Kemunculan Stan Lee Dalam Dunia Gaming

972

Tanggal 12 November 2018 jadi momen kelabu dalam dunia komik, dengan kepergian sosok paling terkenal dari Marvel Comics yakni Stan Lee. Pria yang dilahirkan tahun 1922 di New York City ini telah menghasilkan – bekerjasama dengan sejumlah comic book artist lainnya – beragam superhero kenamaan Marvel seperti Spider-Man, Iron Man, Fantastic Four, X-Men dan masih banyak lagi. Sebagai tribute untuk salah satu tokoh paling berpengaruh dalam dunia komik, GameStation menampilkan kemunculan Stan Lee sebagai cameo tapi bukan dalam film, melainkan video game. [Aseek]

Marvel: Ultimate Alliance 2
Role: Senator Stanley M. Lieber

Senator dari kota New York ini disukai oleh penduduk karena selain memiliki sifat yang ramah, Lieber sering membantu orang (meski biasanya hanya mendorong mereka agar terhindar dari reruntuhan). Ia diculik oleh Titanium Man saat kontroversi Superhuman Registration Act terjadi, tapi berhasil diselamatkan oleh tim Ultimate Alliance. Ia mengucapkan terima kasih pada para superhero yang telah menolongnya, dan menyatakan akan terus mendukung mereka.

Spider-Man: Shattered Dimension
Role: Narrator


Dalam game yang dikembangkan oleh Beenox dan dirilis tahun 2010 lalu, Stan Lee berperan sebagai narator yang menuturkan perjuangan empat Spider-Man dari realm berlainan yang menghadirkan gaya permainan berbeda, yakni Amazing Spider-Man, Spider-Man Noir, Spider-Man 2099 dan Ultimate Spider-Man. Mereka ditugaskan oleh Madam Web untuk mengumpulkan pecahan The Tablet of Order and Chaos, demi memulihkan keseimbangan dalam Marvel Multiverse.

The Amazing Spider-Man
Role: Himself


Diadaptasi dari film berjudul sama rilisan tahun 2012, Stan Lee menjadi playable character melalui downloadable content “Stan Lee Adventure Pack”. Selama dalam permainan, ia bertugas mengumpulkan sejumlah naskah komik yang hilang di berbagai penjuru kota Manhattan. Yang menarik, dalam menjalankan misinya, Stan Lee dapat menggunakan semua kekuatan super milik sang web-slinger, meski tidak diketahui bagaimana ia bisa mendapatkan kemampuan tersebut.

The Amazing Spider-Man 2
Role: Himself


Dalam sequel dari game The Amazing Spider-Man yang dirilis tahun 2014, Stan Lee menjadi salah satu NPC yang dapat diselamatkan dari bangunan yang terbakar. Selama dalam permainan, gamer dapat menemuinya di toko komik yang menampilkan banyak komik Spider-Man. Dan di penghujung cerita, ia memberi semangat pada Peter Parker yang merasa down akibat kehilangan Uncle Ben, dan mendorong supaya Peter menjadi sesosok pahlawan sesuai keinginan mendiang pamannya.

LEGO Marvel Super Heroes
Role: Himself


Selama dalam permainan, gamer dapat menemukan misi “Stan Lee in Peril” di mana kalian harus menolong Stan Lee yang mengalami kesulitan dalam 50 skenario berbeda, di berbagai lokasi tersembunyi. Jika berhasil melakukannya maka ia bakal menjadi playable character. Hebatnya, Stan Lee mempunyai beragam kekuatan super seperti menembakkan sinar dari kedua matanya (Cyclops), memanjangkan anggota tubuhnya (Mister Fantastic), hingga berubah wujud menjadi Excellsior Hulk!

LEGO Marvel’s Avengers
Role: Himself


Sama halnya dengan LEGO Marvel Super Heroes, dalam game ini pemain juga bisa menemukan misi “Stan Lee in Peril” di mana kalian harus menolong Stan Lee yang mengalami kesulitan. Bedanya, untuk mendapatkannya sebagai playable character, kali ini hanya tersedia 15 skenario saja yang harus gamer selesaikan. Di sini, Stan Lee memiliki kekuatan sejumlah superhero seperti Captain America, Hulk dan Scarlet Witch, serta dapat memakai dua jenis armor yakni Iron Stan (Iron Man) serta Stanbuster (Hulkbuster).

Marvel’s Spider-Man
Role: Short Order Cook

Dalam game yang dikembangkan oleh Insomniac Games untuk konsol PlayStation 4 ini, Stan Lee muncul sebagai salah satu minor character dengan nama “Short Order Cook”. Ia adalah juru masak yang nampaknya bekerja cukup lama di Mick’s Restaurant, dan muncul sekilas dalam cutscene di penghujung misi “Don’t Touch the Art”. Ia mengagumi hubungan yang terjalin antara Peter Parker dan Mary Jane, sehingga berkomentar “Love seeing you two together again! You always were my favorites.”




One thought on “Kemunculan Stan Lee Dalam Dunia Gaming

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.