Call of Duty: Black Ops III – have the potential to be the next generation Call of Duty!

356

Call of Duty adalah seri permainan yang sekarang ini sudah terlalu mainstream dan mulai terlihat kurang dalam menampilkan sesuatu yang baru atau permainan yang lebih menarik. Activision berniat untuk mengubah hal ini dengan mengumumkan Call of Duty: Black Ops III sebagai proyek terbaru mereka yang dijanjikan akan tampil lebih kreatif dan unik daripada game-game sebelumnya. Dengan konsep permainan yang telah dirombak total, Black Ops III dirancang untuk permainan co-op, sampai dengan total empat pemain sekaligus dapat memainkan campaign bersama-sama dalam pasukan militer yang berteknologi canggih.

Screen COD Black Ops III 01

Fight & Work Together
Untuk pertama kalinya kamu dapat menentukan penampilan karakter utama. Kamu juga dapat melihat karakter buatanmu dalam setiap cut-scene yang ditemukan sepanjang jalannya campaign. Treyarch percaya kalau alur cerita Black Ops III akan tampil sebagai kisah yang paling intens, serius, dan dewasa. Sepanjang campaign, kamu memperoleh sebuah base bernama Safe House, dimana dalam tempat ini kamu dapat mengupgrade kemampuan karakter, memilih perlengkapan senjata, dan bahkan menggunakan area di sekitar untuk berlatih atau belajar menggunakan skill yang baru.

Pihak developer menjelaskan kalau campaign Black Ops III mendorong kerja sama antar pemain. Sebagai contoh: Kamu bersama dengan anggota tim lainnya harus bersatu melawan pasukan musuh yang terus berdatangan, sembari harus menerobos dan menempatkan bahan peledak di markas musuh. Berkat sistem A.I yang lebih pintar, musuh-musuh dalam Black Ops III tidak hanya tampil berupa manusia saja, tetapi kamu juga harus menghadapi robot, drone, dan lain sebagainya. Level permainan juga lebih luas dan menampilkan banyak rute alternatif yang bisa kamu tempuh dalam menyelesaikan sebuah misi tertentu.

Tentu saja salah satu daya tarik utama game ini adalah kualitas grafiknya yang sangat menawan. Setting kota Singapore pada tahun 2065 dalam permainan terlihat sangat fantastis, melalui pancaran cahaya matahari, bangunan kota futuristik, dan warna-warni yang cerah membuat level permainan terlihat penuh dengan detail. Kelebihan visual grafik game ini semakin terlihat saat setiap karakter menampilkan reaksi raut muka yang realistis. Black Ops III tampil sebagai seri game dengan tampilan visual yang paling indah saat ini.

Screen COD Black Ops III 02

Dari seri mekanisme permainan yang sesungguhnya, hal yang paling menarik dari Black Ops 3 adalah pengenalan fitur pergerakan yang dinamis dan fleksibel, dengan cara menggunakan momentum yang membuat kamu dapat merangkai berbagai macam manuver untuk melewati area-area atau rintangan yang sulit. Mekanisme pergerakan ini hampir menyerupai konsep permainan dari Mirror’s Edge. Berkat adanya kebebasan dalam bergerak ini, para pemain dapat melakukan manuver gerakan yang kreatif dan menggunakan seluruh lingkungan di sekitar untuk melawan setiap musuh.

Pergerakan yang lebih fleksibel ini membuat aksi pertarungan tampil lebih kreatif, kamu dapat melakukan kombinasi gerakan untuk berlari, meloncat, dan bahkan melewati rintangan untuk menyerang musuh dari sisi yang tidak terduga. Untuk pertama kalinya, kamu juga dapat berenang di dalam air dan menyerang musuh di balik permukaan bawah air.

Treyarch sepertinya mengerti bahwa komunitas pemain Call of Duty menginginkan variasi senjata yang lebih inovatif. Black Ops 3 menampilkan pilihan senjata yang sangat bervariasi, dengan lima jenis attachments yang bisa kamu pasang pada setiap senjata. Kamu juga bahkan dapat memberikan dekorasi senjata, termasuk kemampuan untuk mewarnai senjata-senjata kesayangan milikmu.

Screen COD Black Ops III 04

Buddy System & Multiplayer
Dengan adanya kemampuan bermain sebanyak empat karakter sekaligus, level permainan Black Ops 3 tampil dengan skala yang lebih besar dan sangat luas. Kamu bebas untuk memilih class dan jenis perlengkapan senjata yang dipakai untuk setiap karakter. Pada umumnya, setiap karakter dalam tim kamu dapat saling membantu dan menggunakan senjata atau kemampuan spesial mereka untuk mengatasi situasi pertarungan yang terjadi. Pemain yang menggunakan karakter lincah dapat bergerak cepat dan sangat efektif jika mereka menyerang musuh dari samping. Sedangkan pemain lainnya dapat menjadi seorang sniper dan menyerang musuh dari atap bangunan. Atau kamu juga dapat menggunakan kemampuan unik yang dapat meretas drone musuh, sehingga mereka saling menyerang satu sama lainnya.

Satu hal yang patut diperhatikan adalah kenyataan bahwa Black Ops 3 sama sekali tidak ada hubungan dengan Advance Warfare. Game ini tidak akan menampilkan fitur “Exo Suit” yang bisa digunakan oleh karakter. Namun sebagai gantinya, setiap karakter dalam Black Ops 3 telah di desain untuk menjadi seorang “super soldier” dengan teknologi bio-engineer. Karakter kamu dapat bergerak dan meloncat dengan “Thrust Jump”, sehingga mereka dapat melayang untuk sementara waktu di udara. Pergerakan ini sangat berguna jika kamu ingin mencapai lantai dua dengan cepat, atau meloncati jendela di atas bangunan, atau hanya sekedar untuk mencari sudut yang tepat saat menembak musuh yang berada di balik cover. Thrust Jump tidak seperti kemampuan “Exo Boost” dalam Advance Warfare, Thrust Jump bergerak lambat dan hanya berguna sebagai manuver pergerakan saja, bukan seperti Exo Boost yang bergerak sangat cepat dan bahkan bisa dipakai untuk menghindari tembakan musuh.

Screen COD Black Ops III 06

Salah satu fitur terunik dari Black Ops 3 adalah kemunculan Specialist. Fitur ini membuat karakter yang kamu kendalikan mempunyai gaya bertarung dan kemampuan yang berbeda-beda. Konsep Specialist membuat aksi pertarungan multiplayer Black Ops 3 hampir menyerupai sebuah permainan MOBA karena variasi kemampuan karakternya yang sangat berbeda. Sampai sejauh ini sudah ada empat Specialist yang telah diketahui, mereka adalah: Ruin yang menggunakan senjata Gravity Spikes, sehingga membuatnya dapat meloncat jauh dan menghantam musuh dari udara. Seraph yang mempunyai senjata bernama Annihilator, sengaja ini sangat kuat dan bahkan tembakan pelurunya dapat menembus dua musuh sekaligus. Outrider menggunakan senjata bernama Sparrow, yakni sebuah busur yang dilengkapi dengan panah yang dapat meledak. Specialist terakhir adalah Reaper, sebuah robot yang menggunakan senjata Scythe, yakni sebuah minigun yang muncul dari tangan robotnya, sangat efektif untuk menembak banyak musuh sekaligus.

Selain dari mode permainan baru, tambahan senjata yang lebih bervariasi, dan fitur bermain co-op campaign sebanyak empat pemain sekaligus, Call of Duty: Black Ops 3 berniat untuk memperbaharui dunia permainan multiplayer FPS yang selama ini kita kenal.

Screen COD Black Ops III 07

Publisher: Activision
Developer: Treyarch
Genre: First-Person Shooter
Release: November 2015
Platform: PC, PS3, PS4, X360, XONE




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.