Blizzard Akhirnya Tunjukkan Sikap Dalam Kontroversi “Blitzchung”

99

Sejak mengeluarkan pernyataan resminya pada tanggal 8 Oktober lalu, Blizzard Entertainment mendapat kecaman dari berbagai kalangan. Pasalnya, Blizzard menjatuhkan sanksi terhadap Chung “Blitzchung” Ng Wai, karena memberikan sikapnya dalam demo yang terjadi di Hong Kong. Setelah bungkam selama beberapa waktu, akhirnya perusahaan itu menunjukkan sikapnya dalam kontroversi yang berkaitan dengan Hearthstone.

Lewat pernyataan resminya, Blizzard mengaku bahwa mereka bertindak terlalu cepat dalam menjatuhkan sanski bagi Blitzchung. Karena itu, mereka berkata akan mengurangi sanksi pelarangan mengikuti turnamen Hearthstone, menjadi enam bulan saja (sebelumnya 12 bulan). Tidak hanya itu, mereka pun berjanji mengembalikan hadiah uang sebesar US$10.000, yang merupakan haknya sebagai pemenang Hearthstone Grandmasters.

Presiden Blizzard Entertainment, J. Allen Brack

Walau begitu, Blizzard tetap bersikukuh terhadap pernyataan mereka sebelumnya, yang menyatakan bahwa Blitzchung telah melanggar peraturan dalam kompetisi Hearthstone. Meski mengakui bahwa Chung memenangkan turnamen secara jujur, mereka berkata bahwa perilaku sebelum dan sesudah pertandingan tetap harus dijaga. Dan dengan mengeluarkan komentar seputar demo Hong Kong, Chung dianggap telah membawa percakapan melenceng dari fokus mengenai turnamen.

Di samping itu, mereka juga memberikan keringanan pada Virtual serta Mr. Yee, dua caster Taiwan yang mewawancarai Chung. Jika sebelumnya mereka dipecat dari posisinya sebagai komentator, kini mereka hanya dikenai sanksi selama enam bulan. Blizzard menyebutkan bahwa tugas dari caster adalah menjaga agar acara tetap terfokus pada turnamen. Sayang, dalam kasus Blitzchung, keduanya dianggap tak bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Kontroversi bermula saat Chung Chung menyuarakan “Liberate Hong Kong, revolution of our time,” setelah memenangkan 2019 Hearthstone Grandmasters Official Competition. Awalnya, Blizzard menjatuhkan sanksi pelarang mengikuti turnamen selama 1 tahun, dan membatalkan hadiah uang yang seharusnya ia terima.

Hal itu menimbulkan reaksi keras tidak hanya dari komunitas Hearthstone, tapi juga merambah ke kalangan nongamer. Uniknya, sejumlah karyawan Blizzard sendiri memberikan dukungan mereka pada Chung dengan berbagai cara. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.