Kehadiran Diablo Immortal Menuai Reaksi Negatif

1638

Di acara BlizzCon yang digelar tanggal 2-3 November lalu, Blizzard Entertainment mengeluarkan pengumuman mengenai Diablo Immortal selaku game pertama yang dikembangkan khusus untuk mobile platform. Sayangnya, alih-alih mendapatkan sambutan hangat, permainan tersebut justru mendapatkan reaksi negatif dari kalangan pecinta seri Diablo. Bahkan dalam sesi tanya-jawab, seorang peserta dengan mempertanyakan apakah pengumuman tentang Immortal merupakan sebuah “lelucon April Mop yang sudah basi.”

Mengapa Diablo Immortal bisa mendapat reaksi keras seperti ini, di mana bahkan trailer-nya yang dipajang di laman YouTube mendapat lebih banyak dislike? Kemungkinan alasannya adalah kemunculan beragam rumor dan spekulasi yang menyebutkan bahwa Blizzard tengah mengembangkan sequel bagi Diablo III. Apalagi beberapa bulan lalu, pihak developer menyatakan bahwa mereka tengah mengerjakan sejumlah proyek Diablo, plus munculnya info bahwa panel Diablo mendapat spot paling awal setelah pembukaan BlizzCon. Dan hype ini tidak berkurang sedikit pun meski Blizzard telah menepis rumor tersebut.

Karena itu, tidak heran kalau kemunculan mobile game Diablo yang dikembangkan oleh studio third-party, menjadi info yang sangat tidak diharapkan oleh fans Diablo. Bahkan di situs Reddit, sejumlah gamer memperlihatkan persamaan antara Diablo Immortal dengan Endless of God, mobile game buatan NetEase sebelumnya. Hal itu membuat sejumlah kalangan berpendapat kalau Immortal hanya sebuah clone atau reskin, dan bukan permainan baru.

Allen Adham selaku salah satu pendiri Blizzard, mengaku pada Kotaku bahwa meski ia sadar akan mendapat kecaman dari fans Diablo, ia tidak menyangka reaksinya separah ini. Meski begitu, ia menyatakan bahwa meski Diablo Immortal menjadi fokus utama dalam BlizzCon kali ini, masih ada sejumlah proyek yang patut dinantikan oleh gamer. “Sebenarnya, kami memiliki sejumlah tim pengembang Diablo yang mengerjakan beberapa proyek Diablo yang masih dirahasiakan, bahkan setelah kami mengumumkan mengenai [Immortal].” ujarnya. [Aseek]




2 thoughts on “Kehadiran Diablo Immortal Menuai Reaksi Negatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.