Cara Kreatif Game Developers Menghukum Cheater

156

Beberapa waktu lalu, muncul sebuah berita di mana Bethesda Game Studios selaku developer dari Fallout 76, bersedia melepaskan ban bagi pemain yang diketahui bermain curang. Tapi sebelum itu, mereka harus membuat sebuah esai mengenai “mengapa cheating software bisa merugikan komunitas online gaming.” Menarik, bukan? Tapi tahukah gamer bahwa ternyata, masih ada banyak metode kreatif lainnya yang diterapkan oleh pihak game developer, untuk menghukum gamer yang senang berbuat curang! Ingin tahu apa saja contohnya?

SERIOUS ROOM

Can be found in: The Stanley Parable
The Stanley Parable jadi salah satu permainan yang unik, di mana gamer bertugas menjelajahi dunia permainan dan menentukan pilihan, ditemani suara aktor Kevan Brighting sebagai narator. Jika gamer mencoba curang dengan memakai server cheat, permainan akan membawamu ke Serious Room, ruangan yang hanya berisi sebuah meja dengan pintu yang tidak bisa dibuka. Di sana, sang narator akan menceramahimu panjang-lebar karena tidak menghormati aturan narasi, dan menghukum gamer untuk berada di ruangan tersebut selama “satu trilyun milyar tahun”. Hal ini akan terus berulang jika kalian terus mencoba memakai cheat, dan satu-satunya cara untuk keluar dari Serious Room itu adalah memulai permainan baru.

IMPENDING DHUUM

Can be found in: Guild Wars
Adanya sejumlah gamer yang bermain curang menjadi salah satu masalah besar yang dialami oleh hampir semua online game, termasuk Guild Wars. Tapi AreaNet selaku developer memiliki metode unik untuk menanganinya, yakni membunuh para cheater atau pengguna bot (bukan secara harfiah, tentunya). Dalam permainan, player yang diketahui berbuat curang akan didatangi monster raksasa bernama Dhuum, yang mempunyai rupa mirip Grimm Reaper, untuk membunuh karakter tersebut sekaligus mem-ban mereka selamanya! Karena hanya menargetkan para cheater, maka player lain bisa mengetahui kenapa karakter di dekat mereka dibunuh oleh sang monster.

CHORT, THE BOVINE DEFENSE FORCE

Can be found in: The Witcher 3: Wild Hunt
Para pemain The Witcher 3 berhasil menemukan cara untuk menghasilkan uang dengan cepat, yakni menghabisi sapi-sapi di dekat White Orchard untuk memperoleh loot Cow Hide, menjualnya, bermeditasi hingga mereka muncul kembali, dan mengulang prosesnya. Setelah mengetahui eksploitasi tersebut, CD Projekt Red selaku developer menciptakan penangkalnya berupa Chort, monster berukuran raksasa yang mustahil dikalahkan oleh gamer berlevel rendah karena bisa menghasilkan damage besar. Bahkan jika berhasil mengalahkannya, Chort berikutnya akan muncul, dan begitu seterusnya sampai sang cheater tewas!

CHEAT POOLS

Can be found in: Max Payne 3
Max Payne 3 menampilkan mode multiplayer yang menampung 16 player, di mana mereka dapat bekerjasama untuk menyelesaikan tugas tertentu, atau saling membasmi demi mendapatkan EXP – mode permainan yang sering disusupi oleh para cheater. Untuk mengatasi mereka, Rockstar Studios selaku developer menyulitkan para oknum dalam bergabung dengan satu sesi permainan secara online. Dan setelah berhasil masuk, mereka akan mendapat kejutan besar karena semua “penghuni” sesi permainan tersebut adalah kalangan cheater! Yup, mereka yang berbuat curang tidak dapat mengikuti online multiplayer play secara normal, dan akan digabungkan dengan kalangan yang sepadan.

POSTING PUBLIC APOLOGY

Can be found in: H1Z1
Masalah cheater juga dialami oleh H1Z1, permainan bergenre battle royale yang dikembangkan oleh Daybreak Game. Tidak heran kalau dalam satu gebrakan, pihak developer melakukan proses banning secara besar-besaran terhadap 25,000 pemain yang diketahui bermain curang. Yang menarik, John Smedley selaku pimpinan Daybreak memberi kesempatan pada mereka untuk mendapatkan kembali akunnya, setelah melakukan permohonan maaf secara terbuka melalui YouTube. Tapi, pihak developer hanya menerima permintaan maaf yang dilakukan secara tulus!

EXPLODING CAR

Can be found in: Grand Theft Auto V
Beberapa waktu lalu, sejumlah gamer berhasil menemukan cara untuk membawa Duke O’Death, kendaraan berjenis rare dari Grand Theft Auto V, ke dalam versi online multiplayer yakni GTA Online. Setelah mengetahui eksploitasi ini, Rockstar Games selaku publisher menerapkan metode unik untuk menghukum para pemain yang berbuat curang. Melalui patch terbaru, para pemain yang membawa Duke O’Death ke dalam GTA Online dibuat terkejut karena ketika memasuki muscle car tersebut, kendaraan mereka bakal meledak! Oh, gamer yang memakai cheat juga akan mendapatkan topi bertuliskan “Dunce” yang berarti “Bodoh.”

UNENDING LECTURE FROM RESETTI

Can be found in: Animal Crossing
Resetti merupakan karakter dalam seri Animal Crossing, yang akan mengingatkan para pemain untuk men-save game. Tapi ia bakal berubah menjadi sosok yang agresif jika gamer berbuat curang dengan me-reset permainan. Ia bakal menceramahi para cheater melalui dialog yang berlangsung selama 3 menit, dan durasinya akan terus bertambah jika pemain terus melakukan reset. Bahkan dalam Animal Crossing: Wild World, jika bermain curang untuk keempat kalinya, Resetti akan memaksamu menulis permohonan maaf…dengan memakai tanda baca, huruf kapital serta ejaan yang benar!




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.