by Fitra in
Games News Reviews

Gim legendaris, Shenmue II hari ini resmi berusia 20 tahun sejak pertama kali dirilis oleh Dreamcast pada tanggal 6 September 2001 di Jepang. Beberapa bulan kemudian, Shenmue II hadir di wilayah Eropa tepatnya tanggal 23 November dan gim legendaris ini hadir di Xbox secara eksklusif wilayah Amerika Utara di bulan Oktober tahun berikutnya.

Bagi anak-anak generasi 80 sampai 90-an mungkin sudah nggak asing dengan serial gim yang satu ini. Shenmue II merupakan salah satu gim dari serial Shenmue dan menjadi gim yang dirilis terakhir oleh Dreamcast sebelum akhirnya diambil alih oleh SEGA.

Gim aksi petualangan ini kemudian semakin dikembangkan dan diterbitkan oleh SEGA . Awal mulanya Shenmue merupakan film yang disutradarai, diproduksi dan ditulis oleh Yu Suzuki. Shenmue generasi pertama kemudian hadir pada tahun 1999.

BACA JUGA:

Pada 2001 Shenmue hadir dengan generasi kedua atau yang disebut dengan nama Shenmue II. Gim ini menyempurnakan gim selanjutnya dengan ambisi yang begitu nyata. Ryo Hazuki tokoh dalam gim memilih untuk berpetualang di Hong Kong demi mencari siapa pembunuh ayahnya yakni Lan Di.

Ryo Hazuki tak hanya sebagai detektif, ia juga seorang seniman bela diri. Perjalanannya membawa Ryo ke Kowloon dan pegunungan Guilin di Hong Kong di mana ia kemudian bertemu dengan seorang gadis yang merupakan bagian dari takdirnya selama ini.

Pada saat itu, vidio gim Shenmue II bersama dengan Shenmue generasi pertama adalah vidio gim paling mahal yang pernah dikembangkan pada saat itu. Shenmue II sendiri menerima banyak ulasan positif untuk alur cerita dan masuk ke dalam daftar gim terbaik sepanjang masa. Pada tahun 2018, pengembang sekaligus penerbit SEGA merilis Shenmue dan Shenmue II untuk tersedia ke dalam berbagai platform.

Tahun berikutnya yakni 2019, Shenmue III dirilis oleh penerbit Deep Silver dan dikembangkan oleh perusahaan Yu Suzuki Net setelah kampanye penggalangan dananya begitu sukses. Untuk Shenmue III hanya tersedia pada platform PC dan PS 4. Sementara Shenmue II hadir dalam platform Xbox, PC, Xbox One dan PS 4.

Jadi selamat ulang tahun untuk Shenmue II. Terima kasih telah menemani selama 20 tahun ini. Nah bagaimana tanggapanmu dengan Shuenmue II? Kira-kira bagian apa yang paling kamu sukai?

Share Post:

Related Posts