Fire Emblem: Three Houses Perlihatkan Sisi Edukasi

222

Dalam bahasan sebelumnya, gamer diajak untuk mengenali Crest, item khusus yang dimiliki oleh sejumlah key characters, serta efeknya dalam peperangan. Dan majalah Famitsu menampilkan informasi lebih lanjut, yang kali ini difokuskan pada sisi edukasi dalam Fire Emblem: Three Houses.

FODLAN CALENDAR

Tidak hanya menjalani pertarungan, Fire Emblem: Three Houses menampilkan bagian dalam permainan yang difokuskan pada Officer’s Academy. Sebagai staf pengajar di sana, gamer ditugaskan untuk berinteraksi dengan murid-murid, dan mengembangkan kemampuan yang mereka miliki. Selama dalam permainan, kalian akan menemui dua belas season berbeda dalam setiap tahunnya. Tiap chapter akan berlangsung dalam satu season, dan gamer wajib menentukan aktivitas yang harus dijalani oleh murid-murid di Officer’s Academy.

TUTORING THE STUDENTS

Sebagai seorang pengajar, sudah menjadi tugas utama Byleth selaku protagonis utama, untuk melatih dan meningkatkan kemampuan semua siswanya. Namun, terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan, ketika kalian berperan sebagai tutor. Misalnya Instructor Actions, gauge berwana hijau di bagian atas screenshot, yang menandakan berapa kali Byleth bisa mengajar di setiap minggunya. Makin tinggi Instructor Level yang dimiliki, makin sering gamer dapat berperan sebagai guru.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah motivasi para siswa, yang diperlihatkan melalui emoticon. Makin tinggi motivasinya, makin tinggi pula prestasi yang bisa mereka capai, dan makin sering gamer bisa mengajari mereka secara privat. Sesi ini bisa dijalankan secara Auto, tapi sebaiknya kalian memiliki hubungan baik dengan sang murid lebih dahulu, untuk meningkatkan motivasinya.

Byleth bisa meningkatkan Instructor Level miliknya melalui berbagai hal, seperti berinteraksi dengan murid-murid ketika jam makan siang. Selain itu, kalian juga bisa memberikan saran yang baik, pada siswa yang datang untuk meminta pendapatmu. Dengan bertambahnya Instructor Level, maka Activity Funds yang kalian dapatkan dari sekolah juga ikut bertambah.

PERSONAL TUTORING

Fitur ini memungkinkan pemain, untuk memfokuskan pengajaran mengenai sejumlah skill spesifik pada murid tertentu. Melalui metode ini, gamer dapat membantu para murid untuk membuka ability baru, weapon rank, dan lain sebagainya. Personal Tutoring menampilkan empat hasil (Perfect, Great, Good, Bad), dan kalian bisa memuji atau memarahi mereka.

Perlu diperhatikan bahwa setiap murid memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, dan reaksimu akan mempengaruhi motivasi mereka.

PERSONAL TARGETS

Melalui fitur ini, gamer dapat menentukan tujuan bagi para murid untuk berkembang lebih baik lagi. Contohnya mempelajari beragam skill yang dibutuhkan oleh seorang magic user. Dengan begitu, kalian bisa melatih mereka untuk menguasai kemampuan khusus, atau menjadi murid yang serba bisa.

GROUP TASK

Di setiap penghujung minggu, kalian bisa memasangkan dua murid untuk bekerja sama dalam mengerjakan Group Task. Bentuknya bisa bermacam-macam, mulai dari mengurus taman atau istal, hingga menyiapkan aerial defense. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan Support, juga mengembangkan kemampuan yang mereka miliki. Jika tugas yang mereka jalankan berhasil dengan baik, kalian akan mendapat reward tersendiri.

BLOSSOMING TALENT

Sebagai seorang pengajar, Byleth dapat menolong murid-murid untuk mengatasi kekurangan mereka dalam skill tertentu. Hal ini ditampilkan dalam bentuk tiga bintang, di samping skill yang menjadi kelemahan sang murid. Melalui berbagai metode, gamer bisa “mengisi” ketiga bintang tadi sehingga menjadikannya skill yang sempurna.

INTERMEDIATE CLASSES
Sebelumnya, gamer sudah mengenal sejumlah class dasar yang bisa digunakan. Nantinya, setelah satu unit mencapai Level 10, mereka bisa menggunakan sejumlah intermediate class berikut ini. Tapi sebelum itu, dibutuhkan Intermediate Exam Pass dalam Qualification Exam sebelum bisa berganti class.

  • Mercenary

Class yang unggul dalam hal Power dan Speed, memudahkan Mercenary untuk meningkatkan beragam skill dalam memakai Sword dan Axe.

  • Cavalier

Class yang seimbang dalam berbagai bidang, cocok digunakan untuk taktik hit-and-run. Cavalier memiliki skill Canto, yang memungkinkan mereka bergerak jika masih memiliki movement point yang tersisa.

  • Brigand

Class yang dibekali dengan HP serta Power yang tinggi, andal dalam menggunakan Axe maupun Gauntlets.

  • Gladiator

Class khusus untuk kaum pria, yang mampu melumpuhkan lawan dengan cepat dengan memakai Gauntlet. Gladiator memiliki skill Barefisted Combat, yang bisa melancarkan melee attack meski tanpa memakai senjata.

  • Mage

Class yang mampu menggunakan magic, yang bisa mengenai lawan meski memiliki defense tinggi. Mage memiliki skill Fire, yang dapat menyerang dengan elemen api. Jika unit sudah mempelajarinya, skill ini memungkinkan mereka untuk memakai Fire dua kali.

  • Dark Mage

Class khusus kaum pria. Selain Intermediate Exam Pass, dibutuhkan Dark Magic Exam Pass sebelum bisa memakainya. Dark Mage memiliki skill Miasma Delta, serta Hex yang bisa mengurangi stats Avoid milik musuh sebesar 20 poin.

Menurut info, Fire Emblem: Three Houses akan dirilis di konsol Nintendo Switch pada tanggal 26 Juli 2019. [Aseek]

Source




One thought on “Fire Emblem: Three Houses Perlihatkan Sisi Edukasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.