Battleborn – An unique combine of two popular genre in gaming industry

539

Dua nama besar yang berada di balik suksesnya franchise Borderlands yaitu 2K Games dan Gearbox Software beberapa waktu yang lalu ikut meramaikan ajang tahunan E3 yang berlangsung dari tanggal 16 Juni sampai dengan 18 Juni 2015 di Los Angeles. Bukan tanpa alasan, dalam ajang tersebut mereka memamerkan IP baru mereka yang diberi judul Battleborn. Game Battleborn tersebut memang telah diumumkan di tahun 2014 oleh 2K Games dan Gearbox Software, namun pada event E3 2015 yang lalu terungkaplah berbagai detail terbaru mengenai game tersebut.

Screen Battleborn 01

First Person MOBA For Sure
Battleborn memiliki setting waktu di masa depan yang sangat kental dengan tema sci-fi. Diceritakan setiap spesies yang ada di semesta kabur ke sebuah planet yang bernama Solus. Planet tersbut merupkan planet disebut-sebut menjadi planet yang paling layak dihuni setelah semesta mengalami musibah besar dimana sejumlah planet dan bintang hancur. Setiap spesies lalu dibagi menjadi beberapa faksi saat menginjakan kaki di Solus, mereka lalu saling bergabung untuk mengirim petarung handalnya ke dalam pertarungan melawan Varelsi yang dianggap sebagai biang keladi dari musibah besar yang terjadi sebelumnya. Pertarungan para petarung terpilih inilah yang disebut dengan Battleborn.

Gearbox tak ingin memberi label first-person MOBA pada Battleborn, tapi apa yang ditawarkan dalam Battleborn menunjukan bahwa game itu memiliki elemen MOBA di dalam permainannya. Bagaimana tidak, dua tim yang masing-masing berisikan lima karakter dengan kemampuan yang berbeda saling bertarung dalam sebuah map yang menyertakan beberapa jalur di dalamnya. Seperti yang terlihat dari video demo gameplay-nya gamer bisa temui, karakter Mike yang bertarung dengan menggunakan senapan api, Phoebe yang bertarung dari dekat dengan menggunakan pedang, atau Miko yang berperan sebagai karakter support yang bisa menyembuhkan teman satu timnya yang terluka. Gearbox mengatakan bahwa ada 25 karakter yang bakal tersedia dalam Battleborn saat dirilis nanti. Dan pertarungan-pertarunga tersebut bakal kalian lakukan dari sudut pandang orang pertama.

Art Battleborn 02

Tiap kemampuan yang dimiliki oleh karakter juga dapat di-upgrade sejalan dengan experience yang didapatkan dari melawan karakter musuh ataupun “creeps”. Gamer juga bakal menemukan sistem leveling yang sama dengan kebanyakan MOBA di mana level yang dicapai akan di-reset ketika pertarungan baru dimulai. Selain itu, tiap karakter juga punya kemampuan tertinggi mereka yang berupa sebuah sihir yang memiliki efek pada area tempat kekuatan itu dilepaskan. Semua hal yang dimiliki Battleborn bakal sangat mengingatkanmu dengan DotA atau League of Legends. Dengan fitur utamanya yaitu competitive multiplayer, Gearbox memperkenalkan beberapa mode seperti Incursion di mana kalian ditugaskan untuk menghancurkan markas musuh, atau Devastation yang menugasimu menguasai markas musuh. Tak hanya multiplayer, Battleborn juga bisa dimainkan secara solo dengan mode campaign yang disediakan di dalam permainannya.

Screen Battleborn 03

Fun and Fresh
Battleborn merupakan salah satu contoh game yang bisa dibilang berhasil menggabungkan dua genre yang populer di kalangan para gamer, First Person Shooter dan juga MOBA. Meskipun Gearbox menolak mengatakan bahwa game ini merupakan game MOBA dengan segala sesuatu yang dimiliki di dalamnya, Battleborn tampak sebagai game MOBA dengan tampilan permainan yang lebih segar. Tentunya dengan kualitas grafis kelas atas yang dimilikinya, kamu –terutama untuk para penggemar MOBA- tidak boleh melewatkan game ini setelah dirilis nanti.

Publisher: 2K Games
Developer: Gearbox Software
Genre: FPS, MOBA
Release: 3 Mei 2016
Platform: PC, PlayStation 4, Xbox One




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.