-CD karena memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Sedikit berbeda dengan versi SNES, permainan dimulai setelah Penguin membunuh Ice Princess sehingga Batman menjadi buruan Penguin dan pasukannya serta polisi. Di sini Batman bertarung memakai tinjunya serta dibekali dengan Batarang yang dapat menghasilkan damage cukup besar, juga Grappling Hook untuk mencapai lokasi yang sulit dijangkau. Tersedia juga segmen racing-shooting di mana kalian ditugaskan untuk menembaki kendaraan milik pasukan Penguin sambil berusaha memacu Batmobile secepat mungkin. Ceritanya terasa lebih menarik berkat kehadiran sejumlah cutscene yang diambil dari filmnya.

Batman: The Animated Series
Release: 1993 (Game Boy)

08 - Batman The Animated Series 01

Ketika Batman: The Animated Series mulai ditayangkan di televisi, Konami segera menciptakan versi game-nya yang dirilis di handheld Game Boy, dan dilengkapi dengan gaya permainan mirip dengan seri Castlevania. Di sini pemain dapat menjalani petualangan Batman dalam mengalahkan sejumlah penjahat berbahaya seperti Joker, Mr. Freeze, Scarecrow, Riddler dan masih banyak lagi. Sebagian besar waktumu dihabiskan untuk bermain sebagai Batman, yang dibekali dengan serangan tangan kosong serta Batarang dan Grappling Hook untuk mengalahkan lawan-lawanmu, tapi di beberapa bagian dalam permainan kalian juga akan bermain sebagai Robin yang dibekali dengan serangan serta gadget berbeda.

The Adventures of Batman & Robin
Release: 1994 (SNES, Genesis, Sega CD, Game Gear)

09 - Adventures of Batman & Robin (SNES) 01

Season kedua dari seri animasi Batman yang hadir dengan judul baru juga tidak luput dari perhatian para game developer. Ada dua versi yang paling dikenal oleh kalangan gamer yakni versi SNES dan Sega Genesis. Dalam versi SNES, kalian akan bermain sebagai Batman yang ditugaskan untuk mengalahkan sejumlah musuh besar seperti Joker, Poison Ivy, Scarecrow dan lain-lain. Selama dalam permainan, beragam gadget yang dimiliki oleh sang Dark Knight memiliki fungsi yang penting karena beberapa rintangan hanya bisa dilewati dengan memakai gadget tertentu. Jika tidak memiliki equipment yang sesuai, maka pemain dapat kembali ke Batcave untuk mengambil item yang diperlukan sebelum meneruskan perjalanan.

Untuk versi Sega Genesis, pemain dapat memilih untuk bermain sebagai Batman maupun Robin untuk menghadapi musuh-musuh berbahaya seperti Mad Hatter, Two-Face, Mr. Freeze dan lain sebagainya. Senjata utamamu dalam mengalahkan musuh adalah 3 jenis projectile yang bisa ditembakkan tanpa henti (Batarang, Bolas, Shuriken), di mana kekuatan senjatamu akan semakin bertambah dengan mengambil power-up yang sama. Dalam beberapa level, gameplay-nya berubah menjadi side-scrolling shooter di mana kalian akan menggunakan Batwing untuk melawan beragam jenis pesawat musuh. Baik versi SNES maupun Genesis menghadirkan variasi level yang unik dan inovatif sehingga disukai oleh kalangan gamer.

Batman Forever
Release: 1995 (SNES, Genesis, Game Gear, Game Boy)

10 - Batman Forever 04

Diadaptasi dari film berjudul sama, game Batman yang satu ini tampil berbeda karena menggunakan digitized spites dari aktor-aktor nyata seperti yang digunakan dalam Mortal Kombat. Bahkan gaya permainannya juga serupa, di mana sebagian besar waktumu dihabiskan untuk menjalani pertarungan melawan beragam musuh di setiap level. Di sini Batman dan Robin dibekali dengan beragam jurus untuk melancarkan serangan, maupun memakai beragam gadget seperti Batarang, Flash Pellet, Bat Bola, Tranquilizer Dart, dan masih banyak lagi. Sayangnya, control-nya yang cukup ribet membuat gamer tidak dapat menikmati permainan dengan baik sehingga membuat Batman Forever kurang diminati.

Batman & Robin
Release: 1998 (PlayStation, Game.com)
11 - Batman & Robin 01

Meski bukan game Batman pertama yang muncul di konsol PlayStation (yang pertama adalah versi port dari Batman Forever: The Arcade Game), namun Batman & Robin tampil lebih baik berkat pemakaian gaya permainan sandbox. Di sini kalian dapat memilih untuk bermain sebagai Batman, Robin maupun Batgirl, kemudian menjelajahi Gotham City dan menyelesaikan beragam side-quest. Uniknya, setiap misi utama hanya terjadi pada waktu-waktu tertentu, contohnya perampokan yang dilakukan Mr. Freeze di malam hari, dan kalian harus mencari beragam petunjuk untuk mengungkapkan plot yang dimaksud. Jika gamer tidak berhasil menemukan petunjuk yang diperlukan dan perampokan pun terjadi, maka permainan akan berakhir!!

Batman Beyond: Return of the Joker
Release: 2000 (Game Boy Color, PlayStation, Nintendo 64)

12 - Batman Beyond Return of the Joker 03

Bisa dikatakan kalau inilah satu-satunya game bertemakan Batman Beyond yang dirilis ke pasaran. Mengusung gaya permainan beat ’em up, kalian bakal mengendalikan Batman (Terry McGinnis) dan bertugas mencegah rencana jahat Joker. Untuk versi PS dan N64, selama dalam permainan kalian dapat menggunakan 4 suit yang dibekali dengan kemampuan berbeda. Ada Standard Suit yang “seimbang” dan dibekali dengan 3 buah senjata (Dark Knight Discus, Magnetic Nunchaku, Dark Knight Staff), Offense Suit yang menghasilkan damage besar tetapi pertahanannya lemah, Defense Suit yang merupakan kebalikan dari Offense Suit serta dilengkapi dengan 2 jenis shield, serta Nimble Suit yang membuat gerakanmu jadi lebih lincah.

Batman: Chaos in Gotham
Release: 2001 (Game Boy Color)

13 - Batman Chaos in Gotham 05

Batman: Chaos in Gotham merupakan adaptasi dari serial animasi The New Batman Adventures, mengisahkan tentang usaha sang Dark Knight dalam menangkap kembali para penjahat berbahaya yang berkeliaran di Gotham City, setelah mereka menciptakan kekacauan di Arkham Asylum. Namun ternyata ada sosok lain yang mendalangi kekacauan ini, dan hanya bisa ditemukan di penghujung permainan. Ada dua karakter yang bisa kalian mainkan yakni Batman dan Batgirl, masing-masing dilengkapi dengan gadget serta kemampuan uniknya tersendiri, sementara Nightwing hanya berperan sebagai tokoh pembantu saja. Meski tampil sederhana namun game ini mendapat respon yang positif dari kalangan gamer.

Wallpaper Batman 04

Bat Trivias

  • Konsep awal dari film Batman Forever menampilkan pertarungan final antara Batman melawan Riddler yang tubuhnya membesar, tapi akhirnya dihapuskan. Konsep ini lalu digunakan dalam versi game-nya.
  • Dalam game Final Fantasy yang dirilis di platform NES, Dark Knight selaku musuh yang harus kalian hadapi memiliki sprite yang mirip dengan Batman. Bahkan namanya dalam versi US ialah BadMan.
  • Salah satu boss character yang harus kalian hadapi dalam game The Revenge of Shinobi memakai kostum mirip Batman. Ia menyerang dengan cara menukik dan menembakkan sejumlah kelelawar.

TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.