Facebook memulai percobaan format GIF di kolom komentar

695

Facebook melakukan percobaan penggunaan animasi GIF di kolom komentar. Seperti yang telah diumumkan oleh pendiri Facebook, Mark Zuckerberg pada akhir Desember 2016 lalu di ajang Facebook Live, bahwa jejaring sosial terbesar di dunia ini akan mendukung format GIF untuk ke depannya.

“Semua orang menyukai animasi GIF dan kami yakin benar bahwa mereka ingin menggunakan GIF di kolom komentar,” kata juru bicara Facebook “Oleh sebab itu, kami mulai menguji fitur ini dan kami akan memberi updatenya lebih lanjut.”

Bagi sebagian pengguna, dukungan GIF di kolom komentar bisa saja bukan fitur yang terlalu eksklusif. Ada kemungkinan Facebook akan menggandeng layanan penyedia GIF populer yang sudah ada seperti contohnya Giphy.

fb1

Sebelumnya, layanan chatting Facebook Messenger sudah mengakomodir moving stiker. Namun, format GIF lebih ringkas karena cuma berupa short animation 5 detik yang diambil dari  sebuah cuplikan film. Tujuan GIF tersebut biasanya untuk mewujudkan perasaan atau kondisi tertentu dengan yang pernah ada contoh ekpresi dari sebuah adegan film dan talk show.

Pada Twitter dan WhatsApp, GIF bisa menjadi postingan utama. Sementara di Facebook, menurut juru bicaranya, peran GIF hanya sebagai pelengkap pada kolom komentar.

Saat ini, jika pengguna ingin berekpresi dengan GIF, maka ia harus pergi ke Giphy, Tenor, Imgur, atau beberapa layanan penyedia GIF lainnya, kemudian menyalin (copy) dan menempelkan (paste) URL dari GIF yang ia pilih. Cara ini betul-betul bekerja, tetapi tidak simpel. Hal inilah yang mungkin menyebabkan lebih banyak orang hanya menggunakan Reaction ketimbang GIF untuk merespons suatu konten di Facebook karena cepat dan simple




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.