by Fitra in
Esports News Reviews

PUBG adalah salah satu gim yang dikembangkan oleh Krafton, sebuah perusahaan pengembang dan penerbit asal Korea Selatan yang didirikan sejak tahun 2007. Pada tahun ini, Krafton menerbitkan dua vidio gim yakni PUBG: New State dan Battlegrounds Mobile India atau BGMI.

PUBG: New State sendiri merupakan perluasan dari PUBG dengan versi terbarunya. Sementara BGMI adalah gim battle royale khusus mobile versi India yang popular. Meskipun keduanya sama-sama terlahir dari sang pengembang, Krafton. Namun tentu keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Lalu apa saja perbedaannya?

Berikut ini perbedaan PUBG: New State dan BGMI. Yuk simak ulasannya!

1.Alur Cerita

Pada PUBG: New State, Krafton mengaturnya membangun latar belakang tahun 2051 dengan sebuah peristiwa yang terjadi di kota distopia atau kota yang memiliki komunitas atau masyarakat yang terkesan menyeramkan. Nama kota tersebut adalah Kota Troi yang terletak di Amerika Serikat Barat Tengah.

BACA JUGA:

Kota tersebut berada dalam keadaan anarki di mana seperti New State, GLC, Mayhem dan Hunters saling bertarung satu sama lain untuk bertahan hidup. Hal ini yang mungkin tidak dapat ditemukan di BGMI.

BGMI sendiri mengambil latar masa kini di mana Krafton tampak membuat PUBG: New State selangkah lebih maju dari BGMI. Secara keseluruhan berdasarkan alur cerita dengan waktu, Krafton membuat keduanya tampak berbeda.

2.Maps

Foto: YouTube PUBG

Selain alur cerita yang berbeda, Krafton juga menampilkan maps atau peta yang berbeda. PUBG: New State sendiri menawarkan arena bertarung seperti Exhibit Hall, The Mall, Laboratory, dan Trailer Park. Lokasi utama tersebut merupakan peta Troi 8×8 yang baru.

Sementara untuk BGMI, Krafton menghadirkan peta standar yang dapat ditemui pada PUBG serial serial yang lalu seperti Erangel, Miramar, Sanhok, Karakin dan Livik. Jadi, lagi-lagi PUBG: New State memiliki satu langkah lebih maju daripada BGMI.

3.Senjata dan Kendaraan

Tram. Foto: PUBG

PUBG: New State masih menyediakan beberapa kendaraan klasik yang juga tersedia di BGMI. Namun tentu saja Krafton ingin menghadirkan sesuatu yang beda dengan menghadirkan kendaraan-kendaraan baru ke dalam PUBG: New State. Adapun tiga kendaraan baru adalah Volta, Vulture dan Tram.

Volta adalah sebuah mobil listrik tanpa suara, Vulture adalah sepeda motor untuk mengangkut barang yang berat. Sementara Tram merupakan sistem kerepa api yang berada di Kota Troi. Selain kendaraan, PUBG: New State memiliki drone yang dapat mengakses toko drone melalui drone credits serta baju besi Dyneema.

Keunggulan PUBG: New State lainnya adalah peralatan kustom senjata baru yang membuat player dapat memodifikasi senjata seperti sebelumnya. Sementara BGMI ten tunya memiliki sejumlah senjata dan ada beberapa senjata yang berada dalam jumlah terbatas.

4.Perangkatan Sistem

PUBG: New State dapat memberikan pengalaman yang terbaik dan optimal bagi pengguna Android dan iOS dengan syarat sebagai berikut:

  • Sistem operasi Android 6.0 atau lebih tinggi dan setidaknya memiliki RAM 2GB.
  • Sistem operasi pengguna iOS minimal iPhone 6s atau lebih tinggi dan menjalankan iOS 13.0 atau lebih tinggi.

Sementara BGMI memiliki persyarakat yang lebih ramah bagi pengguna Android dan iOS sebagai berikut:

  • Sistem operasi Android minimal 5.1.1 dengan RAM minila 2 GB.
  • Sistem operasi iOS dengan tipe perangkatan iPhone 6s ke atas dan menjalankan iOS 9.0 atau lebih tinggi.

5.Availability

Baik PUBG: New State dan BGMI, pihak Krafton memberikan ketersediaan atau availability yang berbeda. PUBG: New State saat ini hanya menyediakan pra-pendaftaran yang telah dibuka secara global. Pada bulan Agustus lalu, pihak penerbit umumkan untuk tes Second Aplha pada beberapa negara di Asia, Timur Tengah, Afrika Utara dan Turki. Setidaknya ada lebih dari 20 juta pra-pendaftaran sejak bulan Juli lalu khusus pengguna Android.

Sementara untuk India yang masuk kawasan Asia Selatan sengaja tidak mengikutsertakan dalam pra-pendaftaran PUBG: New State karena Krafton telah menghadirkan BGMI sebagai platform video game battle royale khusus negara tersebut. Sedangkan negara di Asia Selatan lainnya seperti Nepal dan Sri Lanka kini dijadikan sebagai negara dalam tahap fase uji coba video game PUBG: New State.

Nah itulah perbedaan antara PUBG: New State dan BGMI. Jadi bagaimana tanggapanmu dengan dua video gim buatan Krafton ini? Kira-kira apakah masih ada lagi perbedaan antara keduanya?

Sumber: AFK Gaming

Share Post:

Related Posts