Dunia Esports Indonesia Akan Dilindungi Oleh Undang-Undang

194

Tepatnya pada Selasa (10/11), Komisi X DPR RI menggelar kembali rapat dengar pendapat mengenai RUU Sistem Keolahragaan Nasional (SKN), di mana mencakup pembahasan mendorong agar dunia esports Indonesia diatur dalam undang-undang (UU).

Mengingat esports sekarang ini sedang diminati banyak kalangan, timbullah ide supaya dapat diatur dalam UU. DPR pun meminta masukan dari dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Indonesia Esports Association (IESPA), Asosiasi Video Game Indonesia (AVGI), dan Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI).

Perlu diketahui, esports hingga saat ini belum menjadi salah satu cabang olahraga (cabor) yang diatur secara gamblang dalam UU SKN yang sudah ada. Padahal, gelaran-gelarannya sering dilangsungkan dan pernah jadi cabor ekshibisi di Asian Games 2018.

“Saya dan anggota Komisi X mendukung olahraga esports supaya dilindungi dalam sebuah UU. Atlet esports Indonesia sudah banyak yang mendunia, dan esports di Indonesia sekarang ini mengalami pertumbuhan yang cukup pesat dengan revenue terbesar di Asia Tenggara. Maka dari itu, perlu ada peran negara dalam memajukan cabang ini,” ujar Yoyok Sukawi, salah satu panitia kerja RUU SKN itu, Rabu (11/11), seperti dikutip dari Suara Merdeka.

Dia menambahkan, kalau esports adalah potensi olahraga elektronik yang mesti dikembangkan, menurutnya, agar lebih baik harus ada perlindungan khusus dari sebuah UU. Masukan-masukan dari AVGI, PBESI, dan IESPA pun disambut baik. “Apa bentuk perlindungannya? Contoh, olahraga esports ini sangat berpotensi berdampak kurang baik terhadap kesehatan akibat radiasi. Di UU SKN mesti ada aturan terkait jaminan kesehatan bagi atlet esports agar lebih mudah dalam kontrol ke fasilitas kesehatan,” ungkapnya.

Yoyok optimis jika di masa depan, esports bakal menjadi salah satu cabang olahraga lumbung prestasi bagi Indonesia di tingkat dunia. Dan banyak anak muda dari penjuru Indonesia yang berhasil menjadi atlet esports profesional.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.