Blizzard Menerima Kecaman Setelah Mem-Ban Hearthstone Grandmaster

104

Pada tanggal 8 Oktober kemarin, sebuah berita yang berkaitan dengan Blizzard Entertainment menjadi viral di media maya. Sejak saat itu, hashtag #BoycottBlizzard menjadi trending di Twitter, meski skalanya belum cukup untuk memasuki top-20 trending topic. Penyebabnya? Karena Blizzard memberikan sanksi ban kepada Chung “Blitzchung” Ng Wai, salah seorang professional player Hearthstone, karena menyuarakan opininya.

Semua berawal dari ajang 2019 Hearthstone Grandmasters Official Competition, yang digelar tanggal 6 Oktober lalu. Setelah memenangkan pertandingan, melalui interview bersama caster lokal, Chung menyuarakan “Liberate Hong Kong, revolution of our time.” Hal itu merupakan bentuk dukungannya terhadap demo yang terjadi di Hong Kong beberapa waktu lalu. Dan kalimat itulah yang jadi pokok permasalahan.

Blizzard pun mengeluarkan pernyataan resmi mengenai masalah tersebut pada tanggal 8 Oktober 2019. Mereka menyatakan bahwa tindakan Chung melanggar peraturan dalam kompetisi, karena dianggap “menyinggung sebagian atau sekelompok publik” serta “Merusak citra Blizzard.” Akibatnya, Chung dikenai sanksi ban dari mengikuti turnamen Hearthstone selama 12 bulan, serta membatalkan hadiah US$10.000 yang seharusnya ia terima.

Tindakan itu ternyata mendapatkan reaksi keras dari banyak kalangan, utamanya dari komunitas maupun sesama pro player Hearthstone. Di berbagai belahan dunia, gamer melakukan boikot dengan berhenti memainkan Hearthstone, sebagai bentuk dukungan bagi Chung. Bahkan boikot ini menyebar ke game milik Blizzard lainnya yakni World of Warcraft, di mana banyak player membatalkan keanggotaannya.

Kritik atas keputusan Blizzard mem-ban “Blitzchung” pun terus berdatangan dari berbagai kalangan masyarakat. Di antaranya adalah Ron Wyden, Senator dari negara bagian Oregon, yang memberikan komentar pedas melalui akun Twitter resminya.

Sementara lewat perbincangan dengan The Verge, jubir Epic Games menyatakan bahwa pihaknya mendukung kebebasan berpendapat di kalangan pemain Fortnite. Dengan begitu, mereka bisa berkomentar mengenai politik dan HAM tanpa takut dihukum. [Aseek]

Source




One thought on “Blizzard Menerima Kecaman Setelah Mem-Ban Hearthstone Grandmaster

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.