Kemunculan Joker Terbaik Dalam Dunia Gaming

129

Sebagai musuh bebuyutan sang Dark Knight, tidak heran kalau Joker sering muncul dalam beragam game bertema Batman. Peranannya pun beragam: mulai dari boss character biasa, hingga musuh terakhir yang harus gamer kalahkan, untuk menamatkan permainan.

Namun, hanya beberapa judul saja yang berhasil menjadikan sang Clown Prince of Crime, sebagai sosok yang memorable. Baik dilihat dari plot yang direncanakannya, hingga tingkat kesulitannya ketika berhadapan dengan pemain. Ingin tahu contohnya? [Aseek]

BATMAN: THE VIDEO GAME

Platform: NES (1989)
Rilis di zaman di mana storyline bukan hal penting dalam video game, Joker hanya difungsikan sebagai final boss character. Meski begitu, ia menjadi lawan yang cukup sulit untuk dikalahkan. Selain hadir setelah boss battle sebelumnya, yang tidak kalah sukar untuk diselesaikan, ia dibekali beragam serangan nan berbahaya. Mulai dari sambaran petir di 3 tempat, hingga peluru dari pistol panjangnya yang dapat mengurangi health dengan cepat!

BATMAN: RETURN OF THE JOKER

Platform: NES (1991)
Dikisahkan setelah melarikan diri dari Arkham Asylum, Joker berencana membalas dendam pada sang Dark Knight. Seperti game pertamanya, ia menjadi musuh terakhir yang harus dihadapi oleh Batman, dan memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi. Pasalnya, ia kini menaiki sejenis kendaraan perang yang menembakkan beragam proyektil maut. Setelah menghancurkan empat orb pada mesin tersebut, barulah gamer bisa melukai Joker secara langsung!

BATMAN: VENGEANCE

Platform: GBA, GameCube, PC, PS2, Xbox
Joker menjadi lawan pertama yang dihadapi oleh Batman, di mana sang villain memilih untuk bunuh diri ketimbang ditolong oleh musuhnya. Namun, ia masih hidup, bahkan berhasil menjebak Batman sehingga membuatnya menjadi buruan pihak GCPD. Selain itu, sang Clown Prince of Crime memanfaatkan aksi para kriminal lain untuk menutupi rencana jahatnya: meledakkan Gotham City!

BATMAN: ARKHAM ORIGINS

Platform: PC, PS3, Wii U, Xbox 360
Dalam game ini, Batman menjadi incaran delapan pembunuh paling berbahaya di dunia, yang membuat sang vigilante mengalami kesulitan besar. Rupanya, penjahat paling berpengaruh di kota Gotham yakni Black Mask, menyediakan imbalan besar bagi mereka yang bisa mengalahkan Batman. Namun, semua itu merupakan ulah Joker, yang menculik Black Mask asli, demi memperoleh akses menuju Gotham Merchants Bank!

BATMAN: THE ENEMY WITHIN

Platform: Mobile, Nintendo Switch, PC, PS4, Xbox One
The Enemy Within menampilkan Joker dalam dua sisi berbeda, dan semuanya dipengaruhi oleh keputusan yang gamer ambil selama dalam permainan. Sebagai penjahat, ia menjadi musuh Batman paling berbahaya, karena tidak segan melakukan semua cara demi mencapai keinginannya. Sementara sebagai vigilante, ia tidak ragu bertindak demi menegakkan keadilan, meski untuk itu ia harus membahayakan keselamatannya sendiri!

INJUSTICE: GODS AMONG US

Platform: Mobile, PC, PS3, PS4, PS Vita, Xbox 360
Joker menjadi salah satu fighter yang dapat dimainkan. Meski jurus-jurusnya cukup sulit, ia dapat menjadi musuh berbahaya apabila berada di tangan player yang berpengalaman. Namun, yang paling mengesankan adalah backstory miliknya. Pasalnya, ia berhasil menjebak Superman untuk membunuh Lois Lane; insiden yang membuat sang superhero menjadi tiran bertangan besi!

BATMAN: ARKHAM ASYLUM

Platform: PC, PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One
Curiga karena membiarkan dirinya ditangkan, secara pribadi Batman mengantarkan Joker ke Arkham Asylum. Benar saja: setibanya di sana, sang villain (lewat bantuan Harley Quinn) berhasil membebaskan diri dan menyegel Arkham. Ia juga membebaskan para penjahat berbahaya dari kurungannya untuk menghadapi Batman, bahkan menciptakan obat yang mampu meningkatkan kekuatannya secara drastis!




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.