by Aseek Ching in
News

Ketika dipamerkan ke khalayak ramai untuk pertama kali, Resident Evil Village mampu menarik perhatian kalangan gamer dengan cepat. Dan setelah diluncurkan ke pasaran, game tersebut berhasil mencapai perolehan yang memuaskan. Tapi di tengah kesuksesannya, muncul kabar yang mengejutkan: Capcom dituduh menjiplak desain salah satu makhluk yang muncul dalam game tersebut!

Tuduhan itu datang dari sutradara asal Belanda, Richard Raaphorst. Dan makhluk tersebut adalah Sturm, boss character di Heisenberg’s Factory berbentuk humanoid dengan baling-baling sebagai kepalanya. Ternyata, makhluk dengan desain serupa muncul di film arahannya yakni Frankenstein’s Army (2013). Atas dasar itu, Raaphorst menuduh Capcom telah memakai desain monster ciptaannya tanpa izin.

“Di 2013, saya menyutradarai film saya yakni Frankenstein’s Army,” tulis Raaphorst melalui LinkedIn. “Itu adalah monster movie yang dipenuhi monster-monster buatan saya sendiri, salah satunya telah dipakai – sama sekali tanpa izin atau credit, dalam game Resident Evil terbaru.” Ia juga menyertakan screenshot perbandingan monster buatannya dengan Sturm yang, harus diakui, memiliki tingkat kemiripan sangat tinggi.

Tidak hanya itu, sang sutradara juga menunjukkan persamaan lain antara monsternya dengan sang boss character dalam Resident Evil Village. Dari environment tempat Sturm berada, hingga bagaimana sang monster tewas – kecuali dengan sedikit perbedaan. Yang menarik, pemilik akun Twitter CloneKorp bahkan memperlihatkan sejumlah monster lain yang memiliki kemiripan dengan sejumlah makhluk dalam Frankenstein’s Army!

Berbicara pada Eurogamer, Raaphorst berkata bahwa ia tidak bermaksud untuk mendapatkan bayaran royalti dari Capcom. Ia hanya ingin mendapatkan credit dalam Resident Evil Village. Sayang, hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari pihak Capcom atas tuduhan yang dilontarkan Raaphorst.

Mengambil setting beberapa tahun setelah insiden dalam RE7: Biohazard, Resident Evil Village kembali memfokuskan ceritanya pada Ethan Winters. Kehidupan tenangnya bersama istrinya, Mia, berakhir saat Chris Redfield datang dan menculik putri mereka yang masih bayi, Rosemary Winters. Resident Evil Village sudah tersedia untuk PlayStation 5, PlayStation 4, Xbox Series X/S, dan Xbox One, dan PC (via Steam). [Aseek]

Share Post:

Related Posts

2 Comments

[…] NEWS Capcom Rilis “Yearning for Dark Shadows,” Theme Song Resident Evil Village Capcom Dituduh Menjiplak Desain Monster Dalam Resident Evil Village Final Fantasy VII The First Soldier Siap Menggelar Closed Beta Test Takayuki Yagami Kembali […]

[…] yang pernah menggugat Capcom atas dasar pelanggaran hak cipta. Sebelumnya, sineas asal Belanda, Richard Raaphorst, menuduh perusahaan itu telah menjiplak desain monster di film arahannya, Frankenstein’s Army […]

Leave a Reply