Deathloop Wallpaper
by Muhammad Ilham in
Feature News

Bagi banyak orang, membeli PlayStation (PS) 5 tentunya bukan sebuah hal yang harus dicapai. Apalagi, keinginan orang-orang untuk membeli PS5 lantaran karena konsol tersebut merupakan produk terbaru dari PS. Namun, tidak banyak orang yang ingin membeli PS5 karena ingin memainkan salah satu game saja.

Game-game seperti Rachet and Clank memang bagus bagi kalian yang baru beli PS5. Namun, game tersebut bukanlah sebuah game yang dianjurkan untuk kalian agar membeli PS5.

Akan tetapi, di tahun 2021, tepatnya di PlayStation Showcase 2021, sebuah game dipamerkan dalam livestreaming yang disiarkan oleh PlayStation, yakni Deathloop. Game ini memang tidak semeriah game-game lain seperti Spider-Man 2 atau God of War: Ragnarok. Namun, setelah dirilis, Deathloop mungkin bisa dikategorikan sebagai game yang wajib kalian mainkan atau coba sekali dalam seumur hidup.

Deathloop lahir untuk PS5, namun, bisa juga dimainkan di PC. Akan tetapi, kalian membutuhkan spek yang sangat tinggi untuk memainkan game tersebut di PC, sehingga, PS5 menjadi opsi terbaik untuk bisa memainkan Deathloop.

Dikembangkan oleh Arkane Studios, sebuah perusahaan pengembang game yang pernah membuat game Dishonored II. Deathloop sendiri adalah sebuah game murder-puzzle yang terinspirasi oleh budaya psychedelic tahun 60-an.

Kalian akan bermain dengan peran Colt, terbangun di sebuah pantai di pulau Blackreef, hanya untuk mengetahui bahwasanya kalian terjebak di putaran waktu. Tugas kalian adalah membunuh tujuh Visionaries, seorang bos yang tersebar di berbagai wilayah di pulau.

Lagi dan lagi

Deathloop adalah sebuah game yang menggunakan konsep terjebak di waktu dan hari yang sama berulang kali, jadi, masuk akal jika waktu adalah hal yang terpenting bagi semua kegiatan anda.

Blackreef terbagi menjadi empat level yaitu Karl’s Bay, Updam, Fristad Rock, dan The Complex. Kalian bisa mengunjungi empat area tersebut di empat waktu yang berbeda, yakni pagi, siang, sore, dan malam. Tiap level pastinya berbeda tergantung kapan kalian mengunjunginya. Karakter tertentu hanya hadir di waktu yang tertentu juga, semua area baru akan terbuka berdasarkan waktu di hari tersebut.

Karakter kalian, Colt, hanya bisa mendatangi satu level di tiap waktunya, satu level di pagi, satu di siang, satu di sore, dan satu lagi di malam hari. Lalu, putaran waktunya akan kembali ke awal atau reset.

Deathloop Gameplay
Sumber: store.steampowered.com

Waktu juga menjadi kunci kalian untuk bisa mengalahkan musuh-musuh (Eternalist) yang ada di area yang kalian kunjungi. Apapun style yang kalian hadapi yaitu pasif atau agresif, kalian membutuhkan timing, presisi, dan koordinasi yang tepat serta game ini membutuhkan kemampuan aim kalian yang hebat atau kalian bisa mati.

Itulah yang menjadikan game Deathloop sebagai game yang menarik karena kalian diberikan opsi yang banyak, namun, tidaklah mudah. Game lain mempersilahkan kalian untuk bisa bermain dengan berbagai macam playstyles, akan tetapi, tidak mengharuskan kalian untuk mengandalkannya.

Di sisi lain, Deathloop menawarkan kalian untuk mencari dan mencoba hal-hal baru. Hal ini diharuskan lantaran kalian akan bermain di area yang sama berkali-kali. Sehingga, kalian harus mencari hal-hal baru yang bisa kalian pelajari.

Musuh bebuyutan
Julianna
Sumber: store.steampowered.com

Bukan hanya level yang menyenangkan sekaligus menyulitkan saja yang kalian dapatkan di Deathloop, melainkan Julianna. Dia adalah musuh bebuyutan kalian di game Deathloop ini, di mana dia akan mengejek kalian ketika dia akan berusaha untuk mengagalkan misi kalian agar dapat merusak putaran waktu kalian.

Ketika kalian berusaha untuk membunuh Visionaries, Julianna akan hadir untuk membunuh kalian. Akan tetapi, yang menjadi menarik antara Julianna dan Colt, Julianna seperti mengetahui segalanya tentang Colt, namun, Colt tidak tahun menahu mengapa Julianna sangat membenci dan ingin membunuhnya.

Lalu, Julianna sangatlah mengerikan. Saat kalian bermain pada salah satu level, kalian akan menemui pesan di layar kalian yang mengatakan bahwa Julianna sedang berburu. Jika hal ini terjadi, semua pintu keluar akan tertutup. Kalian hanya punya dua opsi, bunuh atau dibunuh.

Game ini tentunya memiliki elemen multiplayer. Kalian bisa bermain sebagai Colt untuk melanjutkan cerita atau sebagai Julianna untuk melakukan pemburuan terhadap Colt.

Inkonsistensi menjadi hal yang menarik

Elemen menarik yang dihadirkan dalam Deathloop adalah inkonsistensi. Kalian tidak bisa menentukan apakah level yang kalian jalani di waktu pilihan kalian akankah mudah atau sulit. Lalu, apakah Julianna akan hadir di waktu tersebut. Deathloop menghadirkan sebuah inkonsistensi yang memacu para pemainnya untuk tidak berekspektasi tentang apa yang akan terjadi dan bersiap mengenai apa yang terjadi nantinya.

Kala kalian bermain sebagai Colt atau Julianna, inkosistensi yang muncul adalah mencari pemain lain di mana hal tersebut akan membutuhkan waktu yang lama karena map-nya sangatlah besar. Kehadiran Julianna dalam game bertujuan untuk menakuti kalian, namun, ketika kalian masuk lebih dalam ke dalam ceritanya, kalian akan lebih takut ketika Julianna sedang memburu kalian.

Deathloop Gameplay
Sumber: store.steampowered.com

Nasib baiknya, Julianna hanya masuk ke dalam game kalian untuk beberapa menit awal level yang artinya dia tidak akan ikut serta jika kalian sudah jauh masuk ke dalam cerita. Julianna bisa dikontrol oleh pemain lainnya jika kalian mengaktifkan online mode. Namun, jika kalian tidak ingin Julianna dimainkan oleh pemain lain, kalian hanya tinggal mengaktifkan offline mode dan Julianna akan dikontrol ole AI.

Untuk awal-awal, mungkin multiplayer akan sangat membosankan lantaran masih belum banyak pemain yang bermain Deathloop. Namun, kita akan menantikan di mana Deathloop sudah ramai pemainnya dan kalian bisa menggunakan Julianna untuk menciptakan kerusuhan nantinya.

Akhir kata, Deathloop bisa menjadi salah satu alasan mengapa kalian membeli PS5. Game yang menawarkan time-looping dan kerusuhan seperti ini tentunya seru jika dimainkan sendiri ataupun multiplayer. Selain itu, kebebasan dan banyaknya gameplay yang bisa kalian cari menjadi daya tarik tersendiri bagi game ini.

Share Post:

Related Posts