Final Fantasy XV Batalkan Perilisan Sejumlah DLC

559

Square Enix mengumumkan bahwa mereka membatalkan perilisan tiga dari empat DLC bertajuk “The Dawn of the Future”, yang dipersiapkan untuk Final Fantasy XV. Ketiga downloadable content yang dimaksud adalah Episode Aranea, Episode Lunafreye dan Episode Noctis, sementara Episode Ardyn masih berada dalam pengembangan dan dijadwalkan rilis pada bulan Maret 2019 nanti.

Semua expansion pack tersebut digarap oleh studio internal Square Enix yang baru yakni Luminous Productions. Namun, studio tersebut bakal memfokuskan diri pada penggarapan game-game kelas AAA yang baru, meski hingga kini belum ada pengumuman apapun mengenai proyek apa yang mereka kerjakan. Hal itu ternyata berpengaruh besar pada pendapatan perusahaan, di mana Square Enix mengumumkan bahwa perubahan yang menimpa Luminous menimbulkan kerugian sebesar US$33 juta. Tidak dijelaskan apa penyebab kerugian tersebut, tapi diperkirakan kalau semuanya berkaitan dengan pembatalan ketiga DLC yang dimaksud.

Tidak hanya itu, Square Enix juga mengeluarkan konfirmasi bahwa Hajime Tabata, COO dari Luminous Productions sekaligus sutradara Final Fantasy XV, telah meninggalkan perusahaan. Dalam pengunduran dirinya, Tabata menyatakan, “Saya percaya bahwa alasan bagaimana kami bisa mencapai sejauh ini, adalah berkat dukungan para penggemar setia. Dari lubuk hati yang paling dalam, saya ucapkan terima kasih.” Ke depannya, ia berniat untuk mendirikan perusahaan sendiri karena ia memiliki sebuah proyek yang bakal menjadi tantangan berikutnya setelah FFXV.

Setelah melalui masa pengembangan yang lama yakni sejak tahun 2006, Final Fantasy XV diluncurkan ke pasaran pada bulan November 2016 lalu dan bisa dimainkan di platform PC, PlayStation 4 serta Xbox One. Kisahnya difokuskan pada pangeran dari kerajaan Lucis yakni Noctis Lucis Caelum yang, bersama rekan-rekannya, berusaha untuk merebut kembali takhta kerajaan yang menjadi haknya, sekaligus memenuhi takdir yang lebih besar. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.