Bocoran Seputar PlayStation 5, Dari DualShock 5 Hingga Backward Compatibility

288

Di ajang Consumer Electronic Show 2020, Sony memamerkan logo dari konsol baru yang tengah mereka kembangkan yakni PlayStation 5. Desainnya tak jauh berbeda dengan desain logo generasi-generasi sebelumnya, hanya mengganti angkanya dengan “5.” Hingga kini, mereka belum memberikan informasi lebih detail mengenai gaming console terbarunya. Namun, di dunia maya, telah beredar sejumlah bocoran dan rumor mengenai konsol terbaru milik Sony tersebut.

Pertama, disebutkan bahwa PlayStation 5 bakal memiliki fitur full-backward compatibility, sehingga dapat memainkan game-game dari keempat konsol pendahulunya. Sebelumnya, Sony memamerkan peningkatan performa Marvel’s Spider-Man, yang notabene game PS4, sewaktu dimainkan di PS5. Hal ini menyiratkan kalau PS5 bakal menghadirkan bakward compatibility dengan PS4.

Namun, HipHopGamer menyatakan bahwa PlayStation terbaru memiliki fitur Remastering Engine, sehingga bisa memainkan game dari konsol PS4 hingga PS orisinal. Selain itu, disebutkan bahwa game-game dari konsol generasi sebelumnya yang dimainkan di PS5, bakal mengalami sejumlah peningkatan.

Dengan begitu, semua judul tersebut dapat di-upscale supaya berjalan dalam resolusi 4K, disertai peningkatan frame rate, dan lain sebagainya. Perlu diperhatikan bahwa kebenaran dari rumor tersebut sangat diragukan, terutama karena belum adanya konfirmasi apapun dari pihak Sony.

Rumor berikutnya berkenaan dengan controller PlayStation 5 alias DualShock 5. Beberapa waktu lalu penampakkan development kit PS5 sudah beredar di dunia maya. Namun, melalui akun Facebook pribadinya, seseorang yang mengaku bekerja membersihkan dev kit PS5 mengunggah foto mengenai konsol itu. Di sana, kita dapat melihat jelas bentuk controller-nya, yang sama dengan desain yang dipatenkan Sony pada akhir tahun 2019 kemarin.

Meski belum diketahui tanggal pastinya, Sony memastikan bahwa PlayStation 5 bakal diluncurkan ke pasaran pada musim liburan tahun 2020 ini. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.