Batman: The Telltale Series – Episode 1: Realm of Shadows

1033

Menjadi seorang Bruce Wayne merupakan sebuah pengalaman yang menyenangkan sekaligus penuh intrik – seorang pria nan tampan yang kaya raya, melankolis dan philanthropist yang selalu memiliki banyak cerita yang menarik untuk ditelusuri. Tak hanya sebagai Bruce Wayne tetapi juga persona lainnya yakni sebagai sang pembela kebenaran yakni Batman. Menariknya kehidupan Bruce Wayne sekarang dicurahkan dalam episodic game garapan Telltale Game yakni Batman: The Telltale Series bagian pertama, yang berjudul Realm of Shadows.

gb_Screen Batman Telltale Series 02

Tale of the Dark Knight
Episode pertama dari seri Batman buatan Telltale ini langsung membawa para pemain memasuki sebuah cerita tentang politik yang penuh intrik dan selalu berubah, serta hubungan antarkarakter yang tidak dapat ditebak. Sebagai Bruce Wayne kalian bakal dihadapkan pada berbagai masalah yang terjadi di Gotham City, utamanya tuduhan mengenai kerjasamanya dengan keluarga mafia Falcone yang “menghadiahinya” banyak musuh. Di sisi lain, sebagai Batman ia bertugas menyelesaikan masalah dan mengungkap biang keladi dari kasus yang menghinggapi keluarga Wayne dan Gotham City. Semuanya tersaji dalam visual yang indah, diikuti dengan adegan cinematic penuh aksi dari pertarungan demi pertarungan yang Batman lakukan di sepanjang cerita.

Walau nuansanya sangat berbeda dibandingkan dengan seri Batman: Arkham yang sarat aksi, namun Batman: The Telltale Series bisa disebut sebagai game bertemakan Batman yang mumpuni lho. Tampil dengan gaya cel-shading khas Telltale, game ini mampu menerjemahkan aksi yang terdapat dalam versi komiknya dengan baik sehingga gamer bakal serasa seperti menjalani kehidupan Bruce Wayne secara “realistis”. Gamer yang sudah familier dengan seri game keluaran Telltale pastinya sudah cukup faham dengan fitur konsekuensi dari setiap pilihan yang diambil. Dan dalam game ini, entah itu memilih untuk mendukung kampanye politik Harvey Dent, atau melakukan konfrontasi dengan Selina Kyle alias Catwoman, semuanya bakal membuat gamer selalu merasa was-was bilamana pilihan kalian salah.

gb_Screen Batman Telltale Series 05

Dengan memainkan dua peran yang berbeda, kalian harus benar-benar memperhatikan pilihan yang hendak dieksekusi serta apa pengaruhnya bagi Bruce Wayne juga Batman. Tak hanya itu, untuk membuat permainan terasa lebih intens, kamu juga harus memikirkan pengaruh dari setiap pilihan terhadap beragam karakter lain yang muncul dalam game ini. Satu hal yang pasti, episode pertama ini menghadirkan beragam pilihan yang berat pada kehidupan Bruce Wayne. Di sisi lain, sebagai Batman kamu bakal lebih bebas dalam menentukan berbagai opsi. Kebanyakan dari pilihan tersebut berkutat seputar metode Batman dalam bertarung dan mengorek informasi dari para musuh, yang kebanyakan brutal dan tanpa banyak bicara.

Yang menarik, apakah kalian berusaha menjadikan Batman sebagai sesosok vigilante yang memakai metode brutal dalam menegakkan keadilan, atau menjadi seorang superhero yang lebih “pemaaf”, semuanya menjadi konflik moral yang harus kalian hadapi. Dan tergantung dari persona Batman yang kalian ciptakan, hal tersebut bakal berpengaruh pada bagaimana penduduk Gotham memandang sang Dark Knight. Nice!!

Screen Batman Telltale Series 12

Other Half of the Game
Berbicara soal pertarungan, gamer bakal diajak untuk sigap dalam mengeksekusi berbagai tombol yang muncul pada layar melalui Quick Time Event. Dalam scene gerak lambat kalian akan dipaksa untuk dengan tepat menekan berbagai arahan yang, jika dilakukan dengan benar, akan menghadiahimu berbagai aksi Batman yang seru. Apalagi setiap scene bertransisi dengan baik antara satu sama lainnya sehingga walau porsinya tidak terlalu besar, namun pertarungan dalam Batman: The Telltale Series menjadi fitur yang dapat dinikmati.

Selain aksi brutal yang menghiasi setiap pertarungan yang Batman jalani, pahlawan super kita juga memiliki otak cemerlang dalam memecahkan teka-teki ala detektif yang tak lupa disajikan dalam game ini. Serunya, fitur tersebut disajikan lebih interaktif – sebagai contoh, kamu nantinya bakal diberikan sebuah Tempat Kejadian Perkara yang di dalamnya terdapat sejumlah korban, objek atau petunjuk yang bisa diteliti. Mulai dari memancing peluru yang bersarang dalam tengkorak korban, sampai mencocokkan lubang yang tercipta dengan jenis pelurunya. Semuanya disajikan dengan detil dalam berbagai lingkungannya yang padat sehingga secara visual semuanya tampak hebat, menghadirkan sebuah TKP di mana setiap objek dan petunjuk bisa didapatkan dengan mudah dengan kualitas visual mumpuni.

Screen Batman Telltale Series 10

The Verdict
Sama seperti judul-judul garapan Telltale lainnya, Batman: The Telltale Series menghadirkan cerita yang padat dan penuh intrik yang menjadi kekuatan utamanya. Kekuatan dari storyline-nya semakin terasa karena disajikan dengan visual berkualitas yang membuat setiap aksi dalam permainan terasa begitu intens. Serunya, game ini juga merupakan judul Telltale pertama yang mendukung cooperative multiplayer yang memungkinkan player lain bergabung ke dalam permainan dengan mengakses QR Code unik via ponsel atau web browser. Nantinya, mereka melakuan voting dalam pengambilan setiap keputusan, meski untuk sementara belum bisa digunakan karena masih berada dalam masa uji coba. Yang pasti Batman: The Telltale Series – Episode 1: Realm of Shadows merupakan pilihan terbaik untuk penggemar game keluaran Telltale dan Batman tentunya.

Overall Score: 8/10

Publisher: Telltale Games
Developer: Telltale Games
Genre: Graphic Adventure
Release: Agustus 2016
Platform: PC, PS3, PS4, X360, XONE




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.