CD Projekt Resmi Dituntut Investor Terkait Masalah Cyberpunk 2077

240

Tahun 2020 nampaknya menjadi masa kelabu bagi CD Projekt, publisher asal Polandia pemilik waralaba game The Witcher. Sebelumnya dipandang sebagai salah satu nama berpengaruh dalam dunia gaming, reputasi mereka runtuh akibat produk garapannya: Cyberpunk 2077. Game yang dirilis tanggal 10 Desember lalu tersebut membuat mereka menerima tuntutan kedua dari pihak investor.

Gugatan itu datang dari Rosen Law Firm, firma hukum berbasis New York, atas dugaan pelanggaran hukum keamanan federal. Seperti halnya gugatan yang diajukan di Polandia, Rosen menuduh eksekutif CD Projekt telah memberikan informasi palsu kepada para investor. Utamanya mengenai perkembangan Cyberpunk 2077 di PS4 dan Xbox One yang “hampir tidak dapat dimainkan akibat adanya sejumlah besar bug.”

Kegagalan game yang dimaksud menyebabkan saham CD Projekt mengalami penurunan sebesar 29%. Rosen Law Firm pun mengajak para pemegang saham lainnya yang merasa dirugikan untuk ikut bergabung menjadi penggugat. Perlu diperhatikan bahwa Langkah serupa pun dilakukan oleh Mikołaj Orzechowski, pengacara asal Warsawa yang menjadi salah satu investor CD Projekt.

Seperti yang gamer ketahui, permainan garapan CD Projekt Red tersebut menemui banyak kendala ketika diluncurkan ke pasaran. Keluhan mengenai bugs serta performa yang buruk terus berdatangan dari kalangan gamer. Bahkan Sony memutuskan untuk menghapus game itu dari PlayStation Store, dan menawarkan refund bagi mereka yang telah melakukan pemesanan.

Tidak hanya itu, tim developer sendiri mengajukan keluhan karena harus bekerja lembur dalam jangka waktu lama untuk menyelesaikan game tersebut. Meski didera berbagai masalah serta harus melakukan refund, Cyberpunk 2077 mampu memberikan pemasukkan yang cukup besar bagi CD Projekt.

Sejak diluncurkan ke pasaran pada tanggal 10 Desember kemarin, tercatat 13 juta copy game telah terjual dalam semua platform. Data tersebut menempatkan game Garapan CD Projekt Red sebagai salah satu game dengan peluncuran terbesar di tahun 2020. [Aseek]




One thought on “CD Projekt Resmi Dituntut Investor Terkait Masalah Cyberpunk 2077

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.