Bose Hearphones, Earbuds Yang Berfungsi Juga Sebagai Alat Bantu Dengar

164

Orang-orang yang memiliki keterbatasan dalam hal pendengaran membutuhkan alat bantu dengar untuk bisa menikmati suara-suara indah yang ada di sekelilingnya. Di luar sana ada banyak opsi alat bantu dengar, namun sangat sedikit yang bisa berfungsi juga sebagai headphones untuk mendengarkan musik.

Seperti diwartakan oleh The Verge, baru-baru ini Bose memperkenalkan sepasang headphones yang berfungsi layaknya alat bantu dengar, diberi nama Hearphones. Perangkat ini terlihat seperti earbuds pada umumnya, namun ia tidak hanya memungkinkan Anda untuk mendengarkan lagu-lagu favorit, tapi juga mampu memperbesar volume suara yang ada di sekitar.

Ini bukan pertama kalinya Bose berupaya meningkatkan kualitas pendengaran penggunanya. Mereka sudah menerapkan teknologi noise-cancellation pada sebagian produk terdahulu, namun Hearphones kabarnya memiliki kemampuan yang lebih baik.

Kali ini, Bose memutuskan untuk memberi kebebasan kepada pengguna mengontrol suara-suara yang mereka dengar. Dengan demikian, pengguna bisa memilih dan menentukan noise yang ingin didengar selagi mengenakan Hearphones. Pengguna bahkan bisa menentukan dari arah mana noise akan datang.

Bose Hearphones dilengkapi dengan sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menaikkan atau menurunkan volume noise, dan mengubah arah datangnya suara. Tersedia juga sejumlah mode—Focused Conversation, Airplane, Doctor’s Office, Gym—yang dibuat untuk membantu pengguna mendengar lebih baik. Dengan memilih mode tertentu, noise yang seharusnya tidak ada di sana akan diblokir, sementara volume suara-suara lainnya akan diperbesar.

Hal yang perlu diingat adalah Hearphones tidak direkomendasikan untuk mereka yang memiliki keterbatasan pendengaran level serius, karena pada dasarnya earbuds ini bukan alat bantu dengar yang sesungguhnya. Bagaimana pun, upaya Bose ini patut diapresiasi.

Sementara itu belum ada konfirmasi resmi dari Bose terkait waktu peluncuran dan harga earbuds ini, namun dokumen panduan penggunanya sudah didaftarkan ke lembaga terkait. Itu artinya tidak lama lagi konsumen akan segera bisa menjajal kemampuan Hearphones.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.