Insiden Jacksonville Membuat EA Batalkan Babak Kualifikasi Madden Classic

891

Terjadinya insiden penembakan massal dalam turnamen eSports Madden NFL 19, yang digelar di GLHF Game Bar di kawasan Jacksonville Landing, membuat EA membatalkan tiga babak kualifikasi yang tersisa untuk mengevaluasi ulang protokol keselamatan dalam event-event yang mereka gelar. Pengumuman tersebut dikeluarkan oleh Andrew Wilson selaku CEO dalam situs resmi Electronic Arts.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, dua peserta turnamen eSports Madden NFL 19 yakni Elijah “TrueBoy” Clayton serta Taylor “SpotMePlzzz” Robertson tewas sementara 11 orang lainnya mengalami luka setelah seseorang melakukan penembakan massal. Berdasarkan pernyataan dari pihak kepolisian Jacksonville, pelaku diidentifikasikan sebagai David Katz yang juga merupakan peserta turnamen, di mana ia kemudian melakukan bunuh diri setelah menjalankan aksinya.

Dalam pernyatannya, Wilson menuliskan bahwa pihaknya akan bekerjasama dengan para partner dan tim internal demi menciptakan tingkat keamanan yang konstan di setiap competitive gaming event yang mereka adakan. Ia tidak menyebutkan apakah nantinya ketiga babak kualifikasi tersebut akan digelar di kemudian hari, namun lebih menekankan pada penyelidikan mengenai tindakan pencegahan dan bekerjasama dengan keluarga Elijah Clayton dan Taylor Robertson yang menjadi korban.

Adrew Wilson juga menyatakan rasa belasungkawanya atas kehilangan yang diderita oleh kedua keluarga dan berjanji untuk mendukung mereka melalui masa-masa sulit, juga pada para peserta turnamen Madden NFL 19 lain yang mengalami luka, serta pihak-pihak lain yang terpengaruh oleh insiden tersebut.

Kasus penembakan massal yang terjadi di Jacksonville mendapat sorotan dari semua kalangan, dan menyebabkan munculnya kekhawatiran dari berbagai kalangan mengenai keamaman dalam sebuah turnamen eSports maupun gaming event lainnya. Salah satunya adalah PAX West 2018 (sebelumnya bernama Penny Arcade Expo), yang menurut jadwal akan digelar pada tanggal 31 Agustus hingga 3 September 2018.

Untuk itu, panitia penyelenggara memastikan bahwa mereka akan bekerjasama dengan pihak Washington State Convention Center, kontraktor keamanan partikelir, Departemen Kepolisian Seattle serta petugas federal dalam mengidentifikasi serta menilai berbagai risiko, kemudian mengembangkan protokol keamanan untuk menjaga keamanan PAX West 2018. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.