Dukung Antirasisme, Sony Tunda Pengumuman Game PS5

139

Persaingan antara Sony Interactive Entertainment dan Microsoft berlanjut melalui kehadiran next-gen console mereka, yakni PlayStation 5 serta Xbox Series X. Kedua perusahaan pun berlomba menunjukkan keunggulan gaming console miliknya masing-masing. Awalnya, Sony hendak memamerkan beragam game yang disiapkan untuk PS5 lewat presentasi online, yang rencananya digelar tanggal 6 Juni. Belakangan, mereka menyatakan menunda presentasi yang dimaksud

Lewat akun Twitter resmi PlayStation, Sony mengumumkan bahwa mereka akan menunda presentasi bertajuk “PlayStation 5: The Future of Gaming” tersebut. SIE pun meminta pengertian kalangan gamer, yang tentu ingin mengetahui game-game apa saja yang bakal menyertai perilisan PS5. Hal ini menunjukkan bentuk kepedulian mereka terhadap kasus rasisme yang menimpa George Floyd, yang terjadi di kawasan Minneapolis, Amerika Serikat.

Floyd, pria Afrika-Amerika berusia 46 tahun, tewas akibat kekerasan yang dilakukan oleh seorang petugas kepolisian Minneapolis, Derek Chauvin. Ditangkap atas tuduhan mengedarkan uang palsu, Chauvin menekan leher George Floyd memakai lututnya selama lebih dari 8 menit. Insiden penangkapan disertai kekerasan tersebut direkam oleh seorang pejalan kaki, yang kemudian viral di dunia maya. Hal itu memicu terjadinya gelombang protes yang berlangsung di berbagai wilayah di Amerika Serikat, dan mempopulerkan tagar #BlackLivesMatter.

Sebelum mem-post berita penundaan presentasi online mereka, Sony memajang cuitan berisi kecaman terhadap kekerasan yang menimpa masyarakat kulit hitam. Tidak hanya itu, SIE pun telah mengucurkan donasi untuk sejumlah organisasi yang berkutat seputar rasisme. Aksi mereka mendapat apresiasi dari Neil Druckmann, Vice President dari Naughty Dog, melalui akun Twitter pribadinya.

Berita mengenai game-game yang disiapkan untuk PlayStation 5 tentu menarik perhatian kalangan gamer. Pasalnya, selama ini SIE hanya membeberkan info mengenai backward compatibility dengan judul-judul PS4 saja. Sayang, hingga kini, Sony belum memberikan informasi mengenai kapan mereka akan menggelar presentasi yang dimaksud. [Aseek]




One thought on “Dukung Antirasisme, Sony Tunda Pengumuman Game PS5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.