Fire Emblem: Three Houses Bagikan Info Soal Gameplay

737

Pada bahasan sebelumnya, gamer diajak untuk menyelami storyline, serta berkenalan dengan sejumlah key characters dalam ceritanya. Lewat gaming media Jepang yakni Famitsu, kini pemain diajak untuk mengenali gameplay yang diusung oleh Fire Emblem: Three Houses.

BATTLE PART

  • Time-Rewind System

Sama seperti game-game sebelumnya, Fire Emblem: Three Houses mengadopsi sistem permainan turn-based, dan gamer akan menggerakkan unitmu satu persatu. Untuk memudahkan permainan, pihak developer menyertakan fitur Time-Rewind System ke dalam battle system, yang tentu sangat membantu para beginner.

  • Many vs Many

Fire Emblem dikenal sebagai game yang menampilkan peperangan berskala besar, meski pada prakteknya, battle berlangsung secara one-on-one. Tapi dalam Fire Emblem: Three Houses, gamer benar-benar dapat menyaksikan pertempuran besar yang menampilkan banyak prajurit di medan perang. Selain itu, disebutkan kalau game ini akan menghadirkan sistem permainan baru dalam serinya, meski untuk sementara ini bentuknya belum diketahui.

  • Terrain Effect

Dalam battle, pemain dapat menemui beragam jenis terrain yang bakal memberikan efek tertentu, pada unit yang berada di dalamnya. Mulai dari menambah evasion rate terhadap serangan musuh, meningkatkan defense, memulihkan health, berpindah ke area lain, dan masih banyak lagi. Karena itu, mempelajari dan memanfaatkan terrain jadi salah satu faktor penting dalam memenangkan pertempuran.

  • Sky-Rending Pulse

Fire Emblem: Three Houses menampilkan fitur permainan unik bernama Sky-Rending Pulse. Melalui fitur ini, gamer bisa memundurkan waktu hingga ukuran individu, memungkinkan kalian untuk memilih command berbeda. Sistem ini mengurangi kebutuhan save dan reload ketika pemain melakukan kesalahan, seperti membuat satu unit tewas. Perlu diperhatikan bahwa pemakaiannya dibatasi. Fitur ini mirip dengan Milla’s Turnwheel dari Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia.

  • Difficulty Setting and Modes

Di awal permainan, gamer dapat memilih tingkat kesulitan yang diinginkan yakni “Normal” dan “Hard,” yang mempengaruhi kekuatan musuhmu. Selain itu, kalian juga bakal menemui pilihan antara mode “Casual” dan “Classic.” Casual memungkinkan gamer untuk menghidupkan kembali unit yang tewas, sementara dalam Classic, kematian bersifat permanen.

  • Class Changing

Berbeda dengan game-game lainnya, unit yang berganti class tidak akan kembali ke Level 1, atau berubah senjata yang dipakainya. Setelah menyelesaikan sejenis ujian, nantinya gamer bisa bergonta-ganti class dengan leluasa.

OFFICER’S ACADEMY PART

Selama berada di Officer’s Academy, kalian dapat menjelajahi setiap sudut bangunan dengan leluasa, dan berinteraksi dengan semua murid. Bahkan gamer akan dihadapkan pada pilihan saat melakukan percakapan, yang mempengaruhi kepercayaan mereka padamu. Di samping itu, Byleth juga bertugas meningkatkan skill milik anak-anak didikmu.

  • Teaching and Interaction

Sebagai seorang tenaga pengajar, tugas kalian adalah melatih dan meningkatkan Proficiency Level murid-muridmu. Di samping itu, gamer juga bisa berinteraksi dengan murid-murid dari house pilihanmu, termasuk memberi solusi terhadap masalah yang mereka hadapi.

  • Proficiency Levels

Untuk menjadi satu class tertentu, yang mempunyai senjata serta skill tersendiri, murid-murid harus mencapai Proficiency Level yang diperlukan. Perlu diperhatikan bahwa setiap murid memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri.

Main Abilities
Swordsmanship: Proficiency dalam memakai Sword.
Spearmanship: Proficiency dalam memakai Lance.
Axemanship: Proficiency dalam memakai Axe.
Archery: Proficiency dalam memakai Bow.
Science: Proficiency dalam memakai Black dan Dark Magic.
Faith: Proficiency dalam memakai White Magic.
Flying: Proficiency yang dibutuhkan untuk tipe class Flier.
Heavy Armor: Proficiency yang dibutuhkan untuk tipe class Armored.
Horsemanship: Proficiency yang dibutuhkan untuk tipe class Cavalry.

  • Promotion Exam

Agar dapat berganti class, murid-murid harus menjalani ujian untuk membuktikan kecakapan mereka. Dan untuk mengikuti ujian, dibutuhkan Exam Pass yang berkaitan dengan class yang diinginkan. Makin tinggi Proficiency Level yang dimiliki, semakin besar pula kemungkinan untuk lulus dalam ujian. Ujian juga bisa diikuti oleh sang protagonis utama, Byleth.

CLASS INTRODUCTION

Byleth dan murid-murid Officer’s Academy akan memulai permainan dari class Commoner atau Noble, tergantung dari tempat kelahiran mereka. Class ini dapat memakai sebagian kecil magic, tapi tidak memiliki ciri khas yang menonjol. Berikut adalah beberapa class First Tier (tingkat dasar) yang bisa dijumpai di awal permainan.

  • Myrmidon

Class yang mengkhususkan diri dalam pemakaian Sword. Mereka dibekali dengan pergerakan yang cepat, sehingga dapat menghindari serangan lawan lebih baik.

  • Soldier

Class yang mengkhususkan diri dalam pemakaian Lance. Mereka memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk menyerang secara akurat.

  • Fighter

Class yang mengkhususkan diri dalam pemakaian Bow, Axe, dan Gauntlet. Mereka dikenal berkat kekuatannya yang tinggi, dan dapat mendaratkan serangan ber-damage besar.

  • Monk

Class yang bertarung dengan memakai magic, serta dapat memulihkan health milik unit lain.

Menurut info, Fire Emblem: Three Houses akan dirilis di konsol Nintendo Switch pada tanggal 26 Juli 2019. Selain hadir dalam versi standar, tersedia pula Seasons of Warfare Edition yang menampilkan beragam bonus menarik. Mulai dari SteelBook case, Sound Selection CD, kalender tahun 2020, artbook, dan lain sebagainya. [Aseek]

Source Info




One thought on “Fire Emblem: Three Houses Bagikan Info Soal Gameplay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.