Final Fantasy XVI Buka Teaser Website, Bagikan Sejumlah Info Awal

460

2020 jadi tahun paling mengesankan bagi pencinta seri Final Fantasy. Di awal tahun, mereka dimanjakan dengan kehadiran versi remake dari FFVII, salah satu judul terpopuler dalam serinya. Kini, lewat teaser website, Square Enix membeberkan sejumlah info awal mengenai installment terbarunya yakni Final Fantasy XVI (thanks Gematsu!).

Final Fantasy XVI mengambil setting di Valisthea, sebuah daratan yang kaya akan Mothercrystal – pegunungan Crystal yang mengandung energi aether. Selama ratusan tahun, para penduduk memanfaatkan energi itu untuk memakai sihir. Valisthea dikuasai oleh enam faksi besar, di mana kedamaian di antara mereka terancam goyah akibat munculnya bencana bernama Blight.

FACTIONS OF VALISTHEA

  • The Grand Duchy of Rosaria

Aliansi yang terbentuk dari sejumlah provinsi independen di wilayah barat Valisthea. Rosaria menggunakan aether dari Drake’s Breath, Mothercrystal di sebuah pulau vulkanik yang terletak di lepas pantai. Setelah cukup umur, Dominant dari Phoenix selaku Eikon of Fire akan dinobatkan sebagai Archduke.

  • The Holy Empire of Sanbreque

Sanbreque dikenal sebagai kekuatan teokrasi terbesar di Valisthea. Ibu kotanya, Oriflamme, dibangun di sekitar Mothercrystal bernama Drake’s Head. Di sana, Dominant dipandang sebagai jawara yang harus bertarung membela kerajaan ketika terjadi peperangan.

  • The Kingdom of Waloed

Waloed menjadikan wilayah sebelah timur Valisthea (dinamakan Ash) sebagai daerah miliknya. Sebelum dipimpin oleh Dominant, kaum orc dan beastmen sering terlibat pertikaian demi memperebutkan kekuasaan. Di bawah komandonya, dibantu Mothercrystal Drake’s Spine, Waloed pun memiliki pasukan yang tangguh.

  • The Dhalmekian Republic

Menduduki bagian selatan Valisthea, Dhalmekian Republic terbentuk dari lima negara bagian yang menguasai negara sebagai parlemen. Dan Dominant dari Titan selaku Eikon of Earth berperan sebagai penasehat khusus. Dhalmekia menguasai Drake’s Fang, Mothercrystal yang tersembunyi di tengah pegunungan.

  • The Iron Kingdom

Iron Kingdom menguasai sejumlah kepulauan di sebelah barat Storm, realm kedua di Valisthea. Karena itu, mereka juga memanfaatkan Mothercrystal Drake’s Breath seperti halnya Rosaria. Di sana, para Dominant dipandang sebagai hal yang dibenci sehingga individu yang mewarisi kemampuan ini akan dihukum mati.

  • The Crystalline Dominion

Terletak di pusat Valisthea, Crystalline Dominion dibangun di sekitar Mothercrystal paling tinggi, Drake’s Tail. Posisinya yang strategis membuat daerah ini diperebutkan oleh semua pihak, sampai akhirnya perjanjian damai pun terwujud. Crystalline tidak memiliki Dominant.

EIKONS AND DOMINANTS
Eikon merupakan sebutan bagi makhluk-makhluk paling kuat sekaligus berbahaya yang terdapat di Valisthea. Dalam game-game lain, mereka dikenal sebagai Summon, Aeon, Guardian Force, atau Primal. Mereka bersemayam dalam individu tertentu yang dinamakan Dominant. Hal itu membuat para Dominant mampu memakai kekuatan dahsyat yang dimiliki oleh Eikon dalam dirinya.

Dominant dipandang secara berbeda di berbagai wilayah: kadang sebagai tokoh yang dihormati, senjata dalam peperangan, hingga sosok yang dibenci.

  • Clive Rosfield

Clive merupakan tokoh utama dalam Final Fantasy XVI, putra pertama Archduke dari Rosaria. Meski diharapkan menjadi Dominant berikutnya, justru adiknya Joshua yang mendapat tanggung jawab sebagai pewaris Phoenix. Berkat usaha kerasnya, ia menjadi swordsman andal dan terpilih sebagai pelindung Phoenix, sehingga Clive bisa memakai bagian dari kekuatannya. Sayang, kehadiran Eikon misterius Ifrit merubah jalan hidupnya.

  • Joshua Rosfield

Putra kedua Archduke dari Rosaria. Meski berdarah bangsawan, Joshua selalu menghormati semua orang di sekitarnya, termasuk kakaknya Clive. Kadang ia merasa menyesal bahwa dirinya yang penakut dan lemah terpilih sebagai Dominant, bukan kakaknya yang lebih tangguh. Bagaimanapun, Joshua ikut terseret dalam tragedi yang merubah jalan hidup Clive untuk selama-lamanya.

  • Jill Warrick

Saat masih kecil, Jill harus terpisah dari tanah kelahirannya dan menjadi bagian dari Rosaria, sebagai tanda perdamaian antara dua bangsa. Archduke membesarkannya seperti anak sendiri, bersama Clive dan Joshua. Baik hati, ramah dan sederhana, Jill menjadi orang kepercayaan kedua kakak-beradik.

Digarap oleh Square Enix Creative Business Unit III, Final Fantasy XVI bakal tersedia untuk PlayStation 5. Belum diketahui kapan permainan tersebut akan dirilis ke pasaran. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.