Fire Emblem: Three Houses Beberkan Tentang Crest dan Gambit

141

Sebelumnya, gamer diajak untuk mengenal sejumlah karakter baru yang bisa ditemui dalam permainan, hingga sekelumit bahasan mengenai battle. Kini, media gaming asal Jepang, Famitsu, membeberkan sejumlah detail mengenai gameplay Fire Emblem: Three Houses. Di antaranya mengenai Crest, item khusus yang hanya dimiliki oleh sejumlah key characters, serta efeknya dalam peperangan.

THE CREST

Selama dalam permainan, sejumlah individu dapat menggunakan kekuatan dalam Crest milik keluarganya. Crest merupakan simbol kekuatan yang diwariskan secara turun-temurun, dan berperanan penting untuk merubah jalannya peperangan di Fodlan. Hal ini dibuktikan oleh Adrestian Empire, yang memperoleh kemakmuran melalui sejumlah individu yang mampu memakai kekuatan itu.

Crest juga bisa muncul di sejumlah murid dalam bentuk bakat, yang membuat mereka unggul dalam bidang tertentu. Protagonis utama kita, Byleth, nampaknya bukan mercenary biasa, karena ia ternyata memiliki Crest-nya sendiri.

SKILLS AND CHARACTERS CREST
Masing-masing karakter utama dalam Fire Emblem: Three Houses memiliki Skill tersendiri, yang dapat meningkatkan kemampuan mereka. Terdapat tiga tipe Skill yang bisa gamer temui dalam permainan:

  • Personal Skill: Skill yang dimiliki setiap unit di awal permainan, tidak dapat digonta-ganti, dan memiliki keunikan tersendiri.
  • Class Skill: Skill yang hanya dimiliki oleh class tertentu, dan tidak dapat diakses ketika gamer melakukan pergantian class.
  • Ability Skill: Skill yang diperoleh setelah mencapai level tertentu. Setelah dipelajari, semua kemampuan ini dapat digunakan kapan pun dan dalam class mana saja.

Sementara Crest bisa dipandang sebagai unique skill. Berikut adalah contoh skill yang dimiliki oleh Byleth, serta pimpinan ketiga house di Officer’s Academy:

BYLETH

  • Personal Skill: Teacher’s Guidance – meningkatkan EXP yang didapat oleh user, serta rekan di dekatnya sebanyak 1.2x.
  • Crest: Crest of ??? – Crest yang kekuatannya masih misterius.

EDELGARD

  • Personal Skill: Emperor’s Lineage – meningkatkan EXP sebanyak 1.2x.
  • Crest: Minor Crest of Seiros – Crest yang dipercaya mengandung kekuatan Saint Seiros.

DIMITRI

  • Personal Skill: King’s Lineage – meningkatkan EXP sebanyak 1.2x.
  • Crest: Minor Crest of Bladud – Crest yang diwariskan oleh Bladud, salah satu anggota Ten Heroes of Fodlan.

CLAUDE

  • Personal Skill: Leader’s Lineage – meningkatkan EXP sebanyak 1.2x.
  • Crest: Minor Crest of Regan – Crest yang diwariskan oleh Regan, salah satu anggota Ten Heroes of Fodlan.

Tidak hanya Byleth dan ketiga pimpinan house, sejumlah karakter juga dibekali dengan Personal Skill dan bahkan Crest tersendiri. Mereka adalah:

HUBERT

  • Personal Skill: Strategist – mendapatkan Gambit Might +5.

DOROTHEA (seiyuu: Juri Nagatsuma)

Sebelum memasuki Officer’s Academy, Dorothea adalah penyanyi populer di ibu kota, dan ia sangat mengagumi Manuela. Di house Black Eagles, ia menjadi satu-satunya murid yang berasal dari kalangan rakyat jelata.

  • Personal Skill: Songstress – memulihkan health unit di dekatnya sebesar 10% di awal turn.

DEDUE

  • Personal Skill: Liege’s Shield – mendapatkan Def +4 untuk satu turn jika Dedue tidak melakukan action apapun.

FELIX (seiyuu: Yuichi Hose)

Murid berlidah tajam yang sering memanggil Dimitri, sahabatnya sejak kecil, sebagai “Inoshishi” (berarti “babi hutan”). Ia selalu mengasah kemampuannya dalam bermain pedang.

  • Personal Skill: Lone Wolf – memperoleh Damage +5 jika dikerahkan tanpa bantuan Battalion, atau saat health milik Battalion habis.
  • Crest: Minor Crest of Fraldarius – Crest yang diwariskan oleh Fraldarius, salah satu anggota Ten Heroes of Fodlan.

LORENZ

  • Personal Skill: Great Nobility – memperoleh Damage +2 jika dikerahkan bersama Battalion.
  • Crest: Minor Crest of Gloucester – Crest yang diwariskan oleh Gloucester, salah satu anggota Ten Heroes of Fodlan.

HILDA (seiyuu: Yuuki Kuwahara)

Putri satu-satunya Duke of House Goneril, membuatnya menjadi bangsawan yang manja. Ia sangat menyukai benda-benda yang stylish dan berkilauan.

  • Personal Skill: Persuasion – memperoleh Damage +3 ketika berada di samping unit bergender pria.
  • Crest: Minor Crest of Goneril – Crest yang diwariskan oleh Goneril, salah satu anggota Ten Heroes of Fodlan.

BATTALION

Fire Emblem: Three Houses menghadirkan fitur baru bernama Battalion, di mana nantinya gamer dapat menyewa pasukan di Knights Guild. Untuk melakukannya, pemain harus memiliki skill Authority terlebih dahulu, dan kalian bisa menyewa kelompok berbeda berdasarkan level Authority yang dimiliki. Seperti halnya unit biasa, Battalion bisa meningkatkan level dan memperoleh beragam ability jika sering digunakan dalam peperangan.

Tiap Battalion dapat merubah stats ketika dipasangkan pada satu unit, dan memungkinkan pemain untuk memakai Gambit dengan efek berbeda. Dalam setiap map, Gambit memiliki batasan pemakaian yang berbeda-beda. Berikut adalah contoh Gambit yang dapat gamer gunakan selama dalam permainan:

Lance Rush

Serangan yang akan mengenai target, serta unit lawan yang berada di samping kiri dan kanannya. Lance Rush menimbulkan efek Distress yang mengurangi ability sebesar 10%, menghentikan pergerakan, mencegah peningkatan morale, dan lain-lain.

Godspeed Preparation

Meningkatkan pergerakan unit sebesar +5 untuk satu turn. Jika beberapa unit berada dalam posisi berdekatan, efeknya bisa mencapai mereka semua. Gambit ini bisa digunakan untuk unit dengan movement yang rendah, sehingga dapat bergerak lebih jauh.

Baiting Ploy

Digunakan pada unit musuh yang berada dekat unitmu, Gambit ini memaksa lawan untuk berpindah ke area di belakang user. Berguna untuk mengusir musuh yang berada pada terrain yang menguntungkan.

Menurut info, Fire Emblem: Three Houses akan dirilis di konsol Nintendo Switch pada tanggal 26 Juli 2019. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.