Game Pokemon Membuat Saham Nintendo Melejit Pesat

348

Sejak diluncurkan di Amerika Serikat pekan lalu, Pokemon Go langsung merangsek ke posisi papan atas daftar game paling populer. Jutaan orang sudah mengunduh game ini dan data menunjukkan Pokemon Go mengalahkan popularitas aplikasi kencan di Amerika.

Di Amerika Serikat, pada 8 Juli atau dua hari setelah rilis, game itu sudah diinstal pada lebih dari 5 persen dari perangkat Android di negara itu, menurut perusahaan riset SimilarWeb.

Bahkan, Pokemon GO sudah mengalahkan kepopuleran aplikasi kencan Tinder. Permainan itu juga dimainkan rata-rata 43 menit sehari, waktu yang lebih banyak dari penggunaan WhatsApp atau Instagram.

Akibat kesuksesan game ini, harga saham Nintendo harga saham melonjak naik tajam lebih dari 20% pada Senin kemarin, dan kemudian melonjak kembali sebanyak 16% membuat saham naik sebesar 56% secara keseluruhan sejak penutupan Jumat pekan lalu – di hari game ini diluncurkan.

Pokemon GO mungkin tidak memberikan pengaruh langsung ke Nintendo: karena gratis dan Nintendo bukanlah satu-satunya investor atau pencipta game itu.

Permainan itu sendiri diciptakan oleh Niantic dan Pokemon Company. Nintendo memiliki sepertiga dari Pokemon Company dan keduanya memiliki saham yang dirahasiakan di Niantic, yang telah mengembangkan permainan augmented reality serupa, multi-player game pada 2012.

Beberapa analis telah optimistis tentang potensi menghasilkan uang untuk Pokemon GO, sebagian besar dari pembelian kecil dibuat saat bermain – dan tanda-tanda positif untuk rencana peluncuran game mobile lainnya pada 2016 dan 2017.

Tetapi yang lain memperingatkan bahwa masih ada tanda tanya besar apakah Pokemon GO akan mampu menghasilkan jenis kegembiraan berkelanjutan yang secara signifikan akan meningkatkan pendapatan Nintendo – terutama mengingat bahwa perusahaan sekarang harus bersaing dengan penguatan tajam yen.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.