Infiltration, Mantan Juara Street Fighter V, Tersandung Kasus KDRT

369

Lee Seon-woo, lebih dikenal lewat nickname “Infiltration”, merupakan salah seorang atlet eSports yang sudah mempunyai nama besar di dunia gaming. Sudah lima kali ia meraih gelar juara dalam turnamen fighting game bergengsi yakni Evolution Championship Series (atau EVO), dan dua di antaranya ia peroleh dalam game Street Fighter V di tahun 2016 dan 2018. Namun, kini ia di-banned dari Capcom Pro Tour, dan kontraknya dengan Panda Global selaku sponsor berakhir, setelah Lee tersandung kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Kasus ini mulai terkuak saat seorang user di situs Reddit, menyatakan bahwa Seon-woo telah melakukan tindak kekerasan pada mantan istrinya sejak bulan September 2017 lalu, setelah mengalami kekalahan di turnamen EVO. Panda Global selaku sponsor resmi Infiltration segera melakukan penyelidikan, bekerjasama dengan pihak Capcom. Dan Seon-woo secara sukarela mengundurkan dari semua pertandingan selama penyidikan berlangsung, sambil mempertahankan sikap bahwa semua tuduhan yang menimpanya tidak benar.

Meski tidak bisa mengkonfirmasi tuduhan yang dilayangkan oleh user Reddit, Panda Global dan Capcom menemukan sebuah kasus yang terjadi tanggal 22 Oktober 2017. Seon-woo didakwa dengan kasus KDRT setelah pihak medis menyatakan bahwa mantan istrinya menderita “memar dan cedera pada pergelangan tangan.” Atas kasus ini, Infiltration ditahan untuk beberapa waktu dan harus membayar denda sebesar US$630 atas tindakan yang telah ia lakukan.

Lee “Infiltration” Seon-woo yang menduduki peringkat # 11 dalam klasemen Capcom Pro Tour 2018, menyatakan mengundurkan diri dari 2018 Capcom Pro Tour (termasuk babak Final) serta season tahun 2019 nanti. Dan Capcom menyatakan bahwa pengunduran diri ini dianggap sebagai diskualifikasi, dan semua player di leaderboard peringkat global di bawah Lee akan naik satu posisi. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.