Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes, Penerus Suikoden yang Dinanti-Nanti

511

Pada masa kejayaan konsol PlayStation, Suikoden jadi salah satu seri JRPG yang mendapat atensi tinggi dari kalangan gamer. Diadaptasi dari karya sastra klasik Tiongkok, “Shui Hu Zhuan” (Water Margin), ceritanya berkisah tentang 108 kriminal yang menjadi pemersatu bangsa. Memulai debutnya di tahun 1995, setiap entrinya selalu menuai pujian, sampai akhirnya terhenti di tahun 2012. Kini, sang kreator tengah menggarap penerus dari seri permainan tersebut lewat Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes.

Cerita dalam game ini mengambil setting di benua Allraan yang terbentuk oleh sejumlah negara. Selain lewat pertempuran, sejarah dalam dunia permainan Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes terbentuk oleh beragam artefak magis bernama Rune-Lense. Galdean Empire, salah satu faksi yang berkuasa, menemukan cara untuk meningkatkan kekuatan Rune-Lense dan berusaha mendapatkan semua artefak. Misi ini mempertemukan perwira muda Seign Kesling, dengan Nowa yang berasal dari desa terpencil.

Tapi seiring berjalannya waktu, nasib membawa mereka terlibat dalam serangkaian peperangan. Hal itu memaksa keduanya untuk memikirkan ulang mengenai apa yang selama ini mereka anggap sebagai kebenaran.

Proyek game ini dikembangkan Rabbit & Bear Studios, studio bentukan sejumlah key person dari seri RPG milik Konami tersebut. Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes mempertemukan kembali Yoshitaka Murayama selaku creator, dan Junko Kawano sebagai lead artist. Mereka dibantu oleh Osamu Komuta, sutradara game Suikoden Tierkreis; dan Junichi Murakami selaku art director dari Castlevania: Aria of Sorrow.

Melalui Gematsu, sejumlah persamaan antara Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes dengan JRPG Suikoden pun terungkap. Utamanya kemampuan merekrut 100 hero, masing-masing dengan keunikan tersendiri, untuk bergabung dengan pasukanmu. Hal ini serupa dengan fungsi 108 Stars of Destiny dalam Suikoden. Ada pula sistem pertarungan bergaya turn-based, pemakaian Rune-Lense (Rune dalam Suikoden), dan masih banyak lagi.

Rabbit & Bear Studios telah meluncurkan kampanye Kickstarter untuk mendanai pembuatan Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes. Target awal mereka adalah US$509.713, untuk merilis game tersebut di PC sekitar akhir tahun 2022. Target berikutnya adalah US$1 juta untuk peluncuran di PlayStation 5, Xbox Series X, dan next-gen console buatan Nintendo (jika ada). Hebatnya, kedua target ternyata sudah terlampaui! Kickstarter berlangsung dari tanggal 27 Juli hingga 28 Agustus mendatang. [Aseek]

Kickstarter Trailer

Gameplay – Exploration

Gameplay – Boss Fight




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.