Gamesiklopedia – Industrial Revolution

576

Industrial Revolution jadi salah satu peristiwa terbesar dalam sejarah, berlangsung dari tahun (kira-kira) 1760 hingga 1840. Dalam era ini terjadi peralihan di bidang manufacturing, dari cara tradisional menuju pemakaian mesin-mesin yang lebih canggih. Hal tersebut tentu membawa perubahan yang signifikans pada kehidupan umat manusia sehari-hari, salah satunya bisa dilihat dari meningkatnya pendapatan seseorang dan adanya lonjakan populasi di hampir semua tempat. Dan dengan bertambahnya income yang diterima oleh seseorang, maka (menurut sejumlah ahli) untuk pertama kalinya sejarah mencatat terjadinya peningkatan standar hidup secara konsisten.

Art AC Syndicate 10

It All Began Here
Menurut catatan sejarah, Industrial Revolution berawal dari Great Britain, kemudian menyebar ke wilayah Eropa Barat dan Amerika Serikat dengan cepat hanya dalam kurun waktu dua dekade saja. Melalui perkembangan teknologi dalam sejumlah bidang penting dalam bidang industri (silakan baca “Technological Development”), terjadi perubahan dalam pola hidup di mana jika sebelumnya orang-orang menjadi pekerja di bidang agrikultur – baik menggarap tanah sendiri atau milik orang lain, kini sebagian petani atau penduduk menjadi produsen dengan membuat beragam produk di rumahnya sendiri – utamanya pemintalan atau penenunan. Selain itu, masalah pangan dan malnutrisi yang biasanya dialami oleh negara-negara besar seperti Inggris dan Prancis perlahan-lahan dapat diatasi berkat kualitas dan juga kuantitas bahan makanan, dipengaruh oleh kemunculan mesin-mesin atau beragam penemuan di bidang agrikultur.

Art Industrial Revolution 03

Walaupun disebutkan bahwa Industrial Revolution mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, namun kenyataannya hanya kalangan menengah ke atas saja yang dapat menikmatinya. Di satu sisi, beragam industri yang ada di London memang mengalami peningkatan yang signifikans sehingga kebutuhan akan sumber daya manusia pun meningkat. Namun di sisi lain, persaingan antara setiap industri – terutama yang berjalan di bidang yang sama – ikut meningkat, sehingga para pemilik pabrik biasanya hanya memikirkan cara untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dan menekan pengeluaran sebesar mungkin. Jadi meski peluang untuk mendapatkan pekerjaan di beragam pabrik terbuka lebar, kebanyakan pegawai harus bekerja dalam kondisi yang ketat dan biasanya melibatkan waktu kerja yang lama, sementara pendapatan mereka tidak mampu mencukupi kebutuhan minimum. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan akan sumber daya manusia, sejumlah pabrik pun mempekerjakan anak-anak sebagai pegawainya di mana mereka harus melakukan beragam tugas yang cukup berat.

Art Industrial Revolution 05

Ternyata selain menghasilkan efek yang positif, Industrial Revolution juga membawa dampak negatif di mana terjadinya kesenjangan sosial yang sangat kentara menyebabkan terjadinya peningkatan dalam hal tindak kejahatan. Biasanya hal ini disebabkan oleh desakan kebutuhan yang dialami oleh masyarakan kelas bawah, sehingga memaksa mereka untuk mengambil cara apapun demi memenuhinya. Contohnya, seperti yang bisa kalian simak pada bahasan “Welcome to London”, adalah pola hidup masyarakat yang mendiami distrik kumuh Whitechapel di mana kebanyakan dari mereka berprofesi sebagai pengemis, pencuri, PSK dan lain sebagainya.

In Syndicate Perspective
Dalam Assassin’s Creed Syndicate, Industrial Rvolution menjadi masa kegelapan untuk Assassin Order karena hampir semua anggotanya musnah di tangan ordo Templar. Harapan terakhir mereka ada pada Jacob dan Evie Frye, yang datang ke London untuk membebaskan kota tersebut dari cengkraman Templar Order. Seperti apa perjuangan dua saudara kembar ini? Nantikan saja perilisan game-nya!!

Industrial Revolution Notable Figures

• George Stephenson

Notable Figures - George Stephenson 01

George Stephenson merupakan seorang insinyur sipil dan insinyur mesin yang membuat jalur kereta api antarkota pertama (Liverpool dan Manchester Railway) yang memakai lokomotif uap. Bahkan ukuran rel yang ia kembangkan, disebut “Stephenson gauge”, jadi ukuran standar bagi sebagian besar rel kereta api standar di dunia. Karena itulah ia mendapat julukan “Father of Railways”.

 

• James Watt

Notable Figures - James Watt 01

Rasanya tidak ada seorangpun yang tidak mengenal James Watt, orang yang menciptakan mesin uap, meski sebenarnya prestasinya ialah menyempurnakan mesin uap yang dibuat oleh Thomas Newcomen. Walau begitu, desainnya memiliki banyak sekali kelebihan (terutama efisiensi tenaga) sehingga produk ciptaannya sangat berguna bagi kehidupan manusia, terutama selama era Industrial Revolution.

 

• Jethro Tull

Notable Figures - Jethro Tull 01

Dalam bidang pertanian, nama Jethro Tull dikenal sebagai orang yang membantu terjadinya British Agricultural Revolution. Beragam ciptaannya mampu memajukan teknologi pertanian (seperti alat penyemai benih serta bajak yang ditarik oleh kuda) terbukti mampu meningkatkan hasil panen yang didapatkan, sehingga dijadikan sebagai dasar untuk agrikultur modern – hingga sekarang ini.

 

• Richard Arkwright

Notable Figures - Richard Arkwright 01

Di awal era Industrial Revolution, nama Sir Richard Arkwright dikenal sebagai pencipta mesin pemintal benang (baik dari kapas maupun wool), yang berhasil memadukan tenaga, mesin, tenaga kerja serta bahan mentah untuk menghasilkan benang. Hal tersebut membuat namanya tercatat dalam sejarah sebagai pencetus sistem pabrik modern sekaligus “Father of the Industrial Revolution”.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.