Hillary Clinton Bantah Pernyataan Trump Soal Kekerasan Dalam Game

113

Tanggal 3 Agustus lalu, terjadi insiden penembakan massal di pusat perbelanjaan Walmart di kota El Paso, Texas. Sang pelaku, Patrick Wood, menembaki para pengunjung sehingga menyebabkan lebih dari 22 orang meninggal, dan puluhan lainnya terluka. Menanggapi masalah ini, Presiden Amerika Donald Trump menyalahkan video game, sebagai pemicu menjamurnya tindak kekerasan. Namun, pernyataan tersebut dibantah oleh Hillary Clinton selaku Menteri Luar Negeri Amerika Serikat.

Melalui akun Twitter resminya, Hillary Clinton menulis bahwa hampir sebagian besar penduduk Bumi memainkan game, tetapi yang membedakannya adalah senjata.

Cuitan tersebut seolah membuktikan bahwa video game, utamanya yang bernuansa kekerasan, dapat ditemukan di berbagai belahan dunia. Namun, sedikit sekali negara yang mengalami insiden penembakan massal, seperti yang terjadi di Amerika Serikat. Padahal, rasisme dan mudahnya mendapatkan senjata api di Negeri Paman Sam, menjadi fokus utama yang harus diperhatikan.

Tuduhan kekerasan dalam game jadi pemicu penembakan massal di El Passo, terjadi hanya karena Patrick Wood mereferensikan Call of Duty. Sejumlah politikus, di antaranya Kevin McCarthy dari Partai Republik, langsung menyalahkan video game atas terjadinya insiden tersebut.

Sayang, fakta bahwa rasisme menjadi alasan Wood melakukan penembakan, nampaknya tidak diindahkan oleh semua kalangan. Pasalnya, pelaku menyatakan bahwa aksi yang dilakukannya merupakan respon atas “invasi kaum Hispanik ke Texas,” istilah yang sering diucapkan Trump.

Munculnya tuduhan dari kalangan elit politik tersebut, membuat #VideogamesAreNotToBlame trending di Twitter. Dilansir dari Gamesradar, hashtag tersebut telah mencapai 40,000 tweet per tanggal 5 Agustus kemarin, dan jumlahnya terus berkembang.

Sangat disayangkan bahwa masih banyak orang, menuduh video game bernuansa kekerasan sebagai penyebab seseorang cenderung melakukan tindakan kekerasan pula. Padahal, hingga sekarang, tidak ada penelitian yang bisa membuktikan hubungan antara tindak kekerasan dengan video game. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.