Call of Duty: Modern Warfare – Just Another Reboot?

222

Di ajang E3 2019 kemarin, Infinity Ward mengumumkan mengenai penggarapan Modern Warfare, entri terbaru dalam seri Call of Duty (COD). Jika diperhatikan, judulnya sangat mirip dengan game rilisan tahun 2007, yakni Call of Duty 4: Modern Warfare. Apa alasan sang developer memakai judul serupa? Apakah Call of Duty: Modern Warfare hanya berfungsi sebagai reboot semata, ataukah memiliki makna lain?

REIMAGINING THE MODERN WARFARE TRILOGY

Game ini merupakan versi reimagining dari COD4, sebagai bagian pertama dalam trilogi Modern Warfare. Infinity Ward sengaja memakai judul sama, untuk membangkitkan kejayaan franchise yang dinobatkan kalangan fans, sebagai seri COD terbaik. Melalui Modern Warfare rilisan 2019 ini, pihak developer coba menampilkan judul pertamanya dalam serinya, dengan skenario peperangan yang lebih aktual.

BACK TO THE ROOTS

Dalam Call of Duty: Modern Warfare, pemain tidak akan menemui hal bernuansa futuristik macam robot, powered exoskeleton, dan lain sebagainya. Entri terbaru dalam seri COD tersebut mengambil setting waktu masa kini, dengan nuansa peperangan yang mengacu pada realita saat ini. Game ini juga membawa kembali single-player play yang dinantikan kalangan fans, fitur yang sempat dihilangkan dalam Black Ops 4. Pihak developer berjanji mereka akan menampilkan jalinan kisah yang menarik untuk disimak.

THE RETURN OF CAPTAIN PRICE

Proyek terbaru Infinity Ward ini kembali menghadirkan Captain Price, salah satu karakter ikonik dari seri Call of Duty. Pemilik kumis khas ini terlihat dalam trailer yang dipamerkan sang developer, di ajang E3 2019 kemarin. Dengan kembalinya sang kapten, para pencinta COD berharap Infinity Ward akan menampilkan beragam karakter populer lainnya. Contohnya Gaz yang memegang peranan penting dalam Modern Warfare pertama, serta John “Soap” MacTavish.

MULTIPLAYER AND CROSS-PLAY SUPPORT

Seperti ketiga pendahulunya, Call of Duty: Modern Warfare kembali menyertakan multiplayer ke dalam permainan. Yang menarik, game tersebut bakal jadi entri pertama dalam franchise COD yang menghadirkan fitur cross-play! Dengan begitu, player yang memakai platform PC, PlayStation 4, dan Xbox One, dapat bergabung dalam satu sesi permainan yang sama. Sayangnya, belum ada keterangan resmi dari Infinity Ward, mengenai cara kerja fitur cross-play dalam game baru mereka.

NO ZOMBIES, NO WORRIES

Zombies menjadi salah satu mode permainan dalam Call of Duty, yang cukup diminati kalangan fans. Bagi pencinta mode permainan tersebut, terdapat kabar buruk dari proyek game terbaru garapan Infinity Ward ini. Jacob Minkoff, Campaign Gameplay Director untuk Modern Warfare 2019, menyebutkan bahwa game tersebut tidak akan menyertakan mode Zombies. Alasannya, karena tim developer ingin menciptakan FPS yang realistis, dan sangat mirip dengan sutuasi peperangan di dunia nyata dewasa ini.

CONTROVERSIAL CONTENTS

Baru saja dipamerkan, Call of Duty: Modern Warfare sudah menuai kontroversi! Pasalnya, demo game yang dipamerkan Infinity Ward di ajang E3 2019, menampilkan sejumlah konten yang dipandang kurang pantas. Mulai dari hadirnya anak-anak yang terlibat peperangan, hingga munculnya potensi kekerasan terhadap warga sipil. Pihak developer sendiri memang memastikan, bahwa mereka akan menyertakan beragam hal yang dipandang disturbing ke dalam game-nya.

Perlu diketahui bahwa ini bukan kali pertama bagi game Call of Duty, untuk menampilkan konten yang memancing kontroversi. Dalam Modern Warfare 2 contohnya, terdapat misi “No Russian” yang mendapat kritikan keras dari berbagai pihak. Pasalnya, dalam misi tersebut gamer ikut serta dalam penembakan terhadap warga sipil, yang berada di Zakhaev International Airport.

Dengan Activision sebagai publisher, Call of Duty: Modern Warfare dijadwalkan untuk rilis pada tanggal 25 Oktober mendatang. Nantinya, game tersebut bakal tersedia di platform PC, PlayStation 4, serta Xbox One. [Cholid Alid]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.