Firewatch – A damn good example of a “story-driven game”

1478

Beberapa tahun lalu, kualitas sebuah game bisa dilihat dari sedahsyat apa visual yang ditampilkannya atau dari banyaknya aksi tingkat tinggi yang disertakan ke dalamnya. Tetapi dewasa ini, dengan semakin berkembangnya pola pemikiran gamer, kebutuhan akan permainan yang dilengkapi dengan storyline berkualitas menjadi salah satu hal yang berkembang di dunia gaming. Hal tersebut dibuktikan dengan makin banyaknya kalangan yang menikmati story-driven game, alias judul-judul yang mengutamakan cerita ketimbang aksi atau kualitas grafik.

Contohnya adalah Until Dawn yang dirilis tahun 2015 lalu, yang mampu memperoleh kesuksesan karena berhasil menampilkan nuansa horor ala film-film teen horror dalam sebuah game berkat penceritaan yang baik – ditampilkan lewat dialog-dialog berkualitas yang dibawakan oleh para voice actor/actress kenamaan. Dan kini, hal serupa bisa kalian temukan dalam sebuah permainan dengan tema unik berjudul Firewatch yang sudah dirilis di bulan Maret lalu. Apa sih yang membuat game ini disukai sehingga membuat hampir semua gaming media memberikan nilai yang tinggi? Then let’s find out together, shall we?

Screen Firewatch 01

Building a Relationship
Dalam Firewatch, kalian akan bermain sebagai penjaga hutan bernama Henry yang ditugaskan di kawasan Shoshone National Forest. Tugas yang diembannya adalah menjaga keamanan di hutan tempatnya berada, sebuah tugas yang terkadang membosankan karena (kecuali dalam keadaan genting) tidak ada hal menarik yang dapat gamer temui. Satu-satunya teman yang mendampingi kalian adalah suara Delilah, petugas di menara lain yang sering berbincang-bincang dengannya. Satu hal yang menarik adalah: percakapan antara sang protagonis dengan Delilah ternyata mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap permainan!!

Setiap kali jagoanmu menjelajahi hutan dan menemukan beragam hal menarik, tergantung dari apakah gamer memberitahukan hal tersebut pada rekanmu atau tidak, kalian akan menemui ending yang berbeda-beda. Sesering apa gamer menjalani percakapan dengan Delilah, termasuk pilihan respon yang digunakan untuk menjawab atau mengomentari ucapannya, juga berpengaruh pada hubungan antara keduanya. Dan hal itu bisa dibawakan dengan baik melalui obrolan yang terjadi antara kedua karakter tersebut yang cukup menarik untuk disimak lho.

Screen Firewatch 04

Berawal dari percakapan standar mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan, lambat laun obrolan yang terjalin antara Henry dan Delilah menjadi semakin akrab seiring dengan berjalannya waktu. Mulai dari pertanyaan Delilah mengenai bagaimana Henry bertemu dengan istrinya, yang kini menderita penyakit Alzheimer, kehadiran beragam lelucon yang menyertai percakapan mereka, sampai dengan sedikit flirt yang terjadi di antara keduanya. Semuanya dibawakan secara natural sehingga lambat laun jawaban dari setiap percakapan mengalir secara natural selayaknya jawaban yang kalian gunakan sewaktu mengobrol dengan orang lain, bukan memilih jawaban mana yang bisa memberikan hasil yang terbaik. Apalagi didukung dengan voice acting yang cukup mantap, semua percakapan yang terjadi dalam Firewatch tidak terasa mengganggu permainan, tetapi justru menjadi salah satu bagian utama yang dinantikan kehadirannya oleh kalangan gamer.

Yang menarik, karena gamer juga dapat memilih untuk mengindahkan segala bentuk percakapan dengan Delilah, hal itu ternyata memiliki dampak yang sangat signifikans. Sebagai contoh, sewaktu Henry menjalani percakapan yang bersifat wajib, jawaban yang dilontarkan Delilah bisa saja sangat singkat alias seperlunya saja, bahkan komentar-komentar yang dilontarkan saat kita melaporkan beragam peristiwa terdengar suram. Puncaknya, mungkin Delilah akan menyayangkan bahwa Henry – alias gamer – tidak bersedia bersahabat dengannya, dan hal tersebut akan membuatmu merasa menjadi seorang bad guy. And trust me, it gave you an awful feeling.

Firewatch_20160204010357

A Walk in the Woods
Di samping bercakap-cakap dengan Delilah, tugas lain yang harus kalian jalani dalam Firewatch ialah menjelajahi hutan (dan area sekitarnya) yang jadi wilayah kekuasaanmu. Dan jujur saja, tugas satu ini bisa jadi sangat membosankan karena – seperti yang telah disinggung sebelumnya – hampir tidak ada peristiwa menegangkan, setidaknya menarik, yang akan kalian temui di sepanjang perjalanan. Well, kecuali peristiwa-peristiwa yang sudah di-scripted ke dalam permainan tentunya, misalnya kebakaran hutan, yang menjadi salah satu event penting dalam Firewatch.

Beragam tugas yang harus kalian jalani sewaktu menjelajahi wilayah kekuasaanmu sangat simpel, seperti menyelidiki kembang api yang dinyalakan secara ilegal oleh dua gadis remaja, putusnya jalur komunikasi (karena kabelnya diputus seseorang), dan lain sebagainya. Tanpa diselingi percakapan dengan Delilah, bisa dipastikan kalau perjalanan kalian dari poin A ke poin B sangat membosankan karena di samping jaraknya cukup jauh, tidak banyak hal menarik yang dapat gamer jumpai. So, jika selama ini kalian tidak pernah mengindahkan percakapan yang dilakukan oleh Delilah, maka bersiap-siaplah untuk merasa bete!!

Screen Firewatch 07

Gamer yang menyukai permainan bertempo cepat pasti tidak akan menyukai Firewatch, karena game ini membangun nuansa suspens secara perlahan-lahan. Setelah menghabiskan permainan selama beberapa waktu tanpa ada hal yang berarti, gamer mulai dihadapkan pada beragam misteri yang menyelimuti wilayah tempatmu berada. Mulai dari laporan dari Delilah mengenai seseorang yang ada di menaramu sementara kalian sendiri sedang berpatroli, ditemukannya sebuah rekaman berisi percakapan antara keduanya yang berencana menakuti kedua gadis remaja tadi karena sangat tidak sopan terhadap Henry, hingga penemuan sesosok mumi di dalam gua terpencil!!

Semakin jauh kalian bermain, nuansa misteri yang terdapat dalam Firewatch jadi semakin kentara sehingga mampu memberikan pengalaman bermain yang seru. Namun untuk itu, gamer harus mau bertahan menjalani bagian awal permainan yang dipenuhi oleh beragam hal yang mungkin mampu membuat sebagian besar gamer merasa bosan. Bisa dikatakan kalau Firewatch merupakan jenis game yang menghadiahi kesabaran gamer dalam menjalani tiap tahapan dalam permainan.

Screen Firewatch 12

Afterthought
Sebagai sebuah story-driven game, pihak developer memang tidak memfokuskan permainan pada aksi-aksi bertempo cepat yang menegangkan, atau pada kehadiran hal-hal yang menyeramkan yang sanggup membuat bulu kuduk berdiri. Tapi melalui penyampaian cerita yang menarik lewat interaksi antara Henry dan Delilah, Firewatch sanggup memberikan sebuah kisah yang tidak hanya seru tapi menarik untuk disimak.

Overall Score: 8/10

Publisher: Panic
Developer: Campo Santo
Genre: Adventure
Release: Februari 2016
Platform: PC, PlayStation 4




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.