Joona Sotala Juarai StarCraft II World Championship Series

240

Selain sebagai ajang bagi Blizzard untuk mempromosikan produk garapannya, BlizzCon juga menjadi lokasi babak penutup StarCraft II World Championship Series (WCS). Dimulai sejak tahun 2012, ajang pertarung para pemain StarCraft II dari seluruh dunia ini didominasi Korea Selatan, di mana mereka selalu meraih juara pertama. Namun, prestasi itu berhasil dipatahkan di tahun 2018 di mana untuk pertama kali, StarCraft II World Championship Series Global Finals dimenangkan oleh peserta di luar Korea Selatan, yakni Joona “Serral” Sotala.

Pemain ras Zerg asal Finlandia ini menjadi salah satu peserta favorit di WCS Global Final, karena selalu berhasil keluar sebagai pemenang sejak minggu-minggu awal. Di babak final, ia berhadapan dengan pemain Protoss asal Korea Selatan yakni Kim “Stats” Dae Yeob. Di awal-awal, Serral sempat mendominasi jalannya permainan dengan membukukan skor 3-0.

Tidak menyerah begitu saja, Stats berjuang keras dan mampu mematahkan dominasi lawannya dengan memenangkan dua pertandingan secara berturut-turut. Tapi di babak terakhir, Serral mampu menguasai situasi dan menundukkan lawannya dengan skor akhir 4-2.

Awalnya, Sotala diprediksi akan berhadapan dengan Cho “Maru” Seong Ju yang diakui sebagai pemain StarCraft II terbaik kedua di dunia. Tapi pertarungan tersebut tidak terwujud, karena Seong Ju ditumbangkan oleh Kim “sOs” Yoo-Jin di ronde awal playoff dengan skor 3-0. Namun, Stats menyingkirkan sOs di babak semifinal sehingga membawanya berhadapan dengan Serral di pertandingan final.

Melalui kemenangan yang diraihnya, Joon “Serral” Sotala berhak membawa pulang hadiah utama sebesar US$280.000 serta gelar Global Champion. Yang menarik, ternyata Serral pernah mengalahkan Stats di ajang 2018 GSL vs. the World yang digelar tanggal 2-5 Agustus lalu di Seoul, Korea Selatan, dan meraih hadiah utama sebesar 30 juta won (sekitar US$26,901). [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.