Eksperimen Terbaru Facebook: Fitur Pencari Wi-Fi Gratis

497

Feature-10-790x494

Facebook mengklaim bahwa mereka bukan perusahaan media, namun ada kemungkinan untuk bertransformasi menjadi layanan pencari jaringan Wi-Fi. Sebagian pengguna aplikasi Facebook versi iOS melaporkan bahwa ada sebuah fitur baru di bagian More yang memungkinkan mereka untuk menemukan titik akses Wi-Fi publik.

Untuk sekarang, fitur tersebut memang belum tersebar luas, yang artinya ini mungkin hanya sesuatu sedang diuji coba oleh Facebook. Serangkaian uji coba terus dilakukan Facebook sepanjang waktu, namun fitur yang satu ini paling menarik perhatian.

Seperti dikutip dari The Next Web, membantu pengguna menemukan Wi-Fi publik membuka peluang semakin banyak orang yang memanfaatkan Facebook Live. Jika koneksi seluler Anda kurang bagus, lokasi Wi-Fi terdekat bisa jadi solusinya.

Fitur pencari Wi-Fi ini memiliki kegunaan lain di luar siaran langsung. Jika Anda kesulitan mengunggah foto atau video, cari titik akses Wi-Fi publik terdekat. Di atas semua itu, satu alasan eksperimen fitur pencari Wi-Fi ini adalah Facebook ingin orang-orang membuka aplikasinya sesering mungkin.

Untuk sementara, ini hanyalah sebuah fitur uji coba, atau setidaknya fitur yang dirilis secara perlahan dan tanpa gembar-gembor. Fitur ini pun akan menjadi daya tarik tersendiri bagi aplikasi Facebook. Hal itu berarti Anda bisa mengurangi satu aplikasi dari smartphone karena di kemudian hari Anda mungkin tidak butuh lagi aplikasi pencari Wi-Fi.

Eksperimen yang dilakukan oleh Facebook ini akan berhasil jika fitur pencari Wi-Fi-nya terbukti akurat dan didukung basis data yang cukup mumpuni. The Next Web melaporkan bahwa fitur ini muncul setelah Facebook mulai meminta perusahaan-perusahaan yang memiliki laman berbagi informasi titik akses Wi-Fi secara sukarela. Basis data bisa juga didapat dengan cara menghimpun informasi titik akses dari smartphone para pengguna Facebook di seluruh dunia.

Fitur Wi-Fi Sense milik Microsoft mengumpulkan informasi dari Internet untuk basis data titik akses Wi-Fi publiknya. Di luar hal tersebut, membangun basis data Wi-Fi adalah sesuatu yang dilakukan oleh sebagian besar perusahaan terkemuka untuk membantu layanan lokasi perangkat-perangkat buatan mereka. Google melakukannya dengan menggunakan mobil Street View dan smartphone Android, lalu Apple mengumpulkan data lokasi dari iPhone, iPad, dan Mac pengguna mulai 2010.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.