Evolusi Gaming Console Ikonis Dari Tahun 1977 Hingga 2020

249

Dari tahun ke tahun, gaming console tentu mengalami perkembangan sebagai akibat dampak kemajuan teknologi. Keberadaannya terbukti bersifat lintas zaman, dan sepertinya menolak untuk mati. Dari konsol lawas macam Atari 2600, sampai ke salah satu yang dinanti-nantikan yaitu PlayStation 5, mempunyai desain khasnya masing-masing. Kalau kalian tertarik untuk mengetahui perihak evolusi dari konsol game, sebagaimana diolah dari laman DW, simak paparan di bawah ini.

  1. Atari 2600 (1977)

Atari Video Computer System, disingkat Atari 2600, adalah gaming console pertama yang paling laris di pasaran. Beberapa judul game yang beroperasi di dalamnya seperti Q*bert, Pac-Man, dan Space Invaders. Konsol ini menggunakan mikroprosesor, di mana desainnya mirip tampilan veneer kayu pada televisi di masa itu.

  1. Nintendo Entertainment System (1983)

Sejak tahun 1983, Nintendo Entertainment System (NES) yang diluncurkan di Jepang, sudah terjual lebih dari 61 juta unit secara global. NES sendiri terkenal dengan warna khas abu-abu dengan bentuk kotak, dan masih punya penggemar hingga hari ini. Gaming console ini memiliki beberapa seri game terkenal seperti Super Mario Bros. dan The Legend of Zelda.

  1. Super NES (1990)

Super Nintendo Entertainment System (SNES) dirilis di Jepang dengan nama Super Famicom pada tahun 1990, diikuti oleh AS pada tahun 1991, dan Eropa setahun kemudian. Controller SNES mengalami perubahan desain. Yang paling mencolok adalah fisiknya lebih bulat, serta adanya tambahan tombol L dan R pada bagian atas ujung kiri dan kanan.

  1. PlayStation (1994)

Perangkat ramping yang terinspirasi dari SNES ini mendominasi pasaran gaming sejak diluncurkan pada tahun 1994. Kisah sukses Sony di ranah gaming console dimulai dengan PlayStation. Bahkan, hingga bulan Mei 2004, Sony mencatat telah memproduksi konsol ini sebanyak 100 juta unit!

  1. Nintendo GameCube (2001)

Konsol Nintendo ini berbentuk kubus, terinspirasi dari dadu. GameCube diberi warna ungu, yang dianggap cocok untuk mainan anak-anak. Namun, sayangnya gaming console ini kalah bersaing dengan kehadiran PS2 dan Xbox yang lebih menarik perhatian pengguna.

  1. Xbox (2001)

Dirilis pada 14 November 2001, Xbox merupakan gaming console pertama yang dikembangkan oleh Microsoft. Ukurannya lebih besar dibanding konsol lain, dilengkapi dengan hard drive, kemampuan menyalin musik dari CD, dan kualitas suara Dolby Digital. Konsol ini sudah terjual 24 juta unit, tapi masih kalah dari PS2 yang menyentuh angka 155 juta unit.

  1. Xbox 360 (2005)

Selain sistem pendinginnya tidak bekerja dengan baik, Xbox 360 dinilai menjadi konsol dengan contoh desain yang buruk. Ketika konsol mengalami kepanasan, LED yang mengelilingi tombol daya berubah menjadi merah, menimbulkan fenomena Red Ring of Death (RROD). Kendati demikian, Microsoft mampu menjual hampir 6 juta unit X360 di tahun pertamanya.

  1. Nintendo Wii (2006)

Nintendo meluncurkan konsol bernama Wii pada 19 November 2006. Inovasinya terletak pada controller nirkabel yang menempel ke induk konsol. Pengendali ini dilengkapi sensor yang bisa menggerakkan karakter dalam game yang dimainkan.

  1. Playstation 4 (2013)

Dilengkapi dengan fitur untuk streaming, PS4 hadir dengan desain yang simpel dan elegan. Gaming console ini dapat dikoneksikan ke smartphone atau tablet, dan controller-nya sendiri memiliki sensor suara serta touch pad. PlayStation 4 bukan lagi dianggap sebagai mainan untuk anak-anak.

  1. Nintendo Switch (2017)

Perangkat Nintendo Switch bertransformasi menjadi handheld console yang bisa dibawa ke mana-mana. Di dalamnya tersemat fitur multiplayer yang memungkinkan pengguna terhubung dengan tujuh console lainnya.

  1. Xbox Series X (2020)

Banyak kritikus merasa konsol ini menyerupai menara komputer atau bahkan lemari es mini, sehingga mendapat julukan “Xbox kulkas.” Namun, petinggi Xbox mengklaim kalau Xbox Series X menjadi gaming console paling kompatibel yang pernah ada.

  1. PlayStation 5 (2020)

Hadir dengan bentuk lekukan dan sudut-sudut tajam asimetris yang didominasi warna putih dan hitam, menjadikan PlayStation 5 terlihat futuristik. Bentuknya unik dan berbeda dari desain para pendahulunya, karena untuk kali pertama memiliki dua warna.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.