Game Arcade Beat ‘Em Ups Terbaik

519

 

Beat ’em up menjadi salah satu genre yang sempat merajai platform Arcade di masa lalu, dan memberikan kontribusi besar dalam perkembangan dunia gaming. Dan di tangan sejumlah developer yang kreatif, beberapa game berikut ini mampu menampilkan permainan yang lebih menarik dan tidak hanya menyajikan aksi baku hantam saja!!

 

Golden Axe: The Revenge of Death Adder
Publisher: Sega, 1992

Game - Golden Axe Revenge 07

Sequel dari Golden Axe pertama ini ternyata mampu menghadirkan permainan yang jauh lebih baik dibanding game pertamanya. Hal tersebut bisa dimungkinkan berkat pemakaian Mega 32 hardware yang mampu menghasilkan tampilan yang lebih baik, serta character sprite yang lebih besar dan lebih mendetail. Game ini mengisahkan tentang perjuangan 4 warrior baru yakni Stern Blade, Dora, Trix dan Goah, dalam melawan Death Adder yang hidup kembali dan berusaha menguasai dunia. TRODA menampilkan banyak fitur yang tidak ditemui dalam game-game Golden Axe sebelumnya, seperti munculnya rute yang dapat dipilih di sejumlah poin dalam permainan dan memiliki rintangan berbeda, yang tentunya memberikan replay value tersendiri. Tidak hanya itu, game ini juga menampilkan magic system yang diperbarui, serta kemampuan untuk memakai senjata milik musuh (utamanya ballista dan catapult) bahkan ketika menunggangi bizarrian sekalipun. Bisa dikatakan kalau TRODA merupakan game Golden Axe yang paling mantap!!

 

Cadillacs and Dinosaurs
Publisher: Capcom, 1993

Game - Cadillacs & Dinosaurs 03

Cadillacs and Dinosaurs dapat dikatakan sebagai salah satu beat ’em up yang paling sukses di platform Arcade. Gameplay yang disajikan memang tidak jauh berbeda dengan game-game lainnya, di mana kalian hanya perlu memainkan jagoanmu untuk melewati setiap stage sambil menghajar semua musuh yang mendiaminya. Ada 4 karakter yang bisa dipilih dan memiliki kemampuan berbeda-beda yakni yakni Jack Tenrec, Hannah Dundee, Mustapha Cairo dan Mess O’Bradovich. Layaknya game-game sejenis lainnya, setiap karakter dibekali dengan serangan standar untuk mengalahkan musuh seperti pukulan, dash attack, special moves, dan bahkan team-attack ketika bermain bersama teman. Tidak hanya itu, gamer juga dapat menggunakan beragam objek maupun sejumlah senjata selama dalam pertarungan. Namun fitur yang paling mantap dari Cadillacs and Dinosaurs adalah pergerakan setiap karaker yang benar-benar smooth dan cukup cepat, sehingga membuat para pemainnya mampu menikmati flow pertarungan dengan baik.

 

Metamorphic Force
Publisher: Konami, 1993

Game - Metamorphic Force 01

Untuk mengalahkan si jahat Evil One yang berusaha menguasai dunia, dewi Athena pun mengutus keempat ksatrianya yang dibekali dengan kemampuan untuk berubah wujud; itulah premis utama yang dihadirkan oleh Metamorphic Force. Di awal permainan kalian bisa memilih satu dari 4 karakter untuk dimainkan yakni Claude, Max, Ivan serta Ban, dan dengan mengambil power-up tertentu maka jagoanmu dapat berubah wujud menjadi binatang (dinamakan Beast Mode) yang mempunyai kekuatan lebih dahsyat. Dalam mode ini health milikmu bakal terus berkurang, kecuali jika kalian terus mengambil power-up untuk menambah health gauge, dan jika sudah habis maka jagoanmu bakal berubah kembali ke wujud manusia atau mati. Yang menarik, selama dalam pertarungan kalian dapat memukuli musuh yang terkapar di tanah untuk menambah damage. Dan adegan ini tentu terlihat lebih menarik ketika dilakukan bersama 3 player lainnya (beberapa cabinet memungkinkan 4 pemain untuk bermain secara bersamaan), apalagi ketika musuh yang kalian keroyok adalah boss character!!

 

Night Slashers
Publisher: Data East, 1993

Game - Night Slashers 01

Jarang rasanya menemukan game beat ’em up bernuansa horor, dan hal itulah yang menjadi kelebihan dari Night Slashers buatan Data East. Terdapat 3 karakter yang dapat gamer mainkan di mana masing-masing memiliki kemampuan tersendiri, yakni Christopher yang all around, Jake yang gerakannya lambat namun memiliki atack power besar, serta Hong Hua yang lemah namun mempunyai agility tinggi. Selain memakai combo attack, setiap karakter juga dibekali dengan beragam move set yang bisa digunakan untuk mengalahkan musuh seperti aerial attack, special attack, hingga elemental attack yang akan mengenai semua musuh layar. Semua itu sangat berguna dalam mengalahkan lawan-lawanmu yang terdiri dari makhluk-makhluk undead seperti zombie, werewolf, mummy, golem, grim reaper, dracula dan masih banyak lagi. Night Slasher juga menghadirkan tingkat gore yang cukup kental untuk ukuran game Arcade, di mana hampir semua musuhmu akan meleleh begitu dikalahkan. Dan uniknya, jika bermain sendirian, kalian dapat menyaksikan ending yang berbeda untuk setiap karakter lho.

 

Alien vs. Predator
Publisher: Capcom, 1994

Game - Alien vs Predator 05

Melalui game ini Capcom berhasil mempertemukan dua franchise paling poluler di dunia dalam sebuah permainan yang sangat menarik untuk dicoba. Di sini kalian dapat memilih untuk bermain sebagai karakter manusia (Dutch Schaefer dan Linn Kurosawa) atau Predator (Predator Hunter dan Warrior), yang memiliki stats berlainan sehingga memerlukan taktik yang berbeda dalam memainkannya. Fitur paling menarik dari AVP adalah banyaknya jumlah musuh yang dapat kalian hadapi selama dalam permainan, bahkan mereka sering muncul dalam beberapa variasi (serta ukuran) yang dibekali dengan kemampuan berbeda, sehingga jari-jarimu bakal terus sibuk menekan berbagai tombol untuk menghabisi para alien yang menyerang!! Dan agar pertarungan terasa lebih menarik, Capcom menyertakan beragam serangan unik bagi setiap karakter plus kemampuan untuk memakai personal weapon dengan amunisi tak terbatas (namun bisa mengalami overheat), plus sejumlah besar objek yang bisa digunakan untuk menghabisi para alien. Mulai dari pipa besi, Disc, Flamethrower, hingga Smart Gun!!

Armored Warriors
Publisher: Capcom, 1994

Game - Armored Warriors 05

Lebih dikenal dengan judul Powered Gear di Jepang, game ini menampilkan tema yang cukup menarik yakni: mecha. Di awal permainan, kalian dapat memilih satu dari 4 mecha untuk dimainkan (Blodia, Reptos, Guldin dan Fordy) lalu mengendalikannya untuk melewati beragam stage yang tersedia dan mengalahkan beragam musuh. Hanya tersedia 3 tombol yang gamer digunakan selama dalam permainan yakni menyerang, melompat dan menembakkan senjata. Yang menarik, Armored Warriors menyediakan fitur customization di mana dengan mengalahkan musuh tertentu, kalian dapat memperoleh part bagi tangan, kaki maupun senjata. Sebagai contoh, dengan memakai Blade Arm maka seranganmu akan berubah menjadi tebasan, sementara memakai kaki tipe Insect yang tajam memungkinkan mecha-mu untuk menginjak lawan. Dengan banyaknya part yang bisa ditemukan selama dalam permainan, maka pemain dapat memadu-padankan beragam part untuk menciptakan mecha terkuat sesuai dengan gaya bermain mereka masing-masing.

 

Dungeon Magic
Publisher: Taito, 1994

Game - Dungeon Magic 02

Dalam game ini kalian dapat memilih satu dari 4 karakter yang memiliki kemampuan berbeda yakni Ash yang bertarung memakai pedang, Gren si petarung tangan kosong, pemanah ulung Cisty, dan Vold yang handal memakai magic spell. Keunikan yang dimiliki oleh Dungeon Magic terletak pada level permainannya di mana terdapat banyak ruangan yang bisa lewati untuk menyelesaikan satu skenario, dan beberapa diantaranya akan membawamu pada special weapon yang sangat berguna bagi karaktermu!! Banyaknya rute yang diambil mampu menarik minat gamer untuk mengulangi permainan dan mencoba ruangan-ruangan yang tidak pernah mereka lalui sebelumnya. Dungeon Magic juga menyertakan sedikit elemen RPG di mana jagoanmu dapat memperoleh level up untuk meningkatkan kemampuannya, tergantung dari berapa banyak musuh yang dikalahkan serta item yang diambil. Hal ini mendorong pemain untuk mencari dan mengalahkan musuh lebih banyak agar karakter yang dimainkan menjadi sulit untuk dikalahkan. It’s a simple yet fun game.

 

Guardians – Denjin Makai II
Publisher: Winkysoft, 1995

Game - Guardians 06

Melengkapi setiap karakter dengan sejumlah move set yang bisa digunakan untuk mengalahkan musuh menjadi fitur standar dalam game-game bergenre beat ’em up. Namun Guardians (dikenal dengan judul Denjin Makai II di Jepang) mampu menghadirkan combo system yang lebih kompleks!! Dalam game ini kalian dapat memilih satu dari 8 karakter berbeda yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri, sehingga membutuhkan sedikit perbedaan dalam memainkannya. Dan tiap karakter dibekali dengan 6 special combo yang bisa digunakan untuk menghajar musuh; beberapa diantaranya diaktifkan dengan jalan menekan kombinasi tombol tertentu, sementara sisanya dilakukan dengan menahan satu tombol plus menggerakkan joystick. Perlu diperhatikan bahwa pemakaian keenam jurus mengonsumsi power meter bahkan health meter milik karaktermu. Ditambah dengan hadirnya jurus-jurus yang bisa digunakan ketika karaktermu membanting lawan atau menggunakan senjata (biasanya pedang), gamer akan menemui banyak sekali variasi serangan yang bisa dilancarkan selama dalam pertarungan!!

 

Dungeons & Dragons: Shadow Over Mystara
Publisher: Capcom, 1996

Game - Dungeons & Dragons 02

Dungeons & Dragons: Tower of Doom menjadi salah satu judul beat ’em up yang terkenal karena menyertakan elemen RPG ke dalam permainan, namun game keduanya yakni Shadow Over Mystara mampu mengembangkan semua fitur yang ada lebih jauh lagi. Pertama, game ini menyertakan lebih banyak karakter yang bisa dipilih dan memiliki kelebihan serta kelemahan tersendiri, sehingga dibutuhkan strategi berbeda dalam memainkannya. Contohnya Thief yang cukup lemah dan tidak bisa meng-equip perisai, namun sangat lincah dan mampu melakukan wall jump serta mendeteksi jebakan. Di samping itu, hanya itu, setiap karakter dibekali beragam jurus unik yang bisa digunakan dalam pertarungan, serta combo system unik di mana kita bisa meng-cancel satu serangan menjadi serangan lain untuk menciptakan combo attack yang dahsyat!! Shadow Over Mystara juga memiliki replay value yang tinggi karena selama dalam permainan, kalian dapat menemukan lebih banyak pilihan rute yang bisa diambil, masing-masing menghadirkan jenis musuh serta rintangan yang berbeda.

 

Battle Circuit
Publisher: Capcom, 1997

Game - Battle Circuit 02

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau Capcom menjadi developer yang paling rajin mengembangkan permainan beat ’em up melalui game-game ciptaannya. Diantaranya adalah Battle Circuit, yang menampilkan aksi pertarungan bertempo cepat. Seperti biasa, tugasmu dalam game ini adalah mengendalikan karaktermu untuk menjelajahi setiap stage sambil menghajar semua musuh. Yang menarik, game ini menghadirkan nuansa humor yang membuat permainan terasa lebih segar, diantaranya dari ceritanya yang terkesan nyeleneh serta serangan beberapa karakter yang nampak wacky dan absurd – misalnya Captain Silver yang bisa merubah tubuhnya menjadi senjata-senjata aneh. Selain itu Battle Circuit juga menampilkan fitur upgrade yang menarik. Pertama, dengan mengaktifkan power-up Battle Download, setiap karakter bakal mendapatkan buff berbeda yang mampu memperkuat dirinya dalam cara yang berlainan. Lalu di akhir setiap stage, kalian dapat memakai uang yang diperoleh untuk membeli special moves baru maupun upgrade lain. Menarik, bukan?

 

OTHER NOTABLE GAMES

• Captain Commando

Other - Captain Commando 04

Captain Commando hadir sebagai game beat ’em up yang mantap karena mampu memadukan aksi pertarungan yang seru, dengan kualitas visualnya yang menarik. Apalagi game ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi namun tidak sampai membuat frustasi, kecuali saat melawan final boss character yang sangat tangguh, sehingga para pemain selalu dibuat penasaran untuk melanjutkan permainan ketika karakter mereka mati. Jajaran karakter yang bisa dimainkan juga nampak unik – utamanya si bayi jenius Baby Head yang bertarung menaiki robot!!

 

• Final Fight

Other - Final Fight 01

Rasanya tidak berlebihan jika dikatakan bahwa Final Fight merupakan beat ’em up paling populer dalam sejarah gaming. Saking terkenalnya, bukan hanya ketiga tokoh utama saja (Guy Haggar, Cody) yang dikenal oleh gamer tapi juga sejumlah musuh seperti Andore, Rolento dan Poison!! Aksi pertarungan yang intens menjadi fokus utama dalam Final Fight ini, di mana kecepatan tangan kalian dalam menekan tombol attack akan diuji agar dapat mengalahkan semua musuh dengan cepat.

 

• Knight of the Round

Other - Knight of the Round 02

Game yang mengisahkan tentang legenda King Arthur ini cukup menarik untuk dimainkan. Bermain sebagai Arthur, Lancelot atau Percival, pemain bertugas melewati sejumlah stage sambil mengalahkan semua musuh yang ada plus boss character yang menanti di akhir setiap level. Knight of the Round memungkinkan setiap karakter untuk berkembang di mana setiap mendapatkan level up, jagoanmu bakal mendapatkan armor maupun senjata yang lebih kuat. Dan di beberapa poin, kita juga bisa bertarung sambil menunggang kuda lho.

 

• Ninja Baseball Bat Man

Other - Ninja Baseball Bat 02

Apakah kalian menyukai dengan permainan beat ’em up yang bernuansa lucu? Jika begitu Ninja Baseball Bat Man menjadi game yang wajib kalian mainkan karena di samping menghadirkan aksi baku hantam yang menantang, nuansa permainannya sarat dengan hal-hal yang unik dan lucu. Terutama desain karakter yang unik hingga musuh-musuh yang bentuknya nyeleneh; mulai dari pesawat anthropomorphic, bola dan sarung tangan baseball, dan masih banyak lagi.

 

• The Punisher

Other - The Punisher 03

Walau tidak seheboh Alien vs. Predator namun The Punisher juga menampilkan pertarungan yang intens, di mana terdapat banyak musuh yang harus dihadapi oleh Punisher dan Nick Fury dalam setiap levelnya. Karena itu, selama dalam permainan terdapat banyak senjata yang bisa digunakan untuk menghabisi lawan dengan cepat. Yang menarik, ketika berhadapan dengan musuh yang membawa senjata api, secara otomatis jagoanmu akan memakai pistolnya untuk menembaki lawan!!

 

01 - Art Coolest Beat 'Em Up 02

Did You Know?

  • TRODA menjadi satu-satunya game Golden Axe yang menampilkan magic yang sifatnya non-destruktif, di mana magic milik Little Trix menumbuhkan pohon apel yang bisa memulihkan health.
  • Dalam AVP terdapat satu boss bernama Mad Predator yang tubuhnya disusupi oleh Chestburster. Hal serupa bisa kalian temui dalam ending dari film Alien vs. Predator di tahun 2004.
  • Penamaan setiap karakter yang menyertakan warna dalam Battle Circuit (Cyber Blue, Captain Silver, Alien Green) merupakan referensi bagi seri super sentai.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.