by Philips Vega in
News Reviews

Kalian yang menyenangi game bergaya turn-based pastinya sudah sangat mengenal seri Fire Emblem. Seri Fire Emblem ini sudah banyak dirilis dan menjadi salah satu primadona dalam genre strategi RPG. Nah! Kali ini kami akan membahas game terbaru dari seri Fire Emblem yang berjudul Fire Emblem Fates. Menariknya Nintendo merilis dua game fisik Fire Emblem Fates. Yang pertama adalah Birthright dan satu lagi Conquest dan mereka juga menyiapkan satu DLC yakni Revelation.

Screen Fire Emblem Fates 09

Two Sustainable Story
Seperti yang disebutkan secara singkat di atas, game ini memiliki dua game yang berbeda namun saling berkesinambungan; Brightlight dan Conquest. Game ini memiliki latar belakang kerajaan Hoshido dan Nohr di mana masing-masing kerajaan “menyembah” naga yang mereka pikir berbeda. Namun nyatanya dua identitas naga tersebut merupakan satu jenis naga yang sama. Keduanya saling bertarung satu sama lain atas profokasi dari karakter bernama Anakos. Dalam dua game tersebut kamu akan berpihak pada dua kerajaan yang berbeda dan harus menyelesaikan misi-misi yang diberikan dalam permainan.

Dari segi gameplay kedua game ini memiliki permainan yang sama namun dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Dalam Brightlight gamer bisa menentukan sendiri tingkat kesulitan yang ingin dihadapi melalui beberapa mode yang disajikan di dalam permainannya. Misalnya dalam mode Phoenix gamer akan bermain dalam tingkat kesulitan normal yang memungkinkan karakter yang mati untuk hidup kembali dalam setiap fase pertempuran. Di sisi lain mode Lunatic hadir lebih “kejam” di mana karakter yang mati tidak akan bisa dihidupkan bahkan hilang untuk selamanya dan tak bisa dimainkan kembali. Dalam Birthright ini akan dihadirkan kembali fitur Pair Up dan Dual System dimana pemain akan dapat bekerja sama dengan karakter lain. Kerjasama baik dalam hal menyerang satu musuh secara bersama-sama atau ketika harus bertahan dari serangan musuh. Namun sayangnya Brightlight memiliki variasi misi yang cukup monoton sehingga akan sedikit membosankan untuk beberapa pemain khusunya para veteran.

Screen Fire Emblem Fates 12

Di sisi lain dalam Pertarungan di Conquest ini cukup seimbang dan cocok bagi gamer yang sudah terbiasa bermain game seri Fire Emblem. Kesulitan dalam Conquest ini lebih tinggi dibanding dengan Birthright. Misi yang ditawarkan pun kali ini bervariasi sehingga kamu tidak akan dihadapkan selalu pada misi membunuh musuh atau boss. Variasi seperti inilah yang cocok bagi para veteran pemain Fire Emblem. Dan perlu diingat bahwa dalam Conquest ini sendiri pemain tidak bisa grinding untuk menaikkan level pasukan. Pertarungannya sendiri mirip dengan Birthright, kamu akan bertarung dengan menggunakan setiap unit. Ketika pasukan menyerang akan ditampilkan persentase kemungkinan berhasi dan tipe pertarungan menggunakan sistem gunting kertas batu dimana satu pasukan efektif melawan pasukan lain dan seterusnya.

Screen Fire Emblem Fates 11

Sebagai game dengan tingkat kesulitan yang lebih rumit, Conquest memiliki sebuah fitur yang bisa dibilang cukup menarik. Dalam Conquest ini ada hal baru yakni My Castle yang memungkinkanmu membangun berbagai macam bangunan semacam toko, atau monumen yang dapat meningkatkan pertahanan kastil. Fitur My Castle ini bisa digunakan dalam mode multiplayer secara online. Tapi terdapat sedikit kekurangan dari segi interface dimana sangat sedikit informasi yang ditampilkan sehingga terkadang gamer harus menebak dan mengingat apa arti dari beberapa ikon yang berada pada interface.

Screen Fire Emblem Fates 10

Verdict
Dua game yang berbeda dalam satu merupakan sebuah tawaran yang menarik untuk para gamer, belum lagi baik brightlight dan Conquest memiliki kualitas grafis yang sangat memukau untuk sebuah game 3DS.Perbedaan tingkat kesulitan untuk masing-masing game juga memudahkan para pemainnya untuk memilih untuk bermain dalam Brightlight yang sangat ramah bagi para pemula atau berman dalam Conquest yang lebih menantang dan cocok untuk para veteran. Dan aspek-aspek inilah yang akan memberikan setiap pemainnya pengalaman seru dan menantang terutama untuk para gamer yang memang menggemari tactical RPG..

Skor Total: 8/10

Publisher: Nintendo
Developer: Intelligent Systems, Nintendo SPD
Genre: Strategy
Release Date: Februari 2016
Platform: Nintendo 3DS

Share Post:

Related Posts

No Comments

Leave a Reply