Fire Emblem: Three Houses Perkenalkan Combat Arts dan Advanced Class

227

Dalam bahasan sebelumnya, gamer diajak untuk melihat Byleth sebagai staf pengajar, dalam Fire Emblem: Three Houses. Kini, melalui situs Famitsu, kalian bisa mendapatkan sejumlah info menarik lainnya. Di antaranya adalah hal yang berkaitan dengan Garreg Mach Monastery, sampai yang berhubungan dengan battle.

THE FOUR SAINT STATUES

Cathedral menjadi salah satu lokasi yang bisa pemain temukan di Garreg Mach Monastery. Di sana, gamer bisa menemui patung dari empat saint berbeda, yang dapat memberikan reward berlainan. Dengan memberikan Renown, gamer bisa meningkatkan jumlah EXP, Divine Pulse, serta memperoleh penambahan stats. Memberikan persembahan juga menaikkan EXP yang diterima Byleth ketika menjalani sesi private lesson.

CHOIR PRACTICE

Di lokasi yang sama, dengan memakai satu Activity Point, gamer dapat menjalankan satu Choir Practice setiap harinya. Untuk setiap sesinya, Byleth harus menjalankannya bersama dua murid Officer’s Academy lain. Selain meningkatkan support di antara ketiga karakter, aktivitas ini juga memberikan EXP bagi ability Faith, yang mempengaruhi White Magic.

GIVING ADVICE THROUGH ADVICE BOX

Biasanya, murid-murid Officer’s Academy menuliskan dan memajang masalah yang dialaminya (secara anonim) melalui Advice Box. Dan sebagai staf pengajar, kalian bisa memberikan saran yang dapat diterima oleh pengirimnya. Setelah memberikan jawaban, identitas penulis surat akan terungkap, dan support antara kedua karakter bakal meningkat jika saranmu memuaskan.

VISITING THE MARKET

Layaknya game lain, Fire Emblem: Three Houses menghadirkan fitur market di mana pemain bisa mendapatkan beragam item. Selain dihuni para pedagang, kalian juga bisa menemui sejumlah merchant yang menjual rare item, yang jarang ditemui di pasaran.

Salah satunya adalah Anna, gadis berambut merah yang muncul dalam semua game Fire Emblem, yang hanya menjual item langka. Ia akan muncul setelah pemain menyelesaikan quest tertentu.

THE BLACKSMITH

Dalam Fire Emblem: Three Houses, setiap senjata memiliki batas penggunaan tertentu sebelum akhirnya rusak. Meski masih bisa dipakai, Might dari senjata itu akan berkurang drastis, dan semua kemampuan khusus yang dimilikinya akan hilang. Senjata yang rusak tadi bisa diperbaiki oleh blacksmith. Tidak hanya memperbaiki, blacksmith juga bisa meng-upgrade senjata dengan bantuan Refining Stone, selama Instructor Level-mu mencukupi.

Sword of the Creator, pedang andalan Byleth, juga bisa diperbaiki di blacksmith. Tapi dengan memilih untuk beristirahat di akhir pekan, secara otomatis Durability-nya akan meningkat sebanyak 5 poin.

COMBAT ARTS
Seperti halnya Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia, Three Houses juga menampilkan fitur Combat Art. Bedanya, fitur itu kini mengonsumsi Durability (bukan HP), dan pemain tidak bisa melancarkan Follow-Up Attack. Combat Art berkaitan dengan tipe senjata tertentu, dan dapat dipelajari dengan meningkatkan level Skill.

  • Wrath Strike

Combat Art untuk senjata berjenis Sword, mengonsumsi Durability sebanyak 3 poin. Wrath Strike berfungsi meningkatkan damage sebanyak 5 poin, dan Hit Rate sebesar 10 poin.

  • Helm Splitter

Combat Art untuk senjata berjenis Axe, mengonsumsi Durability sebanyak 5 poin. Helm Splitter berfungsi meningkatkan damage sebanyak 7 poin, dan Critical Rate sebesar 5 poin.

  • Back Blow

Combat Art untuk senjata berjenis Gauntlet. Back Blow berfungsi meningkatkan damage sebanyak 6 poin, Hit Rate 10 poin, dan Evasion sebesar 30 poin. Setelah pertarungan berakhir, user akan mundur satu kotak, memungkinkan unit lain untuk maju dan mengambil posisinya.

  • Curved Shot

Combat Art untuk senjata berjenis Bow, mengonsumsi Durability sebanyak 3 poin. Curved Shot berfungsi meningkatkan Hit Rate sebesar 30 poin, serta Range sebanyak 1 poin.

ADVANCED CLASSES
Setelah sebelumnya mempelajari sejumlah Intermediate Class, kini kalian diajak untuk mengenal sejumlah Advanced Class dalam Fire Emblem: Three Houses. Untuk memakai class tersebut, kalian harus mencapai level 20 lebih dahulu, sebelum bisa menjalani (dan lulus) ujian khusus.

  • Hero

Class yang hanya dipakai oleh karakter pria. Hero dibekali skill Swordfaire (Attack +5 saat memakai Sword), dan Vantage (menyerang lebih dulu jika HP di bawah 50%).

  • Fortress

Class yang difokuskan pada defense, dengan mengorbankan speed. Fortress dibekali skill Axefaire (Attack +5 saat memakai Axe), dan Weigh -5 (mengurangi bobot total equipment sebesar 5 poin).

  • Paladin

Class yang memiliki stats yang seimbang. Paladin dibekali skill Lancefaire (Attack +5 saat memakai Axe), dan Canto (dapat kembali bergerak jika masih memiliki sisa movement point). Ia juga memiliki Terrain Resistance, imunitas terhadap terrain damage.

  • Grappler

Class yang hanya dipakai oleh karakter pria. Grappler dibekali skill Gauntletfaire (Attack +5 saat memakai Gauntlet), dan Barehanded Combat (bisa menyerang tanpa memakai senjata).

  • Warlock

Class yang andal memakai Black Magic, cocok dipakai untuk menghadapi lawan dengan defense tinggi tapi resistance-nya rendah. Warlock dibekali skill Black Magicfaire (Attack +5 saat memakai Black Magic), dan Black Magic Use x2 (menggandakan pemakaian Black Magic).

  • Bishop

Class yang andal memakai White Magic. Bishop dibekali skill White Magic Use x2 (menggandakan pemakaian White Magic), dan White Magic Recovery +10 (+10 setiap memakai healing). Ia juga memiliki Terrain Resistance, imunitas terhadap terrain damage.

Menurut info, Fire Emblem: Three Houses akan dirilis di konsol Nintendo Switch pada tanggal 26 Juli 2019. [Aseek]

Source




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.